Sponsors Link

Cara Menggunakan Pupuk Daun Pada Tanaman Agar Subur dan Sehat

Sponsors Link

Cara Menggunakan Pupuk DaunMenggunakan Pupuk cair daun bisa lebih efektif dan juga efisien apabila anda memperhatikan berbagai cara yang tepat.

ads

Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengacu pada teknik, sasaran, jenis, waktu, dan juga dosis yang tepat. Untuk itu supaya hasil dari tanaman yang diberi pupuk maksimal jangan lupakan kaidah penyiraman tersebut.

Agar lebih jelasnya anda bisa menggunakan pupuk daun sebagai berikut.

Memperhatikan Teknik Penyiraman

Biasanya cara yang dilakukan di lakukan adalah dengan teknik penyemprotan, hal ini dilakukan oleh anda sampai daunnya terlihat basah. Anda bisa melakukannya dengan menambahkan pestisida secara bersamaan.

Akan tetapi anda perlu perhatikan jangan sampai anda mencampur pupuk daun dengan pestisida dengan kandungan zat perekat. Ketahui juga cara infus Tanaman dari Botol bekas supaya bisa menyiram dengan konsisten.

Hal tersebut bisa menimbulkan dampak yang tidak baik pada tanaman yang beri anda pupuk karena dengan lengketnya pupuk daun yang disemprotkan jadinya kesulitan untuk diserap oleh tanaman.

Hal ini juga sangat berdampak buruk, karena pupuk daun yang diaplikasikan akan menyerap zat tadi sehingga daun yang di semprotkan bisa usak seperti tampak terbakar. Ketahui oleh anda Jenis Tanaman Akuarium apabila anda memiliki akuarium di rumah.

Menggunakan Pupuk Tepat Sasaran

Anda perlu memperhatikan bahwa setiap daun memiliki mulut daun atau dalam istilah biology disebut stomata. Mulut daun tersebut letaknya berada di bagian punggung daun, hal ini mengindikasikan bahwa anda peru menyemprotkan pupuk secara tepat sasaran.

Akan hal tersebut ada baiknya bila anda mengerahkan alat semprot ke bagian daun yang menghadap ke bawah supaya mudah diserap daun tersebut. Ketahui juga oleh anda Cara Stek Bunga Mawar bila anda hendak menanam bunga mawar.

Memperhatikan Jenis Pupuk

Ada beberapa jenis pupuk daun yang bisa anda gunakan untuk proses penyemprotan supaya hasilnya maksimal. Hal ini juga mengacu pada tujuan yang ingin anda dapatkan, karena jenis pupuk bisa disesuaikan.

Untuk memacu pertumbuhan secara vegetatif, anda bisa menggunakan pupuk daun dengan jenis Gardena D ( NPK 30-10-10 ) atau Gandasil D ( NPK 20-15-15 ). Simbol D menyebutkan bahwa kemasan dari pupuk yang anda pilih berwarna hijau

Namun apabila anda hendak memilih jenis pupuk daun untuk menyuplai tanaman menuju pada pembungaan, anda bisa menggunakan jenis Gardena B ( NPK 6-32-35 ) atau Gandasil B ( NPK 6-20-30 ), dengan simbol B berarti kemasana pupuknya berwarna merah.

Ketahui juga oleh anda berbagai Tanaman Aquarium Tanpa co2 yang sangat cocok untuk ditanam bila anda memiliki akuarium.

Perlu diingat oleh anda, bahwa jangan sampai Perhatian menggunakan jenis pupuk daun seperti gandasil D atau gardena D untuk tanaman yang berbunga. Hal tersebut bisa tanaman bunga anda menjadi rontok, bahkan  pertumbuhan vegetatifnya bisa terjadi dalam jangka waktu lama.


Memperhatikan Dosis

Salah satu cara yang perlu anda perhatikan ketika menyemprot daun tanaman adalah dengan memperhatikan dosis penggunaan. Untuk dosis yang akan anda berikan tentunya harus sesuai petunjuk penggunaan. Apabila hal tersebut diabaikan, maka Jika berlebihan dan tidak sesuai dosis daun bisa tampak terbakar.

Ketahui juga oleh anda  Tanaman Hidup untuk Aquarium bila anda memiliki akuarium.  Hal ini perlu dihindari supaya penggunaan pupuk lebih aman, untuk itu perhatikan penggunaan dosis dan mengacu pada rekomendasi.

Anda juga bisa mengurangi dosis akan tetapi dengan frekuensinya pemberian yang dipercepat. Seperti dengan memberikan pemberian lebih cepat namun dosisnya dikurangi.

Memperhatikan Waktu yang Tepat

Untuk memberikan pupuk ada beberapa waktu ideal yang biasa dilakukan dan sangat dianjurkan untuk anda terapkan. Seperti misalnya pemberian pupuk pada pagi hari sekitar jam 8, dan juga pada sore hari sekitar pada pukul 15.00.

Bila hal tersebut dilakukan pada waktu yang tepat tentu saja pemberian pupuk tidak akan sia- sia karena pada masa tersebut stomata dalam keadaan terbuka dengan sempurna. Ketahui juga oleh anda mengenai Tanaman Cabai Tiba-Tiba Layu untuk langkah pencegahan.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan berkaitan dengan waktu pemberian pupuk daun, yakni jangan sampai anda memberinya pada saat waktu siang atau panas terik, malam hari dan juga pada saat hujan mau turun.


Hal tersebut perlu anda perhatikan karena bisa memberikan dampak merugikan pada tanaman, berikut dampak yang bisa terjadi bila salah dalam waktu pemberian pupuk :

  • Jangan melakukan pada siang hari karena pupuk daun akan banyak yang menguap sebelum terserap tanaman
  • Jangan melakukan penyemprotan pada siang hari daun seperti terbakar apalagi dengan pupuk yang higroskopis atau jenis pupuk yang mudah menyerap air
  • Jangan melakukan penyemprotan pada musim hujan biasanya akan cenderung memicu datangnya jamur, hal ini tentu saja membuat tanaman anda bisa membusuk.
  • Jangan melakukan penyemprotan pada malam hari, karena di malam hari stomata dalam keadaan tertutup, tentu saja dengan begitu pupuk daun tidak terserap oleh tanaman.
  • Jangan melakukan penyemprotan bila ada tanda-tanda akan datang hujan, karena bila dilakukan pupuk bisa berpotensi tercuci oleh air hujan.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tanaman