Sponsors Link

Cara Membasmi Hama Semut pada Pohon Mangga Paling Efektif

Sponsors Link

Bertani merupakan sebuah pekerjaan yang banyak ditinggalkan oleh para pemuda bangsa, bahkan sampai saat ini Indonesia mengalami krisis bertani, karena kini banyak orang tua yang menganjurkan anaknya untuk bekerja kantoran dibanding terjun ke sawah menjadi seorang petani. Hal ini menjadi sebuah hal miris bagi bangsa, karena kalo petani makin sedikit nantinya Indonesia akan makan apa.

ads

Para petani muda kini jarang muncul hanya ada segelintir petani muda yang ada di Indonesia dan makin kesini makin sedikit para petani yang terjun ke sawah, bahkan kebanyakan yang bertani sekarang adalah pemain lama yang usianya sudah sangat tua. Mencari bibit penerus di bidang pertanian terus dilakukan pemerintah dengan memberikan dorongan-dorongan positif pada calon petani muda.

Proses bertani memang sangatlah panjang mulai dari pembibitan yang dilakukan dengan benih yang telah direndam terlebih dahulu dan benih yang basah ditabur pada area tanam yang telah disediakan sebelumnya. Untuk membuat area tanam padi yang ideal perlulah dilakukan penggeburan tanah dengan menggunakan mesin traktor dan pembuatan jalan setapak yang baik agar menghilangkan beberapa gulma yang hendak tumbuh.

Tak jarang para petani melakukan pembersihan pada area tanam dengan menggunakan parang dan hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan bibit-bibit gulma yang ada di sawah. Sawah menjadi sebuah tempat yang sangat nyaman bagi gulma dan menjadi tempat perkembangbiakan yang sangat baik bagi sebuah gulma. Anda wajib  juga membaca tentang Cara Mengatasi Hama Garangan

Hama adalah musuh terbesar yang harus dihadapi oleh para petani dan dengan banyaknya hama membuat pekerjaan para petani menjadi berlipat ganda. Hama memang sangat merugikan bagi para petani, bahkan keberadaan hama sangat tidak diinginkan oleh siapapun, karena hama dapat menyebarkan sebuah virus atau penyakit uang bahaya bagi tanaman padi bahkan bagi kesehatan manusia.

Banyak petani yang menggunakan pestisida untuk memberantas keberadaan hama , namun perkembangbiakan hama yang sangat cepat menyulitkan para petani untuk memberantas hama secara menyeluruh. Pemberantas dengan pestisida sifatnya hanyalah sementara dan sampai saat ini belum ada obat yang bisa membasmi sebuah hama secara menyeluruh.

Kriteria suatu hewan yang dikategorikan sebagai suatu hama adalah saat hewan tersebut menimbulkan suatu kerusakan pada tanaman dan menyebabkan suatu masalah terhadap sebuah tanaman, ada beberapa bagian yang sering diserang oleh sebuah hama dan untuk tanaman padi biasanya bagian yang diserang adalah bagian daun yang nantinya akan berlubang serta warnanya jadi kuning bahkan nantinya jadi mati.

Untuk memperkecil resiko tanaman padi terserang hama maka harus dilakukan perawatan yang dijalankan secara rutin dan tentu pekerjaan ini akan memerlukan tenaga yang besar. Hama terdiri dari berbagai jenis dan masing-masing jenis memiliki tingkat bahaya yang sangat berbeda.

Semut merupakan hewan kecil yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan tak hanya itu semut biasanya akan menyerang berbagai hal yang berkaitan dengan makanan. Saat kita memakan sebuah makanan yang terbuat dari gula dan meletakannya di area tertentu, maka beberapa menit kemudian segerombolan semut akan datang dan memakan gula tersebut. Anda wajib  juga membaca tentang Cara Membasmi Hama Wawung

Sponsors Link

Walaupun bentuknya kecil tetapi semut sangat berbahaya bila sedang bersama-sama dengan banyak kawannya dan keberadaan sebuah semut sulit sekali diprediksi dan semut juga memiliki cara perkembangbiakan yang sangat begitu cepat. Namun terkadang semut banyak ditemukan ditempat-tempat yang memiliki lembap yang lumayan tinggi dan semakin lembap suatu tempat akan semakin banyak semut yang hidup. Semut biasanya menyerang pohon mangga yang ada diberbagai tempat.

Mangga adalah salah satu jenis buah-buahan yang sangat disukasi oleh banyak kalangan, karena memiliki rasa yang sangat nikmat dan sangat menyehatkan bagi tubuh. Pohon mangga juga banyak terdapat di wilayah perkebunan dan semakin banyak pohon mangga akan semakin berpeluang pula para petani meraih keuntungan.

Tak hanya itu pohon mangga juga bisa ditanam di area pekarangan rumah yang dapat pula dijadikan sebagai salah satu cara untuk menghiasi bagian depan atau belakang rumah. Keberadaan pohon mangga memang dapat menjadi peneduh kondisi rumah dan membuat keadaan rumah menjadi segar, karena banyaknya kandungan oksigen yang ada. Anda wajib  juga membaca tentang Cara Mengatasi Hama Garangan

Saat sedang musim mangga terkadang harga buah mangga sangatlah murah dan bahkan buah mangga yang miliki kualitas baikpun dijual dengan harga yang murah. Di daerah Jawa Barat khususnya di Bandung buah mangga pada saat musimnya banyak dijual oleh para pedagang buah di pinggiran jalan dengan menggunakan mobil bak terbuka dan harga termurah buahnya adalah 10.000 per kg.

Buah mangga yang dijual tak kalah manisnya dengan kebanyakan buah mangga yang ada di supermarket, namun hanya berbeda dalam segi pengemasan dan kualitas sajian saja. Buah mangga banyak digemari oleh berbagai usia mulai dari anak-anak sampai dengan usia lansia, sifatnya yang menyegarkan membuat banyak orang menyukai buah yang satu ini. 

Sponsors Link

Cara membasmi hama semut pada pohon mangga?

Penggunaan obat kimia bisa jadi solusi untuk memberantas semut yang ada pada pohon mangga, karena semut sangat takut dengan bahan kimia yang tentunya memiliki efek panas dan seringkali membuat semut menjadi mati karena kepanasan.

Ada juga para petani yang sering menggunakan minyak tanah untuk mengusir semut pada pohon mangga, hal ini disebabkan karena bau yang diakibatkan oleh minyak tanah akan membuat semut menjadi tidak nyaman berada di pohon mangga. Dengan memakai minyak tanah banyak petani yang merasakan dampak baiknya karena tak memiliki efek samping seperti halnya penggunaan obat kimia yang dapat berakibat pada terganggunya kesehatan manusia. Anda wajib  juga membaca tentang Cara Mencegah Serangan Hama dengan Tanaman Refugia

Itulah ulasan lengkap mengenai cara membasmi hama semut pada pohon mangga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan solusi terbaik dalam mencari informasi mengenai cara pengendalian semut.

Sponsors Link
,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik