Sponsors Link

Jenis Tanaman Yang Populer Digunakan Sebagai Bahan Minuman dalam Ilmu Budidaya

Sponsors Link

Indonesia merupakan negara dengan tingkat keragaman kuliner yang tinggi, pada setiap daerah pasti memiliki makanan maupun minuman khas. Beberapa jenis minuman ini berasal dari pemanfaatan tanaman yang kemudian diolah sedemikian rupa menjadi minuman.

ads

Budaya Indonesia yang gemar bercocok tanam ini menghasilkan keragaman olahan minuman dari tumbuh-tumbuhan, tetapi tidak hanya untuk minuman ada pula manfaat lain bercocok tanam bagi kehidupan sehari-hari. Dikarenakan tingkat keragaman yang tinggi inilah memicu banyak sekali jenis minuman olahan dari tanaman, mulai dari minuman yang berkhasiat sebagai obat / jamu tradisional hingga minuman yang pada era modern ini diproduksi massal di pabrik.

Jenis Tanaman Yang Populer Digunakan Sebagai Bahan Minuman

Jika anda tertarik untuk berbudi daya tanaman obat, anda dapat membuat kebun tanaman obat mini dirumah anda. Berikut ini jenis-jenis tanaman yang dimanfaatkan untuk membuat minuman menurut Ilmu Budidaya.

Teh ( Camellia sinensis )

Tanaman teh merupakan salah satu tanaman yang menjadi olahan minuman yang sangat populer di Indonesia. Banyak sekali kebun-kebun teh dan perusahaan yang memproduksi minuman olahan teh yang kemudian dijual kepada masyarakat luas.

Selain tingkat ekonomis yang tinggi dan enak untuk dikonsumsi, olahan teh dapat memberikan banyak sekali keuntungan kesehatan. Banyak sekali manfaat yang anda dapat dari konsumsi teh dikarenakan setiap jenis teh memiliki manfaatnya sendiri, berikut ini jenis-jenis dari teh dan manfaat dari masing-masing jenisnya :

  1. Teh Hitam : Teh hitam merupakan jenis teh yang memiliki kadar kafein yang paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Kadar kafein yang tinggi membuat teh hitam sering menjadi pengganti kopi untuk menstimulasi kinerja tubuh dan otak. Selain itu, teh hitam juga memiliki kandungan fluoride yang  membantu melindungi gigi anda dari karies atau gigi berlubang.
  2. Teh Hijau : Teh hijau merupakan jenis teh yang berasal dari daun teh yang hanya melalui satu kali penyaringan. Teh hijau merupakan jenis teh yang kaya antioksidan, antioksidan ini berfungsi untuk mencegah infeksi pada kandung kemih dan membantu antibodi melawan jenis kanker payudara dan kanker paru-paru.
  3. Teh Putih : Jenis Teh putih berasal dari olahan daun teh muda yang memiliki rasa sedikit lebih manis. Teh putih memiliki manfaat kesehatan untuk menjaga kesehatan mulut dan membantu memecah lemak pada tubuh dengan kandungan katekin. Selain itu jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya, teh jenis ini memiliki kadar polifenol yang lebih tinggi, yang berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus.
  4. Teh Oolong :  Teh Oolong merupakan teh dengan perpaduan rasa antara teh hitam dan hijau. Dalam sebuah penelitian, sumber antioksidan teh oolong ternyata memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah. Hampir sama seperti jenis teh lainnya, kandungan antioksidannya dapat mencegah berbagai penyakit seperti mencegah kanker ovarium pada perempuan. Teh jenis oolong memiliki antioksidan jenis flavonol, Antioksidan ini bekerja sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit kronis.
  5. Teh Kombucha : Teh kombucha adalah jenis teh yang merupakan hasil fermentasi gabungan antara gula, bakteri baik dan jamur. Teh ini bisa menjadi sumber probiotik yang sangat baik sehingga dapat membantu membangun kembali bakteri baik dalam usus agar tetap seimbang. 

Biji Kopi ( Coffea sp )

Biji Kopi merupakan salah satu tanaman yang diolah menjadi minuman yang paling terkenal di kalangan masyarakat, apalagi saat ini bisnis kopi sedang naik daun. Minuman Kopi digemari karena memiliki citarasa dan aroma yang khas, setiap jenisnya memiliki karakter yang berbeda.

Jenis kopi pada umumnya dibagi menjadi Kopi Arabica dan Kopi Robusta, arabica memiliki asam yang lebih tinggi daripada robusta. Jika anda ingin melakukan budidaya kopi, anda dapat membaca artikel Cara Menanam Kopi.

Tanaman ini berasal dari benua Afrika, lalu kemudian menyebar ke seluruh dunia. Tanaman kopi masuk ke Indonesia pada era Tanam Paksa atau Cultuurstelsel (1830—1870) pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Semenjak itu meminum kopi menjadi salah satu aktivitas yang digemari pada pagi hari maupun malam hari.

Binahong ( Anredera cordifolia )

Tanaman Binahong merupakan tanaman herbal yang sudah sejak lama digunakan oleh orang Jepang dan Korea sebagai treatment herbal penyembuh segala macam penyakit. Tanaman merambat ini dianggap sebagai tanaman hama karena hidupnya dapat menempel pada tanaman lain.

Bentuk daunnya yang unik seperti hati menjadikan daun binahong sering disebut sebagai Heartleave atau daun cinta. Jika anda berminat untuk menanam tanaman binahong, anda dapat membaca Cara Budidaya Daun Binahong.

Chamomile ( Matricaria chamomilla )

Bunga dari tanaman ini biasanya digunakan sebagai teh atau pengobatan herbal, jika anda pernah ke luar negri pasti pernah mendengar teh chamomile / camomile. Kandungan pada teh chamomile terdapat senyawa jenis fenolik yang bersifat anti bakteri, dan mampu menyerap racun pada tubuh anda.

Pada hasil sebuah penelitian ternyata dengan meminum 5-6 gelas teh chamomile selama 2 minggu secara rutin akan bermanfaat bagi tubuh sebagai cara mengatasi infeksi. 


Jahe ( Zingiber officinale )

Saat ini banyak sekali minuman olahan jahe yang dijual di pasaran maupun di toko besar dengan berbagai merk dan kemasan. Hal tersebut wajar dikarenakan minat masyarakat Indonesia terhadap minuman olahan jahe sangat besar bahkan sudah dari zaman kakek nenek kita.

Minuman olahan jahe biasanya dikonsumsi untuk menghangatkan diri pada musim penghujan sebagai pengganti teh. Selain itu manfaat dari mengkonsumsi minuman jahe adalah meningkatkan fungsi otak dan mengatasi peradangan kronis, serta stres oksidatif yang dapat mempercepat proses penuaan sebagai pemicu terjadinya penyakit Alzheimer. Pada musim penghujan anda butuh memperhatikan hal-hal yang dapat berdampak pada pertumbuhan Jahe, jika anda ingin menanam Jahe anda dapat membaca Cara Menanam Jahe di Musim Hujan.

Itulah jenis tanaman yang populer digunakan sebagai bahan minuman. Banyak sekali ragam-ragam tanaman yang sebenarnya dapat di olah menjadi minuman dengan khasiat yang beragam pula. Beberapa jenis tanaman cocok digunakan untuk minuman hangat sedangkan yang lain lebih cocok untuk disajikan dingin. Selain anda dapat membeli produk-produk olahan tersebut, beberapa jenis tanaman dapat anda tanam sendiri dan lakukan pengolahan di rumah.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tanaman