Sponsors Link

5 Cara Menanam Bunga Garlic Vine Sebagai Tanaman Pagar

Sponsors Link

Bunga garlic vine atau lebih dikenal sebagai Stepanot ungu. Bunga ini dikenal sebagai jenis bunga rambat yang banyak digunakan sebagai penghias pagar tanaman. Di Indonesia sendiri bunga ini sangat mudah ditemukan.

ads

Karena secara habitat tumbuhnya bunga garlic vine ini sangat cocok jika ditanam di Indonesia. Bunga ini juga menjadi tanaman yang populer dan banyak dipilih sebagai tanaman rambat penghias pekarangan rumah yang cantik simak juga cara menanam bunga panca warna .

Bunga garlic vine (Mansoa alliacea) merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan bagian Utara. Memiliki nama lain wild garlic, false garlic atau forest garlic tanaman ini memiliki ciri khas yakni warna dan bau bunga yang khas. Bunganya berwarna ungu dan memiliki bau seperti bawang. Tentunya bau inilah yang tidak disukai oleh serangga dan ulat. Bunga tanaman ini juga cukup imdah dan sangat mudah di tanam seperti juga cara menanam bunga matahari. Penasaran bukan, berikut 5 cara menanam bunga garlic vine sebagai tanaman pagar.

1. Menyiapkan Bibit Tanaman

Tahap awal penanaman ialah menhiapkan bibit bunga garlic vine. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah melalui toko penjualan bibit bunga yang ada dikota anda sepertu juga cara menanam bunga violet . Atau memesannya melalui toko daring yang menjual bibit bunga. Namun, tentunya bibit yang baik memiliki kriteria seperti di bawah ini :

  • Bibit tanaman memiliki tinggi minimal 10-15 cm.
  • Tanaman memiliki pertumbuhan yang optimal dan tidak memiliki cacat.
  • Tanaman sehat dan tidak terserang hama dan penyakit.
  • Warna daun hijau mengkilap dan daun tumbuh dengan sehat.
  • Tanaman berumur 4-6 bulan setelah pembibitan.
  • Peliharan terlebih dahulu bibit selama 1-2 minggu sebelum ditanam di lahan.

2. Menyiapkan Lahan Tanam

Untuk lahan tanam, anda bisa menanamnya di halaman rumah seperti pada cara menanam venus fly trap dari biji . Sebagai tanaman rambat anda bisa juga menanamnya di pinggir pagar tanaman. Tanaman ini juga berfungsi sebagai penghias pagar tanaman. Karenanya berikut cara menyiapkan lahan tanam bunga garlic vine.

  • Gemburkan tanah di sekitar pagar rumah anda.
  • Lakukan dengan menggunakan cangkul.
  • Kemudian buat lubang tanam sedalam 20×20 cm.
  • Tambahkan pupuk kandang 2-3 kg kedala lubang tanam.
  • Jika akan menanam lebih dari satu tanaman maka buat jarak 3-5 meter, karena tanaman ini dapat merambat 3-5 meter.
  • Diamkan lubang tanam selama satu minggu untuk menetralisir tanah.

3. Menanam Bunga Garlic Vine Di Lahan

Setelah bibit dan lahan tanam siap  maka tahap selanjutnya adalah melakukan penanaman seperti pada cara menanam anggrek dengan sabut . Sebaiknya lakukan penanaman pada pagi ataupun sore hari. Sehingga tanaman dapat langsung beradaptasi dengan lingkungan baru. Berikut cara menanam bunga garlic vine paling mudah .

  • Siram terlebih dahulu lubang tanam dengan air secukupnya.
  • Kemudian buka plastik polibag pembungkus tanaman.
  • Setelahnya, anda dapat menanam tanaman kedalam lubang tanam.
  • Kemudian tutup lubang tanam menggunakan tanah hingga merata.

4. Pemeliharaan dan Perawatan

Setelah di tanam, maka tahapan selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan perawatan dan pemeliharaan seperti pada cara budidaya bunga anyelir . Hal ini harus dilakukan secara intensif agar tanaman dapat tumbuh optimal dan menghasilkan bunga. Berikut tahapan pemeliharaan dan perawatan yang wajib dilakukan.

Sponsors Link

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan setiap dua kali dalam sehari. Terutama pada saat awal masa tanam. Agar tanaman dapat cepat tumbuh dan beradaptasi maka tanaman harus di siram sesering mungkin. Namun, jangan sampai air mengenang karena dapat bernahaya bagi perakaran tanaman. Setelah tanaman berumur 3 bulan setelah tanam, maka penyiraman dapat sesuaikan dengan kondisi tanaman, tanah dan cuaca.

  • Pemupukan

Pemupukan dilakukan saat tanaman berumur 30 hari setelah tanam atau 1 bulan. Pemupukan dilakukan dengan memberikan pupuk anorganik NPK dengan dosis 5 gram pertamanan. Pemberian pupuk dilakukan setiap 30 hari sekali. Selain itu, anda juga bisa memberikan pupuk tambahan berupa pupuk kandam yang di berikan setiap 2 bulan sekali.

  • Penyiangan

Penyiangan dilakukan setiap 1-2 minggu sekali. Untuk membuang gulma yang tumbuh disekitar tanaman anda bisa menggunakan bantuan alat atau mencabutnya. Penyiangan ini dilakukan untuk lebih mengoptimalkan nutrisi yanh diserap tanaman. Sehingga nutrisi yang berasal dari pupuk akan benar-benar di serap tanaman.

  • Pemangkasan Cabang

Pemangkasan cabang sangat berguna untuk pembentukan tanaman. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tanaman ini merupakan tanaman rambat. Cabangnya bisa merambat 3-5 meter. Sehingga pastikan bahwa anda memamgkas cabangnya dengan rutin agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, pemangkasan ini akan berguna untuk membentu agar bentu tanaman dapat sesuai dengan bentuk pagar.

5. Masa Berbunga

Tanaman bunga garlic vine akan mulai berbunga pada saat tanaman berumur 6-8 bulan setelah tanam. Setelahnya tanaman akan terus berbunga sepanjang tahun seperti pada cara menanam bunga forget me not . Tanaman ini juga dapat bertahan selama 2-3 tahun jika perawatan dilakukan seintensif mungkin. Awal kemunculan bunga akan diawali dengan bunga yang mulai menguncup, lalu kemudian mekar secara bersamaan. Dan akan gugur setelah 3-4 minggu mekar.

Sponsors Link

Tips Agar Tanaman Garlic Vine Rajin Berbunga 

Seperti jenis bunga lainnya, semakin rajin berbunga tentu akan semakin indah dan membuat pagar rumah anda semakin enak di pandang seperti juga cara menanam bunga jengger ayam . Karenanya, tentu diperlukan tips untuk membuatnya tetap rajin berbunga dengan melakukan hal-hal seperti di bawah ini:

  • Lakukan pemupukan dengan rutin, untuk mendapatkan hasil terbaik anda bisa menambahkan pupuk daun yang disemprotkan ke tanaman.
  • Lakukan pemangkasan rutin pada cabang, terutama pada saat masa setelah berbunga.
  • Buang cabang tanaman yang mati, rusak dan layu.
  • Sesekali semprot menggunakan fungisida terutama setelah tanaman di pangkas.
  • Lakukan pengairan secara rutin minimal dengan disiram setiap sekali dalam sehari.
  • Disarankan pemberian pupuk dilakukan dengan cara dikocorkan kebagian akar tanaman agar lebih cepat di serap.
  • Lakukan pembumbunan setiap enam bulan sekali untuk menimbun kembali akar tanaman yang muncul.
  • Potong ujung cabang tanaman untuk merangsang pertumbuhan cabang lebih panjang lagi.
  • Buang bunga yang mulai layu dan menguning, untuk merangsang pembungaan selanjutnya.
  • Lakukan pemeliharaan dan perawatan rutin dengan intensif dan kontinyu.

Sebagai tanaman pagar dan sekaligus tanaman rambat, tentunya bunga ini sangat tepat untuk dipilih dan digunakan sebagai penghias pagar. Saat berbunga dengan serempak maka akan tampak keindahannya sehingga akan membuat tampilan halaman depan rumah anda semakin indah. Karenanya, untuk mempertahankan keindahannya tersebut, anda sebaiknya melakukan pemeliharaan dan perawatan intensif.

Itulah tadi 5 cara menanam bunga garlic vine sebagai bunga pagar. Tentunya cara diatas dapat anda gunakan sebagai panduan, jika berminat menggunakan bunga garlic vine sebagai tanaman penghias pagar. Selain di tanam di sekitar pagar rumah, anda juga bisa menggunakannya sebagai penghias pergola rumah. Warna bunganya yang indah akan menimbulkan kesan asri, dan nyaman. Sehingga tentunya akan semakin mempercantik hunian anda. Selamat mencoba, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Bunga