Sponsors Link

Cara Menanam dan Merawat Melati Air di Pot Agar Selalu Mekar

Melati air, sesuai dengan namanya, merupakan tanaman yang ditanam dan hidup di habitat air. Tanaman dengan nama latin Echinodorus palaefolius ini memiliki bunga yang berwarna putih dan kecil seperti bunga melati. Namun, rupanya bunga ini bukan termasuk ke dalam keluarga melati.

Tanaman ini termasuk ke dalam keluarga Alismataceae, yaitu tanaman air yang memiliki bunga. Meskipun begitu, di Indonesia tanaman ini disebut dengan nama melati air karena bentuk dan warna bunganya mirip dengan bunga melati.

Memang cara merawat bunga melati agar cepat berbunga bisa diikuti. Begitu pula dengan cara merawat bunga melati mini dalam pot agar cepat berbunga.

Tanaman air ini memang memiliki bentuk yang indah dan akan jadi tanaman hias air yang mengagumkan. Selain itu, tanaman ini juga rajin berbunga dan tak kenal musim. Meskipun begitu, tanaman melati air memiliki daun yang cukup gampang untuk stres.

Simak uraian berikut mengenai cara menanam dan cara merawat melati air.

Cara Menanam Melati Air

Berikut adalah panduan lengkap mengenai cara menanam tanaman melati air yang bisa Anda ikuti. Mungkin langkah ini akan berbeda dengan cara menanam melati Jepang:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Anda akan membutuhkan pot tanam yang bagian bawahnya tidak berlubang, media tanam, dan rumpun melati air.
  • Tanah yang digunakan untuk menanam melati air bisa menggunakan tanah halus, namun akan lebih baik lagi jika menggunakan media tanah lumpur. Masukkan media tanah ini ke dalam pot hingga sepertiganya, lalu ditambahkan pupuk kandang atau bisa diganti dengan pupuk kompos di atas media tanah yang telah dimasukkan
  • Setelah media tanam siap, masukkan rumpun melati air ke dalam media tanam tersebut. Pastikan rumpun ini tertimbun oleh tanah, lalu padatkan media tanah tersebut
  • Setelah selesai, siram tanah dengan air agar tanaman melati air dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat
  • Letakkan pot tanaman di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini dilakukan untuk menghindari daun tanaman yang bisa stres atau mengering jika terkena sinar matahari secara langsung
  • Tanaman melati air menyukai media tanam dengan jumlah air yang banyak. Anda juga bisa menanam tanaman ini di media air. Caranya yaitu dengan membuat lubang tanam lalu masukkan akar melati air. Posisi akar ini diusahakan agar bisa menyebar ke seluruh area kolam
  • Setelah akar melati dimasukkan ke lubang, isi kolam dengan air sampai dengan setengah dari tinggi tanaman. Namun jangan biarkan bagian atas atau daun tanaman tenggelam dalam air karena bisa membusuk. Cara membuat tanaman darat menjadi tanaman air bisa dicek.  

Cara Merawat Melati Air

Berikut adalah panduan lengkap mengenai cara merawat tanaman melati air agar bisa tumbuh dengan baik dan sehat yang bisa Anda ikuti, akan berbeda dengan cara merawat tanaman bambu air.

Cara perawatan ini harus Anda perhatikan karena seperti telah disebutkan sebelumnya, tanaman ini bisa berbunga dengan baik namun daunnya mudah stres:

  • Pastikan tanaman mendapatkan pengairan yang cukup, namun jangan sampai bagian atas tanaman atau daunnya tergenang air
  • Tempatkan tanaman di lokasi yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung
  • Lakukan pemupukan sebanyak satu bulan sekali

Demikian penjelasan mengenai cara menanam dan merawat melati air. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan pembaca.

, ,
Oleh :
Kategori : Bunga