Sponsors Link

6 Manfaat dari Menanam Satu Juta Pohon Bagi Lingkungan dan Makhluk Hidup

Sponsors Link

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki hutan yang sangat luas. Hingga tahun 2017, tercatat pada data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) luas hutan Indonesia mencapai 125.922.474 hektare.

ads

Meskipun angka tersebut terbilang cukup besar, secara umum hutan di Indonesia mengalami penyusutan tahun demi tahun. Pada tahun 2015 saja hutan Indonesia masih berada diangka 128 juta hectare. Penyebab menyusutnya hutan di Indonesia tidak lain karena penebangan liar dan kebakaran hutan.

Manfaat dari Menanam Satu Juta Pohon Bagi Lingkungan dan Makhluk Hidup

Penting sekali untuk selalu menjaga bumi kita selalu ditumbuhi oleh pohon-pohon rindang. Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan khususnya oleh manusia yang didapatkan dari menanam pohon Manfaat Budidaya Tanaman Secara Umum Bagi Masyarakat dan Lingkungan.

1. Menyediakan pasokan oksigen atau udara segar (paru-paru dunia)

Seperti yang sudah kita pelajari di bangku sekolah, sebuah pohon memiliki fungsi sebagai penghasil oksigen alami. Dari proses fotosintesis yang dilakukan oleh pohon dan dibantu dengan sinar matahari, sebuah karbondioksida diudara akan diubah oleh pohon menjadi oksigen yang menjadi bahan utama untuk makhluk hidup bernafas Cara Merawat Pohon Sengon 1 Tahun Agar Cepat Besar.

Untuk sebuah pohon rindang dewasa mampu menghasilkan oksigen untuk 2 orang dewasa, bisa kita bayangkan butuh berapa banyak pohon untuk persediaan oksigen bagi seluruh umat manusia di seluruh dunia. Karena memang fungsi utama dari sebuah pohon adalah menghasilkan oksigen.

Tanpa adanya proses fotosintesis yang dilakukan oleh pohon, manusia dan makhluk hidup lainnya dapat dipastikan tidak dapat bernafas dengan lega. Indonesia sendiri memiliki program menanam pohon dengan tajuk menanam seribu pohon, namun dengan melihat lahan hutan semakin menyusut program tersebut berganti menjadi “Menanam Satu Juta Pohon”.

Tujuan dari program ini adalah untuk memperbaiki kualitas lingkungan dan lahan dengan melakukan aktifitas menanam pohon yang cepat tumbuh. 10 negara berikut adalah negara dengan menyumbang lahan hutan terluas diantaranya Rusia, Brazil, Kanada, Amerika Serikat, China, Australia, Republik Demokratik Congo, Indonesia, Peru, dan India

2. Merindangkan dan menyejukkan lingkungan

Dengan menghasilkan banyak oksigen untuk lingkungan, satu juta pohon diharapkan dapat membuat sejuk dan rindang lingkungan sekitar.

Dengan menyerap banyak karbondioksida dan polusi-polusi di udara yang dapat menyebabkan lingkungan pans, adanya pohon yang menyerap udara-udara kotor tersebut kemudian dikembalikan kembali ke udara bebas berupa udara segar nan bersih yaitu oksigen.

Bahkan di kota-kota besar sekalipun sudah banyak sekali kawasan hutan kota yang memang dicarikan lahan khusus di tengah kota yang kemudian ditanami sejumlah pohon Cara Menanam Pohon Maple di Indonesia dengan Mudah. Karena di kota banyak sekali kendaraan lalu lalang, berdiri banyak pabrik, dengan adanya bantuan hutan kota diharapkan dapat mendinginkan suasana kota.

Tak hanya memang disediakan lahan khusus seperti hutan kota, di pinggir jalan, di taman juga sudah tumbuh banyak pohon Inilah Fungsi Budidaya Tanaman Hias Bagi Lingkungan. Sehingga dapat dikatakan dengan adanya pohon dapat mengurangi pencemaran udara. 


 

3. Melindungi lingkungan dari banjir dan tanah longsor

Selain daun dari pohon yang memiliki fungsi untuk mengubah karbondioksida dan polutan diudara menjadi oksigen melalui proses fotosintesis, fungsi dari adanya sejuta pohon lainnya adalah sebagai tempat menyimpan air.

Dari sekolah dasar kita sudah diajarkan bahwa dengan menebang pohon secara sembarangan akan menyebabkan banjir dan longsor Cara Budidaya Pohon Gmelina Arborea Alias Si Jati Putih. Hal tersebut karena memang fungsi akar dari pohon yang sudah dewasa adalah untuk menyerap dan menyimpan air.

Ketika hujan datang air yang masuk kedalam tanah akan diserap oleh akar-akar pohon dan sebagian akan mengalir langsung ke sungai. Walaupun debit air hujan banyak, dengan bantuan akar pohon debit air tidak akan meluap hingga ke lingkungan warga.

Tetapi lain cerita jika tidak ada pohon, maka air-air yang masuk ke dalam tanah tidak akan ada yang menyerap dan semuanya langsung mengalir ke sungai. Dengan curah dan debit hujan yang besar, sungai tidak mampu menampung maka timbul lah banjir.

Selain itu debit air yang besar dalam tanah, jika tidak ada akar yang menyerap air tersebut akan menyebabkan tanah menjadi longsor khususnya pada daerah tebing dan dataran tinggi. 

4. Menjadi tempat tinggal satwa

Ada beberapa hewan yang memang tempat tinggalnya di hutan atau di pohon. Beberapa tahun terakhir banyak sekali pemberitaan mengenai turunnya hewan liar ke pemukiman warga, tentunya turunnya hewan-hewan tersebut bukan tanpa alasan melainkan karena lingkungan tempat tinggal mereka telah berganti baik menjadi lahan perkebunan, kebakaran hutan, atau penebangan hutan liar. Sehingga hewan-hewan tersebut tidak memiliki tempat tinggal lagi. 


 

Dengan kita menanam sejuta pohon, secara tidak langsung kita telah berpartisipasi, ikut serta dalam mengembalikan tempat tinggal bagi satwa dan mengembalikan ekosistem yang telah dirusak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Menyediakan air bersih

Air yang sudah masuk kedalam tanah secara tidak langsung telah melalui proses filtrasi alami yang dilakukan oleh pohon yang ada di hutan.

Untuk itu pohon-pohon yang banyak dapat berfungsi sebagai penyedia pasokan air bersih pada mata air khususna di dataran tinggi. Selain menyediakan udara yang bersih, pohon ternyata juga menyediakan air bersih untuk makhluk hidup.

6. Dapat mencegah erosi

Selain mencegah banjir dan tanah longsor, pohon-pohon yang beraa di pinggiran pantai (hutan bakau) dapat berfungsi untuk mencegah erosi atau pengikisan tanag. Akar-akar yang kuat dari tanaman bakau dapat menghalau gelombang dan pasang air laut untuk mengikis tanah atau pasir yang ada dipinggiran laut sehingga luas daratan tetap tanpa mengalami penyusutan

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat yang didapatkan dari menanam satu juta pohon. Diharapkan dengan adanya pelajaran mencintai dan menghargai lingkungan dan pohon sejak dini dapat menyadarkan generasi penerus untuk selalu menjaga lingkungan sekitarnya. Khususnya untuk menjaga kelestarian pohon untuk kepentingan seluruh makhluk hidup yang ada di seluruh dunia

Sponsors Link
, , ,