Sponsors Link

Beginilah 3 Cara Menggunakan Pupuk Booster Lengkeng

Sponsors Link

Pupuk booster yaitu pupuk yang memiliki banyak kandungan baik didalamnya seperti kandungan Nitrogen dan Asam Amino. Sudah beberapa tahun ke belakang pupuk ini sangat populer di Indonesia, karena seringkali diterapkan pada berbagai jenis tanaman yang bisa tumbuh di Indonesia dan salah satu tanaman yang bisa tumbuh sehat dengan pupuk ini adalah Lengkeng.

ads

Lengkeng adalah salah satu buah yang banyak di sukai oleh masyarakat Indonesia, karena rasanya yang manis sangat cocok bagi kebanyakan orang dan buah ini bisa ditemukan di banyak tempat, karena kini di supermarket juga banyak sekali disediakan Lengkeng.

Harga jual Lengkeng memang tak semahal buah-buah lainnya, sekilonya hanya dijual dengan harga puluhan ribu saja dan jika sedang musimnya harga buah ini seringkali dijual dengan harga yang murah.

Cara Menggunakan Pupuk Booster Lengkeng

Kini di Indonesia macam-macam pupuk dan manfaatnya pada tanaman memang banyak direkomendasikan pemerintah, namun sosialisasi yang kurang membuat banyak petani mengalami kebinggungan dan tidak tau mau memilih pupuk jenis apa.

Pupuk booster menjadi salah satu pupuk yang sangat direkomendasikan oleh pemerintah untuk meningkatkan tanaman klengkeng, karena petani klengkeng di Indonesia sangat banyak.

1. Digunakan pada akar

Cara yang pertama ini menjadi cara yang paling umum dilakukan dan menjadi cara yang gampang untuk diikuti, karena dengan cara ini cukup siramkan saja larutan pada area akar. Sebaiknya sebelum melakukan cara ini bersihkan dulu area di sekitar tanaman dan jauhkan tanaman dari berbagai jenis hama serta gulma yang biasa menutupinnya. Tak hanya itu bagusnya tanah disekitar tanaman lengkeng digamburkan dulu, hal ini perlu dilakukan agar penyerapan tanah terhadap pupuk akan cepat sampai ke bagian akar tanaman lengkengnya.

Cara ini juga bisa dilakukan pada saat penyiraman dalam kondisi cuaca panas, karena bila penyiraman dalam kondisi yang hujan akan menyulitkan tanah melakukan penyerapan yang baik. Pada saat pupuk disiramkan ke bagian akar, sebaiknya jauhkan tanaman dari guyuran air hujan minimal 4 jam setelah pemyiraman dan hal ini bisa dilakukan pada tanaman klengkeng yang ditanam di pot.

2. Digunakan pada batang

Cara ini memang kurang familiar dibandingkan dengan cara yang pertama dan cara ini sangat jarang dilakukan para petani, karena dianggap cara yang lumayan rumit. Padahal cara yang kedua ini sangatlah gampang, karena tak sesulit seperti yang dibayangkan dan hanya perlu melakukan pengeboran pada bagian batang sebagai langkah awalnya.

Setelah batang diberi lubang, masukanlah pupuk booster ke lubang tersebut dan tutupi lubang secara rapat. Biarkan pupuk untuk bekerja dengan baik, dengan cara menutup lubang dengan baik dan bila lubang tertutup dengan rapih, maka kerja dari pupuk akan berjalan dengan baik. Memang banyak yang berpendapat bahwa pupuk kimia memiliki tingkat bahaya dan salah satu alasan pupuk kimia dapat merusak tanah adalah kadar nitrogennya yang sangat tinggi.


3. Digunakan pada daun

Pupuk booster tak hanya bisa digunakan pada bagian akar dan batang, tapi bisa juga digunakan pada bagian daun tanaman lengkeng. Cara ini sangatlah mudah dilakukan, karena hanya perlu masukan pupuk pada alat semprot kecil dan mulailai semprotkan pupuk keseluruh bagian daun.

Banyak yang berpendapat bahwa penggunaan pupuk kimia dapat merusak ekosistem yang ada dan hal ini memang benar bisa terjadi, jika pupuk digunakan secara berlebihan.

Cara menyuburkan tanah pertanian memang bisa dilakukan dengan berbagai cara dan salah satu caranya dengan menggunakan pupuk booster, karena dianggap sebagai pupuk yang ampuh untuk meningkatkan hasil panen para petani. Penerapan pupuk ini di tanaman klengkeng sangatlah perlu dilakukan, karena berdasarkan hasil penelitian pupuk ini memiliki khasiat yang cocok untuk tingkatkan kualitas lengkeng.

Untuk membuat pupuk booster memang bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang lumayan rumit dan banyak tutorial cara membuat pupuk booster lengkeng yang tersebar di internet, namun kebanyakan yang dibahas adalah teknik dasarnya saja. Untuk mengetahui cara membuat pupuk booster secara keseluruhan, perlu dilakukan dengan pengamatan yang lumayan rumit dan waktu pengerjaannya juga tidaklah instan.

Dari semua pembahasan mengenai cara menggunakan pupuk booster lengkeng yang dibahas diatas dapat disimpulkan bahwa pupuk ini perlu digunakan pada tanaman lengkeng, karena kandungan pupuk ini sangat bermanfaat untuk membantu percepatan serta menambah kualitas buah lengkeng yang dihasilkan.

Dengan hasil buah lengkeng yang berlimpah dan kualitas lengkeng yang baik, tentu hal ini akan menguntungkan bagi para petani. Petani dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar dan secara keseluruhan dapat menaikkan taraf hidup para petani lengkeng.

Demikian ulasan lengkap mengenai Cara Menggunakan Pupuk Booster Lengkeng dan semoga artikel ini dapat menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tanaman