Sponsors Link

5 Cara Menanam Bunga Camelia Paling Mudah

Menanam bunga camelia bisa menjadi salah satu cara untuk menambah koleksi tanaman hias di rumah anda. Apalagi bagi anda pecinta tanaman hias tentu tidak bisa melewatkan begitu saja pesona bunga yang satu ini seperti juga cara menanam bunga chrysanthemum. Keindahan bentuk dan warna bunga menjadi daya tarik dan pesona tersendiri dari bunga ini. Bahkan beberapa orang mengidentikan bunga ini setara dengan bunga mawar.

Hal ini bisa dimaklumi karena jika dilihat secara sekilas warna dan bentuk bunga hampir menyerupai bunga mawar namun tentunya jika dilihat secara lebih teliti akan terdapat perbedaan yang nampak. Bunga camelia berukuran sedikit lebih mini dibandingkan dengan bunga mawar. Selain itu juga jumlah kelopak bunganya tidak sebanyak bunga mawar. Namun tetap saja pesona keindahan dan keanggunannya tetap bisa disandingkan secara sepadan.

Dari berbagai jenis spesies yang ada,  Camellia japonica , Camellia oleifera , Camekkua sasanqua merupakan jenis dari tanaman bunga camelia yang masuk kedalam daftar tanaman hias terpopuler. Sudah banyak hasil persilangan dari ketiga jenis bunga camelia yang telah menghasilkan kultivar baru yang tentunya memiliki bunga yang indah dan unik. Untuk bisa menikmati keindahan bunga ini sepanjang waktu, tentu anda harus mencoba mulai menanamnya di rumah. Berikut 5 cara menanam bunga camelia paling mudah. Simak selengkapnya.

1. Memilih Bibit Bunga yang Terbaik

Memilih bibit tanaman merupakan langkah awal dari setiap budidaya tanaman hias. Bibit tanaman hias yang baik dan berkualitas akan menghasilkan tanaman yang dapat tumbuh optimal dan pada akhirnya dapat menghasilkan bunga yang indah hal ini juga dilakukan pada cara menanam bunga dianthus.

Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan dalam menentukan mana bibit yang baik dan tidak. Tentunya hal ini harus didasari oleh pengetahuan akan kriteria bibit tanaman yang berkualitas itu sendiri.

Bunga camelia sendiri terdiri dari dua jenis kelompok bunga jika dilihat dari bentuk kelopaknya. Ada bunga camelia dengan kelopak tungga dan bunga camelia dengan kelopak yang bertumpuk. Sebelum memulai tahapan budidaya maka sebaiknya anda menentukan akan menanam jenis bunga camelia dengan kelopak yang mana. Sehingga anda tidak akan mengalami kebingungan saat berada di lokasi tempat membeli bibit.

Tahap selanjutnya setelah anda menentukan pilihan jenis bunga camelia yang ingin anda tanam, kemudian anda harus memilih bibit yang berkualitas baik. Yang tentunya memiliki kriteria yang sama seperti cara menanam bunga kamboja jepang di bawah ini.

  • Daun tanaman berwarna hijau segar.
  • Gidak terdapat luka pada semua bagian tanaman dari akar, batang hingga daunnya.
  • Pastikan bibit yang anda pilih benar benar sehat dan bebas dari hama penyakit bawaan.
  • Bibit bunga camelia biasanya berasal dari perbanyakan melalui stek sehingga tentunya tingkat keberhasilan dalam menanam akan lebih tinggi.
  • Bungkus bibit tanaman dengan rapi dan lakukan pengangkutan dengan hati hati.
  • Jangan sampai merusak bagian tanaman.  

2. Melakukan Penanaman kedalam Pot

Setelah bibit bunga siap, maka tahap selanjutnya adalah melakukan pemindahan tanaman ke lokasi yang lebih bisa mendukung pertumbuhan tanaman.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan melakukan pindah tanam kedalam pot hal ini tentu sedikit berbeda dengan cara menanam bunga jam sembilan yang langsung di lakukan di lahan.

Selain lebih mudah dan praktis, menanam bunga camelia di dalam pot juga akan membuat anda lebih bisa mengontrol pertumbuhan dan media tanam agar tetap stabil.  

Berikut tahapan melakukan pindah tanam bunga camelia kedalam pot.

  • Sebaiknya lakukan pindah tanam pada pagi hari saat cuaca belum terlalu panas.
  • Sebelum dipindahkan sebaiknya bibit didiamkan selamn 3-5 hari dengan di siram secara teratur dan diletakkan ditempat teduh.
  • Hal itu dimaksudkan agar saat dilakukan pindah tanam, binit bunga camelia akan mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang baru.
  • Gunakan pot dengan diameter 15-20 cm atau pot ukuran sedang.
  • Cuci bersih pot dengan air mengalir, lalu kemudian kering anginkan.
  • Selanjutnya siapkan media tanam berupa campuran humus dan akar pakis dengan perbandingan 1:1.
  • Campur media tanam secara merata. Dan bila memungkinkan akar pakis terlebih dahulu di rebus agar lebih steril.
  • Selanjutnya masukkan campuran media kedalam pot, namun sebelumnya masukkan pecahan batu bata bersih kebagian bawah pot agar media lebih porous.
  • Tekan tekan media hingga menjadi padat.
  • Selanjutnya padatkan media bibit dengan menekan pelan bagian polibag baru kemudian buka bagian pembungkus bibit dengan hati hati.
  • Gali kedalaman media sesuai dengan kedalaman akan bibit.
  • Lalu tanam bibit bunga camelia kedalam pot setelah itu tutup dan ratakan media, jangan sampai ada akan tanaman yang masih terlihat.
  • Selanjutnya sisakan 4-5 helai daun untuk mengurangi proses penguapan dan merangsang pembentukan tunas baru.

3. Pemeliharaan dan Perawatan Intensif

Tahapan selanjutnya dalam cara menanam bunga camelia paling mudah yang menentukan keberhasilan dalam menanam bunga camelia dan cara menanam bunga casablanca adalah pemeliharaan dan perawatan tanaman secara intensif.

Bunga camelia pada dasarnya tidak memiliki treathment khusus dan pemeliharaan serta perawatannya pun hampir sama dengan jenis tanaman hisa lainnya.

Namun, beberapa hal di bawah ini wajib menjadi perhatian agar bubga camelia dapat tumbuh optimal sesuai dengan harapan anda.

  • Jaga kegemburan media tanam dengan selalu melakukan pendangiran pada media.
  • Siram secara rutin untuk menjaga kelembaban media.
  • Sesekali siram bagian daun tanaman untuk menjaga kelembaban di sekitar daerah daun.
  • Lakukan pemupukan anorganik tambahan NPK pada awal masa tanam untuk merangsang pembentukan daun.
  • Kombinasikan dengan pupuk guano dan pupuk organik lainnya setiap 4-5 minggu sekali.
  • Hindari tanaman dari sinar matahari langsung dan angin kencang.
  • Lakukam pemangkasan ruti pada batang tanaman untuk merangsang pertumbuhan tunas baru sehingga tanaman akan rinmbun.

4. Penanggulangan Hama Penyakit Tanaman (HPT)

Bunga camelia pada dasarnya kebal terhadap serangan hama dan penyakit. Namun, tentunya untuk berjaga jaga anda dapat melakukan penyemprotan rutin menggunakan larutan insektisida 5g/l dan fungisida 5g/l setiap 4 minggu sekali. Atau bisa juga lakukan penanggulangan saat sudah muncul gejala serangan HPT pada bunga camelia. 

5. Waktunya Bunga Camelia Berbunga

Sejak dipindahkan kedalam pot tunggal, bunga camelia membutuhkan waktu 3-4 bulan untuk bisa mulai berbunga seperti juga cara menanam bunga carnation dari biji . Saat bunga telah mulai berbunga anda tetap harus melakukan pemeliharaan secara intensif dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Pada saat awal-awal bunga muncul jangan segan untuk melakukan pemangkasan bunga.
  • Sisakan hanya bunga yang memiliki kelopak yang besar saja.
  • Hal ini dimaksudkan untuk lebih mengoptimalkan munculnya bunga di waktu berikutnya.
  • Dari kuncup hingga mekar sempurna bunga camelia membutuhkan waktu 3-4 hari. Sehingga  untuk bisa menikmati keindahannya anda harus sabar menunggu.
  • Saat menjelang fase mekar sempurna maka pangkaslah bunga yang baru muncul hal ini agar dilakukan agar bunga yang akan mekar mendapatkan unsur hara yang optimal.
  • Setelah bunga mekar sempurna anda sudah bisa menikmati keindahannya.

5 cara menanam bunga camelia paling mudah, tentunya dapat menjadi referensi tambahan bagi anda. Pada dasarnya dalam menanam tanaman hias yang dibutubkan adalah kesabaran dan ketelatenan.

Karena dengan kedua hal tersebut maka tanaman yang ditanam akan bisa menghasilkan bunga yang indah yang tentunya tidak hanya bisa kita nikmati sendiri. Bagaimana? Mudah bukan, jadi tak perlu ditunda lagi yuk coba menaman bunga camelia sendiri dirumah. Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Bunga