Sponsors Link

Cara Memupuk Labu Kuning – Dosis – Perawatan – Panen

Labu Kuning merupakan tanaman yang terkenal di seluruh dunia. Agar tanaman labu kuning bisa tumbuh dengan baik, Anda harus perhatikan cara memupuk labu kuning. Mungkin akan berbeda dengan cara budidaya labu merah. Labu kuning biasanya dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi sebagai bahan bubur atau kolak.

Di luar negeri, labu kuning terkenal sebagai tanaman ikon Halloween di musim gugur. Sebenarnya, tanpa perawatan khusus, tanaman labu kuning bisa tumbuh dengan baik. Dengan pemberian pupuk, pertumbuhan tanaman akan menjadi lebih baik.

Cara Memupuk Labu Kuning

Proses pemupukan sangat penting untuk pertumbuhan tanaman agar tanaman bisa mendapatkan nutrisi yang diperlukan. Cara menanam labu memang harus diikuti perawatan yang benar.

Untuk bisa memupuk tanaman labu kuning dengan baik, Anda bisa ikuti uraian lengkap cara memupuk labu kuning sebagai berikut.

  • Pupuk yang telah disiapkan bisa diberikan dengan cara ditaburkan atau disiramkan di samping pangkal tanaman labu kuning dengan kedalaman antara 5 hingga 10 cm. Tanam pupuk ini di dalam tanah agar bisa diserap tanaman dengan baik. Pupuk diberikan di samping masing-masing tanaman agar tidak berebutan atau diserap oleh tanaman yang lainnya
  • Biasanya, pupuk juga diberikan di awal atau saat sebelum menanam bibit labu kuning. Pupuk di taruh di dalam lubang yang akan dimasuki benih tanaman. Lubang tersebut lalu dibiarkan selama 2 hingga 3 hari sebelum dimasukkan benih labu kuning.
  • Setelah benih labu kuning, ditanam, pupuk bisa diberikan secara rutin sebanyak 3 bulan sekali. Simak juga mengenai cara budidaya labu parang

Jenis Pupuk yang Digunakan untuk Tanaman Labu Kuning

Untuk bisa memberikan pupuk untuk labu kuning, Anda bisa memilih dari beberapa jenis pupuk yang ada. Pupuk yang banyak digunakan yaitu pupuk kompos atau pupuk organik buatan sendiri.

Jika Anda kesulitan membuat pupuk sendiri, Anda bisa menggunakan pupuk yang diberi dari toko. Untuk pembuatannya bisa perhatikan bagaimana cara membuat pupuk kompos dari sampah organik dan cara membuat pupuk kompos vermikompos.

Umumnya, untuk tanaman labu kuning, pupuk yang digunakan yaitu pupuk tunggal. Pupuk tunggal adalah sejenis pupuk yang hanya mengandung satu jenis nutrisi yang diperlukan oleh tanaman labu kuning. Pupuk yang diperlukan oleh tanaman labu kuning yaitu pupuk yang berisi zat Nitrogen (N), pupuk yang berisi zat fosfor (P), dan pupuk yang berisi zat Kalium (K).

Jika salah satu jenis pupuk ini tidak ada, Anda bisa juga menggunakan pupuk majemuk yang bernama pupuk NPK yang mengandung ketiga jenis unsur ini.

Dosis Penggunaan Pupuk untuk Tanaman Labu Kuning

Agar pupuk bisa efektif saat digunakan dan benar-benar membantu pertumbuhan tanaman, Anda juga harus memperhatikan dosis penggunaan pupuk untuk tanaman labu kuning.

Dosis ini tentu berbeda dan bisa semakin bertambah apabila usia tanaman semakin tua. Berikut adalah aturan mengenai dosis penggunaan pupuk untuk tanaman labu kuning yang biasanya digunakan:

  • Pupuk yang mengandung N menggunakan dosis 100 kg pupuk per hektar tanaman labu kuning
  • Pupuk yang mengandung zat P menggunakan dosis 40 kg pupuk per hektar tanaman labu kuning
  • Pupuk yang mengandung zat K menggunakan dosis 80 kg pupuk per hektar tanaman labu kuning
  • Jika menggunakan pupuk majemuk atau NPK, ANda bisa menggunakan perbandingan 2:1:1

Demikian penjelasan mengenai cara memupuk labu kuning. Semoga bermanfaat.

, ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trik