Sponsors Link

Cara Memupuk Kelengkeng dengan Garam – Rahasia Agar Buah Subur

Sebelum kita memasuki bagaimana cara memupuk kelengkeng dengan garam, kita harus mengetahui terlebih dahulu kegunaan garam tersebut.

Garam ini adalah salah satu bahan yang sering digunakan oleh petani kelengkeng untuk menyuburkan dan membuat pohon kelengkeng berbuah lebat.

Kenapa? karena di dalam garam, baik itu garam dapur maupun garam inggris memiliki senyawa yang sama dengan kandungan pupuk lainnya.

Bahkan ini dinyatakan lebih aman, karena tidak banyak terpapar bahan-bahan kimia. Jadi, anda bisa mendapatkan pupuk sehat, ekonomis dan bermanfaat.

Cara Memupuk Kelengkeng Dengan Garam

Seperti halnya Cara Menggunakan Pupuk Cair Bambu Ijo untuk Tanaman, kita harus mengerti bagaimana cara menggunakan garam tersebut. Berikut panduan cara memupuk kelengkeng dengan garam:

1. Mengenali Waktu Yang Tepat

Tidak ada larangan meamng, untuk memupuk kelengkeng di musim penghujan maupun dimusim kemarau.

Hanya saja, kita harus mengetahui bagaimana cara terbaik untuk melakukan pemupukan kelengkeng menggunakan garam ini. Seperti halnya Inilah 5 Jenis Pupuk Buatan yang Menggunakan Bahan Kimia, berikut hal yang harus diperhatikan:

  • Jika melakukan pemupukan ketika musim kemarau, maka pastikan pohon kelengkeng mendapatkan cukup air. Ini bisa dibantu dengan melakukan penyiraman secara teratur.
  • Jika melakukan pemupukan dimusim penghujan, pastikan anda melakukan pemupukan dengan benar. Ini dilakukan supaya pupuk bis alangsung menyerap kedalam tanah tidak tersapu air hujan.

2. Persiapan Pohon Kelengkeng

Seperti Cara Menggunakan Pupuk Daun Pada Tanaman Agar Subur dan Sehat, anda harus menyiapkan pohon kelengkeng tersebut sebelumnya. Persiapan yang bagaimana? Berikut penjelasannya:

  • Coba perhatikan bagaimana pertumbuhan dari pohon kelengkeng tersebut. Jika terlihat subur dan memiliki batang yang kokoh, maka ini adalah jenis pohon buah yang subur.
  • Lihat juga bagaimana pertumbuhan daunnya, jika terlihat sangat lebat, maka ini juga menjadi salah satu kendala dalam pembuahan nantinya.
  • Pohon kelengkeng yang berdaun sangat lebat akan menyulitkan tumbuhnya bakal buah. Kenapa? Karena makanan akan dihabiskan oleh dedaunan dan tidak tercukupi ketersediaan makanan agar bisa menghasilkan bakal buah.
  • Jadi, cobalah untuk memangkas daun jika tumbuh terlalu lebat sebelum menerapkan cara memupuk kelengkeng dengan garam ini.
  • Perhatikan juga jika ada serangan hama dan penyakit yang menyerang pohon kelengkeng tersebut. karena jika ada maka pemberian pupuk garam ini akan kurang optimal hasilnya.
  • Potong bagian cabang maupun dahan yang terkena serangan hama dan penyakit sebelum melakukan pemupukan.
  • Cobalah buat lubang dengan kedalaman 5-6 cm secara terbuka di sekeliling tanah di batang tanaman kelengkeng tersebut.
  • Lubang ini nantinya akan dimasukkan pupuk garam dan akan meminimalisir adanya masalah hilangnya garam yang sudah ditaburkan ketika musim penghujan tiba.

3. Membuat Campuran Pupuk Garam

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat larutan pupuk garam, berikut penjelasannya :

Cara pertama

  • Gunakan 5 liter air untuk melarutkan 1 kg garam yang sudah disedikan. Hancurkan gara tersebut dengan cara mengaduknya dengan rata.
  • larutan pupuk garam ini akan menjadi pekat, ini menandakan pupuk garam sudah selesai untuk digunakan.
  • Gunakan 50 ml larutan pupuk garam ini dengan dilarutkan kedalam 1 liter air agar bisa digunakan dengan baik untuk pemupukan.
  • Dan tidak jauh berbeda dengan Cara Pemupukan Timun Agar Subur dan Panen Melimpah, kita hanya perlu menggunakan seadanya dan secukupnya agar menghasilkan cikal bakal buah.

Cara Kedua

  • larutkan 1 sendok teh garam kedalam 1 liter air dengan cara diaduk maupun dikocok agar garam larut dengan sempurna.
  • Anda juga bisa melipat gandakan jumlah penggunaan untuk hasil yang lebih baik dan pemupukan yang lebih banyak.

Demikianlah ulasan tentang cara memupuk kelengkeng dengan garam, semoga informasi ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik