Sponsors Link

Tips Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah dan Subur Sepanjang Musim

Sponsors Link

Mangga adalah buah yang di sukai banyak orang di dunia ini. Mangga seringkali menjadi buah yang paling di nantikan ketika masa pertumbuhannya. Banyak yang tidak tahu, tanaman buah mangga adalah asli yang berasal dari india kemudian selanjutnya bisa menyebar ke berbagai daerah-daerah lain. Buah mangga bisa tumbuh baik di daerah yang memiliki masa kering. Karena masa kering itu di butuhkan tanaman mangga sebelum maupun saat pohonnya berbunga.

ads

Cara menanam mangga

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan agar menanam mangga bisa cepat berbuah:

  • Pemilihan bibit mangga

Bibit mangga yang bagus adalah dari hasil cangkok. Tapi jika anda mencangkok sendiri, itu bisa menjadi hasil bibit yang bagus, karena anda bisa tahu pohon mangga nantinya akan tumbuh bagus atau tidak. Pastikan ketika memilih bibit mangga, yang tidak mempunyai cabang namun subur dan batangnya tegak. Adalagi tips tentang Cara Membasmi Hama Semut pada Pohon Mangga

  • Penyiapan lahan

Setelah mendapatkan bibit yang cocok, sekarang kita perlu mempersiapkan lahan yang cocok untuk tanaman pohon mangga anda. Sebelum menggali tanahnya, pastikan di sekitar lahan terbebas dari tumbuhan lain, atau rumput yang bisa mengganggu pertumbuhan pohon mangga anda. Jika di perlukan gemburkan tanah juga.

Jangan lupa untuk memberi jarak pada pohon. Di tanah yang kurang subur, sebaiknya di rapatkan dengan pohon satu sama lain. Tapi, jika tanahnya subur, bisa di renggangkan setiap pohon mangganya. Pastikan jarak antara satu pohon dengan pohon yang lainnya adalah 10 m, untuk setiap pohon mangga. Kalau di beri jarak seperti ini, ini akan membantu pertumbuhan pohon dengan baik. Adalagi tips tentang Cara Membasmi Hama Pada Pohon Mangga

  1. Membuat lubang penanaman berbentuk persegi empat dengan ukuran 1 m pada tiap sisinya.
  2. Gali tanah setengah meter, kemudian gali lagi setengah meter.
  3. Pada bagian bawah, berikan pupuk kandang dan tutup kembali.
  4. Biarkan selama 3-4 hari.
  • Penanaman

Masukkan bibit yang sudah di persiapkan, ke dalam lubang dengan posisi di tengah lubang dan tutup dengan sisa tanah galian. Tips menanam mangga agar dapat berbuah cepat, sebaiknya gunakan tanah yang sudah di campur pupuk kompos. Lakukan pemadatan tanah secukupnya. Dan jangan lupa untuk menyiramnya secara rutin pada pagi dan sore hari. Adalagi tips tentang Cara Mengatasi Hama Penggerek Batang Pohon Mangga

  • Perawatan
  1. Perhatikan lingkungan dan media tanam pohon mangga.
  2. Pohon mangga menyukai struktur kelembapan tanah yang sedang. Itu sebabnya tingkat kelembapan tanah harus sangat di perhatikan.
  3. Tanah yang mengandung banyak air cenderung merangsang tanaman untuk memproduksi daun. Itu sebabnya, pemberian airpun harus sangat di perhatikan. Tidak terlalu banyak atau sedikit, yang justru akan membuat pertumbuhan pohon mangga menjadi tidak baik. Adalagi tips tentang Cara Merawat Pohon Mangga yang Sedang Berbunga
Sponsors Link

  • Pemangkasan
  1. Tips menanam mangga agar cepat berbuah adalah anda bisa melakukan pemangkasan. Ini di lakukan untuk merangsang pembentukan buah yang baik. Caranya, pangkaslah cabang dan ranting yang tidak produktif. Ini akan membantu mengefiensikan penggunaan energi hasil dari fotosintesis, sehingga kandungan karbohidrat pada tanaman yang di butuhkan untuk pembentukan buah akan meningkat.
  2. Bahkan pemangkasan pada tanaman yang sudah cepat rimbun akan membantu meratakan penyebaran sinar matahari. Coba pangkas cabang yang tumbuh tegak. Cabang tegak biasanyatidak akan menghasilkan bunga jika di bandingkan dengan cabang yang datar.
  3. Pemangkasan juga membantu menghilangkan cabang yang terkena penyakit, ranting-ranting yang bersilangan dan tumbuh dengan rapat. Adalagi tips tentang Cara Menanam Mangga Apel dalam Pot
  • Pemberian nutrisi

Pemberian pupuk dengan dosis protein dan fosfor tinggi dapat merangsang pembentukkan bunga. Pupuk yang bisa anda gunakan untuk merangsang pertumbuhan buah mangga adalah pupuk organik dan anorganik. Atau anda bisa juga menyiram tanaman mangga anda, menggunakan air cucian ikan atau hewan laut lainnya yang kaya akan protein. Ini bagus untuk pertumbuhan akar tanaman mangga anda.

  • Penyiraman

Pohon mangga yang baru saja di tanam sangat membutuhkan air lebih banyak. Karena sistem akar belum berbentuk sempurna. Oleh karena itu, anda harus melakukan penyiraman setiap minggu. Perawatan ini perlu di lakukan maksimal sampai pohon berumur delapan minggu. Kecuali kondisi cuaca sering hujan, pengairannya bisa di kurangi juga.

Tips menanam mangga agar cepat berbuah adalah dengan memperoleh sinar matahari yang cukup. Sebenarnya, jika cuacanya sering hujan, itu bisa membuat pohon menjadi mudah terkena hama penyakit. Itu sebabnya, terkena sinar matahari yang cukup adalah cara yang baik. 

Sponsors Link

  • Mengatasi hama dan penyakit

Agar pohon mangga bisa tumbuh lebat juga, perlu di perhatikan untuk menyingkirkan hama dan penyakit yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman mangga. Itu sebabnya untuk mengatasi hama dan penyakit, kita harus benar-benar tahu penyakitnya, sehingga bisa mudah kita atasi.

Penggunaan insektisida, fungisida, dan lainnya bisa di lakukan. Jangan lupa untuk menghilangkan gulma yang menempel. Benalu yang menempel di sekitar pohon juga perlu di perhatikan. Benalu yang menempel di pohon bisa menyebabkan nutrisi tidak di serap sempurna oleh tanaman.

Jangan lupa juga untuk menebang tangkai yang terkena benalu, buah yang terkena penyakit, dan sebagainya. Setelah itu di bakar. Untuk menghindari terkena penyakit, sebaiknya gunakan pestisida yang organik dan fungisida untuk melakukan pencegahan. Pastikan untuk jangan terkena penyakit dulu, baru melakukan penyembuhan.

TIPS:

  • Jangan terlalu banyak memberikan pupuk. Karena itu hanya akan membuat tanaman anda lebih menghasilkan daun daripada buah.
  • Pohon yang ditanam dari benih membutuhkan waktu 6-8 tahun hingga berbuah.
  • Biji mangga bisa di beli di tempat benih tanaman
  • Jangan menyiram pohon secara berlebihan. Karena ini hanya akan menghambat pertumbuhan

Sponsors Link
,
Oleh :
Kategori : Pohon