Sponsors Link

9 Manfaat yang Didapat dengan Menanam Tanaman Obat di Pekarangan Rumah

Sponsors Link

Sebelum obat-obatan mudah didapat dan harganya terjangkau seperti sekarang, pada jaman dahulu masyarakat Indonesia memanfaatkan beberapa macam tumbuhan untuk mengobati sakit yang mereka derita. Tak jarang ketika kita berkunjung ke rumah nenek atau sanak saudara yang berada di deasa, masih terdapat pekarangan yang ditumbuhi oleh tanaman apotek hidup.

ads

Manfaat yang Didapat dengan Menanam Tanaman Obat di Pekarangan Rumah

Ternyata banyak sekali manfaat yang didapat ketika menanam tanaman apotek hidup di pekarangan rumah. Apa saja manfaat-manfaat tersebut, berikut penjelasannya Cara Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah yang Mudah dan Sederhana.

  1. Memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah

Dengan adanya lahan kosong, baik berada di halam belakang atau depan dapat dimanfaatkan untuk ditanami berbagai macam tanaman. Tanaman apotek hidup sendiri masuk dalam program pemerintah bernama P2KP (Program Peningkatan Konsumsi Pangan) dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai media dan tempat tanamnya Syarat Tanah untuk Menanam Tanaman Obat.

Pada program ini diharapkan khususnya ibu rumah tangga dapat mengasilkan hasil tanam bergizi yang diperoleh dari pekarangan rumahnya sendiri. Tapi tidak dapat dipungkiri juga, di tahun 2019 ini sangat sulit mendapatkan rumah atau lahan kosong di rumah kita. Adapun lahan kosong biasanya akan di paving atau dicor.

Padahal ketersediaan tanah di halaman rumah sebagai media tanam sangat diperlukan. Tapi tenang saja, bagi yang memiliki tidak cukup pekarangan di rumah, tanaman apotek hidup masih bisa ditanam di pot atau polybag. Sehingga ketersediaan tanaman obat di rumah tetap bisa terpenuhi Cara Membuat Kebun Mini Tanaman Obat.

  1. Sebagai sumber kesehatan keluarga

Manfaat menanam tanaman obat di pekarangan lainnya adalah sebagai sumber kesehatan keluarga. Tidak jarang banyak keluarga atau seseorang yang memiliki alergi terhadap suatu zat yang terkandung dalam obat, sehingga sebagai alternatif untuk mengobati sakitnya yaitu dengan mengkonsumsi obat herbal atau tanaman apotek hidup Jenis Tanaman Yang Populer Digunakan Sebagai Bahan Minuman dalam Imu Budidaya.

Biasanya orang-orang tua akan lebih memilih memanfaatkan apotek hidup ketika sedang sakit ringan seperti flu, batuk, atau pilek. Ketika sudah mengkonsumsi tanaman herbal dalam beberapa namun masih merasa sakit barulah mereka pergi ke dokter untuk mendapatkan obat.

Dibandingkan dengan obat, memanfaatkan tanaman apotek hidup sebagai obat juga dipercaya minimal akan efek samping karena bahannya sudah terjamin alami.

  1. Dapat meracik obat sendiri

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin 2, dengan tersedianya bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat kita tentunya dapat meracik obat sendiri.

Di era modern seperti ini, akan sangat mudah mendapatkan informasi mengenai campuran atau ramuan obat dari tanaman herbal untuk penyakit tertentu. Kalau tidak biasanya orang tua atau nenek kita akan mengajari bagaimana membuat obat dari tanaman herbal untuk penyakit tertentu. 


  1. Menghemat pengeluaran untuk kesehatan

Manfaat lain dengan menanam tanaman obat di pekarangan adalah menghemat uang untuk biaya kesehatan. Tidak semua penyakit memang dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat herbal.

Namun beberapa penyakit lainnya tentu dapat diringankan dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Dengan meracik obat sendiri dari bahan yang didapat sendiri dari pekarangan rumah, tentu akan menghemat uang sebagai ganti biaya untuk ke dokter dan membeli obat.

  1. Menjadi persediaan rempah bumbu dapur

Seperti yang kita tahu, beberapa tanaman dapat digunakan sebagai tanaman obat sekaligus sebagai pelengkap rempah pada masakan.

Kunyit, jahe Cara Menanam Bunga Jahe Merah, Mudah Dilakukan di Rumah!, cengkeh, lidah buaya, dan beberapa macam tanaman lainnya dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan suatu penyakit juga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur.

  1. Mencegah hama tanaman lain datang

Dengan menanam tanaman obat di pekarangan rumah, akan mencegah datangnya hama pada tanaman yang lain.

Hal tersebut dikarenakan pada tanaman obat terdapat zat yang tidak disukai serangga dan hama, sehingga dengan menanam tanaman obat akan mencegah datangnya hama dan serangga Cara Mengurangi Penggunaan Pestisida yang Benar. Selain itu dengan menanam tanaman obat dapat menjadi sumber pestisida alami bagi tanaman sekitarnya. 


  1. Membuat pekarangan lebih hijau

Seperti yang kita tahu, dengan menanam tanaman di halaman rumah dapat menyejukkan dan membuat halam menjadi semakin rindang. Sama halnya dengan menanam tanaman obat di pekarangan rumah, daunnya juga akan merindangkan halaman rumah.

Karena sebagian besar tanaman obat yang dipakai adalah rimpangnya, akarnya, atau batangnya bukan berarti daunnya tidak bermanfaat ya. Daunnya tetap bermanfaat yakni menghijaukan halaman.

  1. Mempercantik pekarangan

Sebagian besar memang tanaman obat berada di dalam tanam alias yang dimanfaatkan adalah akar/rimpangnya. Tetapi ada beberapa jenis tanaman obat yang memiliki bentuk unik dan bahkan dapat digunakan sekaligus sebagai penghias halaman.

Lidah buaya, binahong, daun sirih adalah salah 3 tanaman obat yang dapat dimanfaatkan sebagai penghias halaman. Selain dapat dimanfaatkan tanamannya, wujud dari tanamanpun jika diatur sedemikian rupa akan menghiasi pekarangan rumah dengan cantic.

  1. Sebagai ajang melestarikan tanaman Indonesia

Dan manfaat menanam tanaman obat di pekarangan yang terakhir adalah dapat melestarikan tanaman dan rempah-rempah tersebut. Semakin berkembangnya jaman, semakin maju, dan semakin dimudahkan oleh teknologi, banyak sekali orang yang lebih beralih memilih bahan rempah instan atau yang didapat dengan mudah di toko.

Mereka tidak perlu repot menanam, memanem, dan mengolahnya sebelum dikonsumsi. Padahal dengan menggunakan tanaman obat langsung, selain segar juga bahan terjamin serratus persen alami tanpa bahan campuran yang lain. Selain itu dengan menanam tanaman obat tersebut kita dapat berbagi kepada tetangga jika rempah dapur mereka tengah habis dan tidak sempat membelinya di pasar atau toko.

Itulah kesembilan manfaat yang akan kita peroleh jika menanam tanaman obat di pekarangan rumah sendiri. Tidak adanya ketersediaan lahan di rumah bukan menjadi alasan kita untuk tidak menanam tanaman. Banyak sekali cara yang masih dapat kita lakukan dengan lahan yang terbatas untuk menanam tanaman di rumah.

Sponsors Link
, , ,