Sponsors Link

8 Cara Menanam Melati Jepang di Pot Paling Mudah

Sponsors Link

Melati jepang merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak diminati dan dibudidayakan. Bunga melati pada umumnya memiliki wangi dan bentuk yang indah seperti juga cara menanam bunga gelombang cinta dalam pot . Namun, melati jepang juga tidak jauh berbeda dengan melati pada umumnya. Tanaman ini banyak tumbuh dan berasal dari negara jepang Karenanya maka dinamai melati jepang. Bunga ini dinilai lebih elegant dan indah di bandingkan jenis melati biasa.

ads

Secara anatomi baik bentuk batang dan ukuran  daun tidaklah jauh berbeda. Daun berhadap hadapan dan berselang seling memberikan keunukan tersendiri. Bunga tumbuh disepanjang tangkai dengan bentuk mengerucut. Tanda bunga berwarna hijau dengan bentuk bergerigi menyerupai gigi.

Pada dasarnya bunga melati jepang dapat tumbuh dimanapun seperti juga cara menanam bunga desember . Baik dataran tinggi ataupun rendah bunga ini dapat tumbuh dengan baik. Bunga ini juga tidak memerlukan perawatan khusus. Yang paling harus di perhatikan dalam menanam bunga ini adalah kondisi tanah.

Jangan sampai ada air yang menggenang dalam media. Sangat di rekomendasikan untuk di tanam di dalam pot. Karena pemeliharaan dan perawatannya relatif lebih mudah. Dengan keindahannya ini kamboja jepang telah berhasil memikat banyak para pecinta tanaman hias. Tentu saja hal ini membuat tanaman ini memiliki harga yang relatif mahal.

Namun, untuk tetap bisa menambahkannya sebagai salah satu koleksi tanaman hias di rumah anda. Tentu saja anda bisa menanamnya sendiri. Sehingga anda tidak perlu terlalu dalam merogoh kocek. Sebagai panduan anda, berikut 8 cara menanam melati jepang didalam pot paling mudah. Simak selengkapnya.

1. Memilih Bibit Yang Baik 

Dalam sebuah budidaya, terutama tanaman hias. Saat akan menanam maka harus diperhatikan kualitas bibit yang akan ditanam. Kualitas bibit akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman seperti juga cara menanam bunga camelia . Serta tentunya  bibit akan sangat menentukan kualitas bunga yang dihasikan.

Berikut cara memilih bibit bunga melati jepang dengan kualitas baik.

  • Bibit bunga ini berasal dari perbanyakan secara stek.
  • Anda bisa memperolehnya di tempat penjualan binit tanaman hias.
  • Biasanya mereka menyediakan bibit yang telah tumbuh di dalam polibag
  • Belilah beberapa polibag bibit yang sehat, tidak terserang hama dan penyakit.
  • Bibit memiliki daun yang berwarna hijau cerah.
  • Tinggi bibit kira kira 10-15 cm.
  • Pastikan bahwa semua bagian tanaman tumbuh dengan normal.
  • Sebelum ditanam sebaiknya bibit didiamkan untuk beradapatasi dengan lingkungan yang baru.
  • Letakkan bibit di lokasi yang teduh.
  • Lakukan penyiraman dan pemeliharaan rutin sampai dengan bibit benar benar siap ditanam. Simak lebih lanjut cara menanam melati jepang.

2. Menyiapkan Media Tanam

Tahap selanjutnya dalam menanam bunga melati jepang tentu adalah menyiapkan media tanam seperti juga cara menanam kamboja jepang . Seperti yang telah direkomendasikan untuk bisa menanam bunga ini disarankan ditanam pada pot.

Berikut tahapan lengkapnya.

  • Media tanam terdiri dari tanah, kompos dan pasir.
  • Campurkan media secara merata dengan perbandingan 1:1:1.
  • Lalu kemudian masukkan media kedalam pot yang telah disiapkan.
  • Terlebih dahulu cuci bersih pot yang akan digunakan.
  • Penuhi pot dengan media tanam dan padatkan.
  • Lalu siram media menggunakan air secukupnya.
  • Jika media menyusut maka tambahkan media kembali hingga media dalam pot penuh.
  • Diamkan media tanam dalam pot selama 3-4 hari.
  • Lalu setelahnya baru anda dapat melakukan penanaman.

3. Menanam Melati Dalam Pot

Setelah media tanam siap, maka tahap selanjutnya adalah melakukan penanaman bibit kedalam pot sperti juga cara menanam bunga jam sembilan . Penanaman ini merupakan tahapan krusial dalam budidaya. Keberhasilan pindah tanam akan menentukam kelanjutan siklus hidup tanaman yang dibudidayakan.

Berikut cara menanam bunga melati jepang yang akan diuraikan sebagai berikut :

  • Pilih bibit yang sehat dan menunjukkan pertumbuhan yang baik.
  • Buat lubang tanam didalam pot dengan tinggi seukuran polibag bibit.
  • Lebih baik tanam bibit beserta dengan plastik polibagnya.
  • Cara ini merupakan cara yang paling tepat karena tidak akan merusak akar tanaman.
  • Saat tanaman tumbuh membesar maka plastik tersebut akan terlepas dan hancur dengan sendirinya.
  • Atau anda juga bisa membuang plastik polibagnya dan tetap menyisakan tanah pada polibag.
  • Jika anda memilih cara ini lakukan dengan hati hati agar tidak merusak perakaran.
  • Setelah itu kemudian masukkan bibit kedalam pot.
  • Tanam bibit dengan hati hati dan padatkan tanah disekitar daerah perakaran. 

4. Penyiraman

Penyiraman dilakukan setiap hari, dengan intensitas 2 kali dalam sehari. Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Namun jangan sampai anda membiarkan air tergenang disekitar akan tanaman. Hal itu dapat menyebabkan akar tanaman mengalami kebusukan. Disaarankan saat musim penghujan anda tidak perlu terlalu sering menyiramnya seperti juga cara menanam bunga casablanca.

Sebaliknya pada musim kemarau lakukan penyiraman dengan intensitas yang disarankan. Jangan menyiram tanaman pada siang hari karena akan menyebabkan proses fotosintesis menjadi terganggu.

5. Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan cara memberikan pupuk NPK slow release pada tajuk akar tanaman. Pemupukan dilakukan setiap 3 minggu sekali seperti juga yang dilakukan pada cara menanam chrysanthemum.

Anda juga bisa memberikan tambahan pupuk organik berupa pupuk kandang yang ditambahkan kedalam media tanam.

Penambahan ini perlu dilakukan karena volume media akan semakin berkurang akibat penyiraman yang dilakukan terus menerus. Untuk itu diperlukam tambahan media tanam agar pertumbuhan tanaman dapat berjalan optimal.

6. Pemangkasan

Tanaman bunga melati jepang memiliki pertumbuhan  cabang yang relatif cepat. Sehingga untuk mengadalikannya, anda harus melalukan pemangkasan secara rutin seperti pada cara menanam bunga dianthus .

Pemangkasan juga bertujuan untuk mempertahankam cabang mana yang mampu menghasilkan bunga.

Selain itu juga, pamangkasan akan membuat tanaman lebih cepat menghasilkan bunga. Untuk itu setiap 2 minggu sekali anda harus rutin melakukan pemangkasan agar pertumbujan cabang terkendali.

7. Peletakan Pot Tanaman

Bunga melati jepang samgat menyukai cahaya matahari langsung sama seperti cara menanam bunga carnation dari biji . Sehingga untuk bisa menunjang pertumbuhan dan perkembangannya anda harus meletakkannya di luar ruangan. Dengan begitu maka tanaman dapat melakukan forosintesis secara optimal. 


8. Melati Jepang Anda Akan Mulai Berbunga

Setelah tanaman mencapai pertumbuhan yang maksimal maka pada umur 5-6 bulam setelah tanam. Bunga melati jepang akan mulai mengeluarkan bunga pertama seperti juga cara menanam bunga sakura di Indonesia.

Meskipun jumlah bunga pertama tidaklah selalu banyak. Namun, hal ini tentunya menjadi indikator bahwa anda telah berhasil dalam menanam bunga melati jepang.

Lakukan pemeliharaan rutin seperti yang telah dianjurkan. Agar tanaman anda dapat menghasilkan bunga sepanjang waktu.

8 cara menanam melati jepang didalam pot paling mudah. Akan menjadi panduan bagi anda selaku pemula yang belum pernah menanam bunga ini. Untuk mendapatkan bunga yang indah tentu anda harus memperhatikan setiap step pemeliharaannya.

Karena pada dasarnya menanam bunga melati jepang tidaklah sulit. Sehingga anda sebagai pemula tidak akan banyak menemui kesulitan jika benar benar melakukan langkah langkah seperti di atas. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat membantu.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Bunga