Sponsors Link

Ciri-Ciri Tanaman Kekurangan Unsur Hara NPK

Sponsors Link

Unsur hara sangatlah diperlukan oleh tumbuhan. Karena unsur hara dapat menyuburkan tumbuhan jika tumbuhan kekurangan unsur hara maka tumbuhan akan mudah terkena penyakit ataupun tidak subur. Berikut pembahasan ciri-ciri tanaman kekurangan unsur hara NPK.

ads

Unsur hara terdiri dari berbagai macam jenis, namun untuk kali ini kita akan khusus membahas NPK (Nitrogen, Fosfor, dan Kalium). Berikut beberapa ciri tumbuhan jika kekurangan unsur hara NPK (Nitrogen, Fosfor, dan Kalium) seperti fungsi budidaya tanaman hias.

  1. Ciri-ciri tumbuhan yang kekurangan unsur hara N (Nitrogen)
  • Pada tanaman yang masih muda dan masih dalam proses pembibitan daun menunjukkan warna hijau pucat. Warna pucat inipun biasanya dipadukan dengan warna kekuningan. Dan jaringan daun yang kekurangan Nitrogen akan mengalami gejala Nekrosis.
  • Daun yang kekurangan Nitrogen akan menghasilkan anak daun yang berwarna kuning. Tulang anak daunakan mengecil serta bergulung kedalam.
  • Biasanya tumbuhan yang berada ditempat yang terbuka akan memiliki warna daun yang awalnya hijau pucat kemudian secara perlahan akan berubah menjadi kuning. Namun pada masalah yang lebih serius warna daun akan berubah menjadi coklat atau merah lembayung dan jaringan akan mulai mati dari ujung anak daun.
  • Gejala utama lainnya terlihat pada tumbuhan yang lebih muda yakni anak daun yang muncul dari belakang lebih sempit sehingga nampak tegak dan kaku hal ini juga terjadi pada luas permukaan daun yang sekarang berangsur menurun.

2. Ciri-ciri tumbuhan kekurangan unsur hara F (Fosfor)

  • Terhambatnya pertumbuhan sistem batang, akar, dan daun
  • Warna daun secarakeseluruhan berubah menjadi hijau tua dan ada juga yang berwarna keabu-abuan, dan terdapat pigmen yang berwarna merah pada daun bagian bawah, lalu daunnya akan layu dan mati. Terdapat warna ungu yang sangat lama berubah menjadi kuning pada tepi daun, batang, dan juga cabang.
  • Hasil tanamanyang kualitasnya berkurang, dan menjadi sedikit. Buahnya menjadi cepat matang padahal belum waktunya serta dengan ukuran yang kecil sehingga mengakibatkan buruk dipandang mata.

3. Ciri-ciri tumbuhan kekurangan K (Kalium)

  • Confluent orange spotting (COS)

Hal ini dijumppai pada anak daun dan pada daun yang lebih tua. Hal ini akan menimbulkan bercak-bercak kecil dimulai dari bentuk segi dan memiliki warna hijau pucat yang kemudian berubah menjadi orange cerah.  Ketika bercak-bercak itu mengalami nekrosis maka daunnya akan menjadi tempat invasi patogen sekunder lalu setelah itu daun akan mengering. COS dapat dibedakan dari bercak berwarna orange yang disebabkan oleh sifat genetis tanaman sedangakanbercakyang disebabkan oleh algae yang tumbuh di daun.

  • Mid crown yellowing (MCY)

Berkembangnya gejala klorosis dengan warna coklat  kekuningan yang kurang cerah dan warna kekuningan pucat. Kelunturan warna pada daun merupakan salah satu bentuk dari kelainan. Bercakkecil yang dialami karena klorosis mulai membesar dan menutupi daun secara keseluruhan. Dan akan membentuk bercak hitam yang tidak dapat menembus jaringandaunyang masih sehat. 

Sponsors Link

Fungsi Dari Unsur Hara Bagi Tanaman 

Selain mengetahui ciri-ciri tanaman kekurangan unsur hara NPK, kita juga membahas fungsi dari unsur hara bagi tumbuhan:

  1. Untuk membentuk klorofil dan protein

Unsur hara dapat membentuk klorofil dan unsur hara merupakan zat yang paling penting sebagai pembentukan klorofil. Tak hanya dapat membentuk klorofil unsur hara juga dapat membentuk protein seperti pengertian dan fungsi budidaya.

  1. Mempercepat pertumbuhan

Tumbuhan juga sama seperti manusia yang memerlukan nutrisi agar dapat tumbuh dengan cepat dan baik. Unsur hara dapat menghasilkan nutrisi bagi tumbuhan jadi tumbuhan dapat tumbuh dengan baik.

  1. Menghasilkan bunga dan buah yang baik

Unsur hara dapat menambah kesuburan pada tanaman sehingga dapat menghasilkan buah dan bunga yang berkualitas dan juga optimal. Jika tanaman kekuranga unsur hara maka tanaman itu akan menghasilkan buah dan bunga yang kurang berkualitas.

  1. Menguatkan dinding sel

Dinding sel yang kuat sangatlah berguna untuk membantu pertumbuhan dengan baik dan unsur hara dapat menciptakan dinding sel yang kuat. Jadi unsur hara sangat membantu dalam pertumbuhan tanaman.

  1. Membantu fotosintesis

Bukan hanya dari sinar matahari saja bahkan melalui unsur harapun dapat membantu proses fotosintesis dan lalu disebarkan ke seluruh tubuh tumbuh-tumbuhan seperti cara menggunakan pupuk hantu.

  1. Meransang pertumbuhan akar

bagi bakal benih yang baru ditanam sangat membutuhkan unsur hara yang banyak karena unsur hara dapat mempercepat pertumbuhan akar pada bakal biji. 

Sponsors Link

  1. Membentuk hormon pada tumbuhan

Unsur hara sangat berperan dalam pembentukan hormon. Hormon ini sendiri berfungsi sebagai alat untuk memepercepat penyerbukan pada tumbuhan.

  1. Membentuk proses fisiologis pada tanaman

dapat membentuk proses fisiologis yang biasanya terdapat pada daun bagian bawah melalui stomata dan batang melalui lentisel seperti cara merawat bunga jemani.

  1. Meningkatkan kulitas tanaman

Unsur hara dapat membuat tanman beserta hasilnya berkualitassehingga unsur hara sangat dibutuhkan bagi tanaman.

  1. Tahan terhadap hama

Unsur hara membuat tumbuhan menjadi tahan akan hama dan takterkena serangan dari hama tersebut sehingga tumbuhan akan berhasil hidup dengan baik dan subur. Jadi unsur hara sangat diperlukan untuk menghasilkan buah yang berkualitas.

Jadi jika tanaman kekurangan unsur hara maka hasildari tanaman itu tidak akan terlalu optimal dan berkualitas terkadang tanaman yang kekurangan unsur hara tidak memiliki hasil sedikitpun bahkan ada yang mati dan layu. Namun tidak selamanya unsur hara menjadi masalah besar dalam pembentukan hasil tanaman yang optimal dan berkualitas.

Kadang kala penyebab hasil tumbuhan tidak bagus dan tidak optimal adalah penyebab kerusakan yang diciptakan oleh hama dan juga penyakit tumbuhan. Jadi anda juga harus tetap waspada dan tetap menjaga kebersihan tumbuhan dari hama dan penyakit seperti cara mengatasi hama dan penyakit pada tumbuhan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tanaman