Sponsors Link

5 Cara Menanam Bunga Carnation Dari Biji Agar Berbunga Indah

Carnation memiliki kelopak menyerupai bungan mawar sehingg bunga ini merupakan bunga yang menjadi pesaing kuat bagi mawar. Dengan pesonanya inilah bunga ini banyak dipakai dalam acara dan prlengkap dekorasi pada acar pernikahan.

Di Indonesia bunga ini lebih dikenal sebagai bunga anyelir. Bunga ini cukup populer di kalangan para pecinta bunga. Bunga ini selalu hadir di berbagai perayaan baik pernikahan atau bunga ucapan duka cita. Berbagai macam warna dimiliki bunga ini mulai dari merah , merah muda, kuning , peach , putih dan masih banyak yang lainnya. Setiap waena bisa mewakili berbagai perasaan yang ingin diungkapkan. Carnation Memiliki nama latin Dianthus caryophyllus, bunga ini termasuk kedalam famili dianthus. Dalam bahasa yunani bunga ini dikenal sebagai bunga para dewa.

Bunga carnation merupakan bunga yang bisa tumbuh pada daerah tropis. Tanaman ini bisa di tanam melalui biji, namun tentunya harus melewati beberapa tahapan agar bisa tumbuh baik dan berbunga. Inilah 5 cara menanam bunga carnation dengan biji agar berbunga indah. Simak selengkapnya cara menanam bunga carnation dari biji.

1. Menyiapkan Biji Bunga Carnation

Biji merupakan salah satu bagian tanaman yang bisa menumbuhkan tanaman baru. Biji yang digunakan sebagai bahan perbanyakan tanaman biasa disebut dengan istilah benih. Benih yang akan ditanam haruslah memiliki kualitas yang baik agar bisa menghasilkan tanaman bunga carnation yang baik. Berikut cara memilih dan menyiapkan biji bunga carnation untuk disemai yang memiliki kesamaan dengan cara menanam cabe di kapas .

  • Gunakan biji bunga carnation yang benar benar kering.
  • Pilih biji bunga dengan ukuran besar , seragam dan padat.
  • Kemudian cuci bersih dan rendam biji kedalam air delama sehari semalam.
  • Gunakan hanya biji yang tenggelam dan buang biji yang mengapung pada permukaan air rendaman.

2. Menyemai Biji Bunga Carnation

Setelah memilih biji sebagai bahan benih langkah selanjutnya dalam menanam bunga carnation adalah menyemai biji bunga carnation. Anda bisa menyemainya langsung di wadah pot atau menggunakan nampan / tray yang telah diisi media. Berikut langkah langkah menyemai biji bunga carnation :

  • Siapkan media tanam berupa campuran tanah dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
  • Masukkan media kedalam wadah pot / tray beri sedikit tekanan agar media padat.
  • Sebarkan biji bunga carnation di atas permukaan media.
  • Kemudian tutup dengan tanah gembur.
  • Lakukan penyiraman menggunakan air agar kelembaban media terjaga dan merangsang biji untuk berkecambah.
  • Letakkan pada tempat yang teduh dengan naungan dan tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Setelah 3-4 hari maka kecambah akan mulai muncul beri semprotan insektisida untuk mengindari tanaman muda dirusak oleh serangfa jangkrik. 

3. Pindah Tanam Bibit Carnation Ke Pot / Ke Pekarangan 

Pindah tanam bibit bunga carnation hampir sama dengan cara menanam bunga hydrangea dilakukan pada saat tanaman telah memiliki 3-4 jumlah daun yang telah mekar sempurna. Berikut tahapan cara menanam bunga carnation dari biji:

  • Jika menggunakan pot maka media yang digunakan adalah media tanah dengan campuran pupuk kompos atau pupuk kandang.
  • Gunakan pot yang berukuran sedang dengan diameter 15-20 cm.
  • Isi bagian bawah pot dengan pecahan atau remahan batu bata untuk membantu sirkulasi udara.
  • Baru kemudian tambahankan campuran media tanah dan pukan atau kompos.
  • Pindahkan tanaman dari persemaian kedalam pot.
  • Lakukan penyiraman rutin, untuk memudahkan tanaman beradaptasi letakkan tanaman di lokasi yang tidak terpapar langsung cahaya matahari.
  • Baru setelah tanaman carnation memiliki tinggi 10-13 cm anda dapat memindahkannya keluar ruangan.
  • Jika anda hendak memindahkan ke pekarangan makan jarak pertanaman adalah 25-30 cm.

4. Perawatan Dan Pemeliharaan

Jika bunga carnation yang anda tanam ingin menghasilkan bunga yang indah tentunya anda tidak bisa melewatkan pemeliharaan dan perawatan rutin hal serupa juga dilakukan pada cara menanam adenium . Berikut perawatan dan pemeliharaan yang wajib anda lakukan untuk me janga perrumbungan bunga carnation optimal.

  • Letakkan tanaman di tempat yang teduh. Jangan terpapar cahaya matahari langsung, karena bunga carnation amat rentan terhadap suhu tinggi.
  • Jika kondisi terlalu panas lebih baik masukkan bunga kedalam rumah atau letakkan bunga di teras.
  • Lakukan penyiraman ruti selama 1 kali dalam sehari, paling baik dilakukan pada pagi hari.
  • Jangan biarkan air siraman mengenang, karena akan dapat menimbulkan kebusukan akar dan serangan jamur.
  • Beri pupuk tambahan untuk merangsang warna pada bunga semakin menarik. 

5. Saatnya Carnation Berbunga

Bunga carnation memiliki siklus hidup 18-20 bulan, dan dapat berbunga sepanjang musim selama masa siklus hidupnya. Asal dengan tetap melakukan perawatan dan pemeliharaan rutin. Petik bunga beserta dengan tangkainya. Untuk mempertahankan kesegarannya anda bisa memasukkannya kedalam vas yang berisi air dan dirangkai dengan jenis bunga lainnya seperti cara menanam mawar dengan cangkok dan dahlia.

Tips Menanam Carnation dari Biji Agar Berbunga Indah

Beberapa tips berikut akan membantu anda membuat tanaman carnation dan cara menanam bunga air mata pengantin  anda dapat berbunga indah dan menarik.

  1. Hindarkan tanaman dari panas terik matahari secara langsung.
  2. Jika memungkinkan tanam bunga carnation di dataran tinggi, karena tanaman ini sangat cocok untuk dibudidayakan pada iklim pegunungan.
  3. Lakukan pemeliharaan rutin dengan menyiram secara teratur pada pagi hari. Dan
  4. Berikan puput tambahan agar pertumbuhan tanaman lebih optimal dan bunga yang dihasilkan berwarna lebih menarik.

Itulah 5 cara menanam bunga carnation dari biji agar berbunga indah. Tentunya merawat tanaman berbunga haruslah dilakukan dengan ketelatenan dan ketekunan. Semakin baik anda memperlakukan tanaman maka akan semakin indah pula bunga yang dihasilkan. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat membantu.

Cara menanam bunga carnation dari biji agar berbunga indah tentunya menjadi hal yanh akan dilakukan saat akan mulai membudidayakan atau sekedar menanamnya sebagai penghias pekarangan. Bunga carnation dikenal memiliki bunga dan warna yang indah dan menarik.

,
Oleh :
Kategori : Bunga