Home » Tanaman » Bunga » Cara Menanam Bunga Zodia di Perkarangan Rumah

Cara Menanam Bunga Zodia di Perkarangan Rumah

by Dian Putri

Bunga zodia terkenal sebagai salah satu tanaman yang berkasiat untuk mengusir nyamuk seperti halnya bunga lavender.

Namun tentu saja dari bentuk tanaman serta jenis, keduanya sangat berbeda, bunga zodia mempunyai daun pipih memanjang dan warnanya hijau kekuningan hingga hijau tua pekat. Daun-daun inilah yang kerap mengeluarkan bebauan yang tidak disenangi oleh nyamuk ketika sedang bergesekan tertiup angin.

Kandungan dari bunga yang berasal dari Papua ini adalah linalool 46 % serta alphapinene sebanyak 13,26 %, maka tidak mengherankan jika bunga zodia mampu mengusir nyamuk dengan tingkatan mencapai 70% dalam 6 jam. Dengan kemampuan istimewa dari bunga ini, tentu membuat banyak orang tertarik menanamnya. Lagi pula cara menanam bunga zodia sangatlah mudah, meskipun teknik yang dikerjakan tidak sama dengan cara menanam hidroponik anggrek, namun Anda tetap dapat mempraktekkan sendiri di rumah melalui langkah-langkah yang telah kami rangkumkan berikut ini.

Cara Menanam Bunga Zodia

Bunga ini sangat lazim ditanam dalam pot-pot baik yang berukuran sedang maupun ukuran besar. Sebelum memulai menanam bunga zodia, baiknya kita persiapkan dahulu segala alat dan bahan yang dibutuhkan.

Alat dan bahan:

  • Bibit bunga zodia
  • Pot
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Pecahan genteng
  • Air

Cara menanam:

  1. Pertama-tama sediakanlah bibit bunga zodia yang berukuran tinggi 10 – 15 cm. Bibit bunga zodia ini sangat mudah ditemukan di toko-toko pertanian dengan harga yang relatif terjangkau yaitu Rp. 7000,00 per bibitnya. Namun jika ada tetangga yang sudah mempunyai tanaman indukan, Anda dapat meminta bibitnya dengan mencongkel tanaman anakannya hingga mencapai akar.
  2. Siapkan media tanam berupa tanah. Perlu digarisbawahi, bahwa jenis tanah yang ibutuhkan adalah tanah yang kaya akan unsur hara. Tanah ini dapat kita hasilkan sendiri dengan mencampurkan tanah tersebut dengan pupuk kandang menggunakan perbandingan 2 : 1. Aduk hingga tercampur rata dan diamkan hingga sehari agar unsur hara benar-benar terserap oleh tanah tersebut.
  3. Jika bibit dan media tanam telah siap digunakan, maka kini saatnya kita mulai proses penanaman. Isilah pot dengan pecahan genteng sebagai alas media tanam, baru kemudian isi dengan tanah hingga mencapai 1/3 dari volume pot.
  4. Masukkan bibit bunga zodia, tambahkan tanah hingga permukaan pot. Tekan-tekan untuk memadatkan tanah tersebut
  5. Berikan sedikit air agar tanaman tetap terjaga kelembapannya.
  6. Letakkan bibit bunga zodia ini di area yang cukup terkena pancaran sinar matahari agar bunga tersebut bertumbuh dengan optimal. Usahakan pula tempat tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik pula.

Bunga zodia yang sudah berusia dewasa dapat pula dikembangbiakkan secara vegetatif melalui stek batang. Hal ini dtunjang dengna struktur batangnya yang berkayu dan keras, cara menanam dengan metode ini dapat dipelajari dengan melihat artikel cara menanam kenikir dengan stek.

Jika ditanam dengan benar serta dirawat dengan baik, maka bunga yang berasal dari suku Rutaceae ini mampu tumbuh hingga mencapai 2 meter. Lalu bagaimana cara yang benar dalam merawat bunga zodia ini? Samakah dengan cara merawat tanaman buah jambu kristal. Simak jawabannya pada penuturan di bawah ini.

Cara Merawat Bunga Zodia

Inilah cara merawat bunga bernama latin Evodia suaveolens ini, tidak terlalu rumit sebenarnya jika dibandingkan dengan cara merawat bunga mawar potong yang sudah layu.

  • Penyiraman

Air merupakan kebutuhan dasar bagi semua makhluk hidup, tidak terkecuali tumbuhan. Demikian pula bunga zodia ini sangat membutuhkan asupan air yang cukup demi menunjang pertumbuhannya. Lakukan penyiraman secara teratur setidaknya sekali dalam sehari, atau intensitas penyiraman dapat Anda tingkatkan seiring dengan kebutuhan tanaman atau faktor cuaca panas ekstrim. Tentu saja hal ini tidak sama dengan cara merawat tanaman kaktus yang justeru menghindari banyak penyiraman.

Bunga zodia yan telah berusia lebih dari 6 bulan atau telah dewasa membutuhkan penyiraman yang lebih banyak, tentu saja, mengingat pertumbuhan dari tanaman ini yang semakin besar dan subur. Air sangat dibutuhkan untuk menunjang sistem transportasi yang ada pada tubuh tanaman ini.

  • Penempatan 

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, bahwa bunga zodia sangat gemar akan sinar matahari. Maka tempatkanlah bunga ini pada area yang cukup mendapatkan pancaran sinar matahari secara langsung. Hal ini mengingatkan kita pada Teknik Menanam Rumput Crow Grass yang juga butuh limpahan cahaya matahari untuk dapat tumbuh optimal.

  • Pemupukan

Pemupukan adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan jika menghendaki bunga zodia kita tumbuh subur. Banyak pupuk yang beredar di toko pertanian yang dapat kita beli denagn berbagai macam harga serta kualitas. Namun apa salahnya mencoba membuat pupuk sendiri dengan memanfaatkan sampah dapur kita. Temukan cara pembuatannya yang sederhana serta mudah untuk dipraktekkan pada cara membuat pupuk cair dari limbah rumah rumah tangga.

  • Pindahkan ke tempat yang lebih besar

Jika bunga zodia yang Anda tanam sudah semakin besar dan berkembang, maka itulah saatnya bagi Anda untuk memindahkannya ke tempat yang lebih besar.

Dengan demikian nutrisi yang didapat oleh bunga zodia berbanding lurus dengan kebutuhan tanaman tersebut. Jika Anda punya lahan yang cukup luas, coba saja untuk menanam bunga zodia secara langsung di atas permukaan tanah.

  • Hindarkan dari serangan hama

Untuk menghindarkan bunga zodia dari serangan hama, kita tidak perlu repot-repot membeli pestisida kimia. Selain karena memerlukan ekstra pengeluaran, pestisida kimia terbukti tidak aman bagi lingkungan. Kita bisa mengandalkan cara-cara alami seperti pada cara mengatasi hama tanaman dengan pestisida alamiPenting pula bagi kita untuk sesering mungkin membersihkan pot atau area tanam, karena semakin banyak gulma yang hadir, maka semakin besar kemungkinan hadirnya hama serta penyakit yang dapat merusak tanaman.

Perlu diketahui, gulma adalah tempat terbaik bagi hama dan penyakit untuk berkembangbiak.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai cara menanam bunga zodia dan juga tips perawatannya. Selain berguna untuk mengusir nyamuk dan beberapa jenis serangga lainnya, bunga zodia juga mempunyai kandungan yang ampuh dalam melawan sel kanker. Jadi jangan tunda lagi untuk menanam bunga dengan beragam manfaat ini.

You may also like