Sponsors Link

Bahaya Pestisida? Begini 3 Cara Mengurangi Penggunaan Pestisida yang Benar

Sponsors Link

Penggunaan Pestisida memang memiliki dampak positif maupun dampak negatif bagi tanaman dan pestisida memang kini banyak digunakan para petani untuk membantu memberantas berbagai ancaman yang bisa menyerang tanaman.

ads

Banyaknya dampak positif yang dihasilkan membuat para petani tak berpikir panjang untuk menggunakan pestisida, namun banyak pula dampak negatif yang dapat timbul apabila pestisida digunakan secara berlebihan seperti terganggunya ekosistem yang ada, tanaman tidak tumbuh secara normal dan hasil panen yang cenderung berkurang dari biasanya.

Solusi terbaik untuk penggunaan pestisida adalah dengan menggunakannya sesuai aturan pakai, tentu semakin sedikit penggunaan pestisida pada sebuah tanaman akan berdampak baik bagi tanaman itu sendiri.

Dengan mengurangi penggunaan pestisida di lahan pertanian, tentu akan membuat lahan pertanian terjaga ekosistemnya dan tanah yang tidak terlalu banyak mengandung pestisida akan tetap subur. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan para petani agar tidak terlalu banyak tergantung ke pestisida dan cara tersebut tidaklah sulit untuk dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa cara mengurangi penggunaan pestisida yang benar:

1. Rutin Bersihkan Lahan

Membersihkan lahan pertanian yang akan ditanami tanaman sangatlah penting, hal ini dilakukan untuk menjauhkan tanaman dari berbagai ancaman hama yang bisa saja menyerang dan bersihkanlah area sekitar lahan dari berbagai jenis gulma atau hama yang bisa dengan cepat menyerang tanaman.

Pembersihan seperti ini perlu dilakukan secara rutin agar kesehatan tanaman akan tetap terjaga. Banyak petani yang mempercayai bahwa pembersihan lahan harus rutin dilakukan dan ada berbagai alasan pupuk kimia membahayakan lingkungan yang membuat para petani menolak menggunakan pestisida secara berlebihan.

Pembersihan lahan secara rutin bila dilakukan dengan menggunakan berbagai alat seperti cangkul, parang atau berbagai peralatan tani lainnya. Bersihkanlah rumput-rumput disekitar lahan tanaman sampai ke akar-akarnya dan jangan biarkan rumput mudah untuk merambat ke tanaman. Pembersihan manual seperti ini banyak dilakukan oleh para petani yang ada di daerah, karena cara ini merupakan cara tradisional yang masih sangat efektif.

2. Gunakan Teknik Penanaman

Teknik penanaman memang sedang banyak dikomunikasikan oleh penyuluh kepada para petani, karena dengan menggunakan teknik penanaman yang baik dapat menguranggi penggunaan pestisida dan pola penanaman banyak diterapkan kepada para petani padi.

Teknik penanaman sangatlah penting untuk dilakukan, karena bisa mencegah hama atau gulma yang akan menyerang pertumbuhan tanaman dan teknik penanaman bisa berjalan dengan baik, apabila dilakukan dengan cara yang benar. Ada banyak alasan pupuk kimia dapat merusak tanah dan dengan menggurangi penggunaan pestisida akan mempermudah para petani untuk melakukan pencegahan kerusakan tanah.

Teknik-teknik penanaman memang banyak sekali dan hal ini menjadi tugas para penyuluh untuk mengkonsultasikannya dengan para petani. Teknik-teknik penanaman yang dimiliki oleh para penyuluh pertanian tentu merupakan hasil penelitian oleh badan resmi di bidang pertanian dan semua ilmunya harus sampai kepada para petani yang ada di daerah-daerah.

Pola tanam yang baik akan bisa menggurangi pemakaian pestisida dan ada beberapa pola umum yang biasa digunakan para petani seperti pola berseling, pola utama tengah dan pola tanaman pinggir.


3. Irigasi Lahan Penanaman

Teknik irigasi pada lahan pertanian memang sangat perlu dilakukan, karena dengan pola irigasi yang baik tanaman akan tumbuh dengan sehat dan banyak kejadian gagal panen yang dialami para petani, ketika tidak menggunakan teknik irigasi di lahan pertaniannya. Dengan sistem irigasi yang tidak baik tanaman gulma dan berbagai hama lainnya akan sangat mudah menyerang.

Namun pada lahan pertanian yang sudah menggunakan pola irigasi yang baik akan mengurangi serangan berbagai macam hama dan akan berdampak baik pada penggunaan pestisida yang semakin sedikit. Banyak petani yang percaya bahwa pupuk kimia dapat merusak ekosistem yang ada dan pengurangan penggunaan pestisida haruslah selalu dilakukan.

Ada berbagai teknik irigasi lahan penanaman yangs ering dilakukan para petani seperti teknik membuat gundukan, teknik membuat sebuah tegalan, teknik irigasi tetes, teknik selang air dan teknik gembor. Untuk memperlajari berbagai teknik ini memang tidaklah terlalu sulit, karena teknik irigasi sudah banyak ditemukan sejak jaman dulu. Teknik irigasi sangatlah penting dilakukan, karena sumber utama lahan tanam adalah tercukupi pasokan airnya dan air menjadi hal yang sangat penting bagi tanaman apapun.

Banyak cara menyuburkan tanah pertanian yang bisa dilakukan oleh para petani, namun tak hanya lahan pertaniannya saja yang harus bagus dan bibit tanaman juga menjadi salah satu penentu hasil panen yang baik, karena kini banyak sekali cara memilih bibit padi yang unggul untuk ditanam diberbagai tipe tanah. Semua cara pengurangan pestisida di lahan pertanian akan berdampak positif bagi para petani, bila semua caranya dilakukan dengan baik dan rutin.

Sekian ulasan singkat mengenai Cara Mengurangi Penggunaan Pestisida yang Benar dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trik