Sponsors Link

Yuk Disimak 2 Cara Menggunakan Pupuk Npk Pada Tanaman Anggur yang Paling Ampuh

Tanaman Anggur adalah salah satu buah yang banyak disukai masyarakat Indonesia dan buah ini memiliki kandungan yang bisa menyehatkan tubuh. Tanaman Anggur memang sangat populer dan menjadi salah satu buah-buahan paling banyak digemari.

Tak hanya dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar, tapi anggur juga bisa dibuat makanan lain seperti dibuat jus dan dibuat ager atau jelly.

Pupuk Npk adalah salah satu jenis pupuk buatan yang dibuat dalam bentuk cair atau padat dan banyak sekali unsur baik yang terkandung di dalamnya seperti unsur Nitrogen, unsur Fosfor serta unsur kalium.

Pupuk ini menjadi salah satu pupuk yang umum digunakan para petani untuk menunjang perkembangan tanamannya dan salah satu tanaman yang seringkali menggunakan pupuk npk adalah tanaman anggur. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan pupuk npk pada anggur, namun banyak juga para petani yang belum mengetahui cara penggunaannya.

Perdebatan mengenai penggunaan pupuk npk memang terus terjadi, karena pupuk ini dianggap dapat merusak keadaan tanah dan salah satu alasan pupuk kimia dapat merusak tanah adalah kandungan nitrogennya yang sangat tinggi. Bila pupuk ini digunakan secara berlebihan akan membuat tanaman gagal panen dan tanaman bisa saja jadi mati.

Cara Menggunakan Pupuk Npk Pada Tanaman Anggur

1. Cara penggunaan pupuk npk cair

Saat masuk pada cara penggunaan, ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang harus disiapkan sebelumnya seperti air bersih sebanyak 2 liter dalam ember, siapkan 1 kg pupuk npk cair, siapkan pengaduk pupuk yang terbuat dari batang katu atau yang lainnya dan siapkan gayung atau alat semprotan pupuk.

Dalam pelaksanaan penggunaan pupuk npk pertama-tama masukanlah 1 kg pupuk yang tadi disiapkan dan masukan pupuk itu pada ember yang telah disiapkan, aduk rata pupuk yang sudah disatukan dengan menggunakan batang kayu sampai merata.

Langsunglah sebarkan pupuk menggunakan gayung atau menggunakan semprotan agar lebih rapih. Penggunaan pupuknya janganlah terlalu berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu sangat berbahaya dan pupuk kimia dapat merusak ekosistem jika digunakan terlalu banyak.

2. Cara penggunaan pupuk npk Padat

Saat menggunakan pupuk npk padat untuk tanaman anggur, cukup siapkan 1 kg pupuk, siapkan gayung, siapkan sarung tangan dan siapkan satu ember kosong. Semua ini harus disiapkan sebelum pelaksanaan penyebaran pupuk akan dilakukan dan jangan sampai pupuk padat ini disimpan di tempat yang basah, karena bisa saja menyatu dengan air.

Cara penggunaan pupuk pada ini sangatlah mudah, karena hanya perlu tuangkan 1 kg pupuk pada ember yang telah disediakan dan langsung saja sebarkan pupuk pada area tanam anggur hingga merata, bisa menggunakan gayung ataupun menggunakan tangan langsung dengan perlindungan sarung tangan.

Pupuk ini juga sangat bagus jika diaplikasikan pada tanaman anggur yang ditanam di pot, karena tanaman anggur dapat tumbuh lebat pada sebuah pot. Salah satu cara menggunakan pupuk npk yaramila yang sangat mudah dilakukan adalah dengan menebarkan pupuk di sekitar pot dengan menggunakan gelas kecil agar lebih teratur dan mencegah penggunaan pupuk berlebihan.

Ada banyak cara membuat pupuk npk sendiri di rumah dan tutorialnya bisa didapatkan dengan mudah di internet. Berbagai kandungan pupuk npk memang sangat berguna bagi tanaman anggur dan pupuk ini juga dapat menghasilkan manfaat yang besar bagi buah anggur.

Berikut ini adalah manfaat lain dari pupuk npk untuk tanaman anggur:

  • Pupuk npk sangat bermanfaat bagi anggur, karena bisa mempercepat pertumbuhannya dan kondisi akar buah anggur juga akan semakin kuat, karena pupuk ini bisa menyerap unsur hara yang ada pada tanah.
  • Pupuk ini juga menjadi salah satu cara menyuburkan tanah pertanian, karena pupuk ini sifatnya tidak merusak kondisi tanah dan tanaman anggur yang menggunakan pupuk npk akan terhindar dari kemungkinan kerdil.
  • Manfaat pupuk npk juga dapat mempercepat pertumbuhan tunas baru dan kualitas tunas yang dihasilkan juga bagus. Pupuk ini juga dapat mencegah kerontokkan buah dan daun anggur.
  • Dengan pupuk ini produksi buah anggur akan meningkat secara signifikan dan hal ini akan menambah penghasilan para petani, selain banyak kualitas anggurnya juga akan membaik.

Memang banyak sekali cara menyuburkan tanah pertanian yang bisa dilakukan oleh para petani seperti menggunakan pupuk kandang atau berbagai cara lain, namun penggunaan pupuk npk memang masih menjadi cara yang efektif untuk menambah besar hasil panen para petani anggur.

Permintaan akan buah anggur yang sangat besar, membuat pemerintah menganjurkan berbagai pilihan untuk membantu para petaninya aga panennya dapat berlimpah serta sukses.

Demikian artikel mengenai Cara Menggunakan Pupuk Npk Pada Tanaman Anggur dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan