Sponsors Link

6 Cara Menanam Mawar Hitam dari Biji Paling Mudah

Menanam mawar hitam dari biji bisa menjadi sebuah kegiatan yang menantang. Memperbanyak mawar melalui metode penanaman dari biji memiliki kesulitan yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa bunga mawar dapat menghasilkan biji yang digunakan sebagai salah satu bahan perbanyakan seperti juga cara menanam melati jepang . Jumlah biji yang dihasilkan juga relatif banyak.

Namun tentunya hal ini tetap menjadi sedikit sulit karena seringkali beberapa biji mengalami masa dorman yang lama. Sehingga membuat biji sulit berkecambah meskipun kita telah melakukan berbagai perlakuan untuk membuatnya bisa berkecambah.

Mawar merupakan jenis bunga yang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Bentuk kelopak, warna bunga yang mencolok menjadi keunikan sendiri yang membuatnya memperoleh julukan sebagai “Mother Of Flower“.

Setiap warna mampu mengambarkan ekspresi yang terkandung. Salah satu trend terbaru yang sedang terjadi saat inu adalah menggunakan bunga mawar hitam sebagai ungkapan duka atau belasungkawa. Warna hitam memang identik dengan suasana kesedihan sehingga menggunakan mawar hitam merupakan hal yang dinilai sangat cocok.

 

Selain itu, mawar hitam memiliki sisi keindahan san keunikan dari warna yang dihasilkan. Meskipun memiliki kesan gotik namun, menanam mawar hitam di rumah seperti cara menanam bunga gelombang cinta didalam pot  bisa menjadi salah satu cara untuk semakin mempercantik tampilan rumah. Jika anda tertarik untuk bisa menanam bunga ini di rumah, maka sebaiknya simak 6 cara menanam mawar hitam dari biji paling mudah dan pasti berhasil.

1. Memilih Benih Dari Biji Mawar Hitam yang Berkualitas

Untuk mendapatkan benih mawar hitam dari biji dengan mudah anda bisa membelinya di toko yang menjual benih tanaman hias. Anda akan dengan mudah bisa menemukan toko bunga yang menjual benih bunga mawar hitam seperti cara menanam bunga desember .

Tentunya ada beberapa hal yang wajib menjadi perhatian anda, antara lain sebagai berikut :

  • Dapatkan informasi lengkap mengenai bibit mawar hitam yang dibeli.
  • Pastikan bahwa benih biji yang dibeli merupakan benih yang sudah distratifikasi.
  • Jika belum distratifikasi sebaiknya pilih yang sudah distratifikasi. Sebab benih biji yang belum distratifikasi belum dapat langsung ditaman pada media.
  • Pada benih yang sudah distratifikasi akan terdapat label “sudah distratifikasi” atau dalam bahas inggris “They are alredy stratified“.

2. Perlakuan Pada Biji Sebelum Disemai

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa biji bunga mawar pada umumnya merupakan jenis biji yang sulit berkecambah dan juga membutuhkan waktu lama untuk bisa berkecambah. Hal ini juga berlaku pada biji mawar hitam seperti juga cara menanam bunga camelia .

Tentunya untuk itu dibutuhkan perlakuan agar mempercepat proses perkecambahan tersebut. Untuk itu,  simak uraiannya dibawah ini :

  • Rendam Biji Dalam Larutan Hidrogen Peroksida

Dengan merendam biji dalam larutan Hidrogen Peroksida dapat mengurangi pertumbuhan jamur. Campurkan 7ml Hidrogen Peroksida 3% kedalam 240 ml air. Aduk rata dan masukan larutan dalam cangkir. Kemudian rendam biji ke dalam larutan selama kurang lebih 1 jam. 

  • Letakkan Biji Pada Bahan Yang Lembab

Mempercepat perkecambahan biji bunga mawar hitam dengan lingkungan yang lembab, dingin dan basah seperti saat musim dingin. Namun, jika anda telah mendapatkan benih yang telah diatsratifikasi ada dapat melewati langkah ini,dan langsung melaksanakan penanaman.

  • Simpan Biji Didalam Lemari Es Selama Beberapa Minggu

Masukkan biji dan bahan lembab kedalam plastik atau baki semai. Kemudian simpan di tempat yang dingin seperti kulkas. Letakkan kedalam laci sayuran yang kosong. Dan jangan dicampur dengan laci penyimpanan sayuran dan buah.

  • Pertahankan Media Semai Agar Tetap Lembab 

Lakukan pemeriksaan rutin setiap 1-2 kali dalam seminggu. Untuk mengamati apakah ada biji yang telah berkecambah. Berikan beberapa tetes air kebagian tisu yang mengering. Biji mawar hitam akan mulai berkecambah 4-16 minggu tergantung varietas yang ditanam. Dalam beberapa kasus 70% biji sama sekali tidak mengalami perkecambahan. 

3. Menyemai Biji Bunga Mawar

Jika anda yakin bahwa biji yang anda peroleh telah distratifikasi, maka anda dapat melewatkan langkah nomor 2 dan langsung dapat melakukan menyemaian biji seperti cara menanam kamboja jepang dengan cara sebagai berikut:

  • Isi wadah semai dengan media tanam yang steril, anda dapat mengunakan arang sekam dan tidak dianjurkan untuk menggunakan media tanah.
  • Pastikan biji yang di tanam telah mengeluarkan kecambah.
  • Lubangi wadah semai menggunakan jari telunjuk.
  • Tanam biji dengan bagian kecambah mengarah kebawah, bagian kecambah inilah yang nantinya akan membentuk akar.
  • Tutup lembut dengan media di kedalaman 6mm.
  • Beri jarak 5cm antar setiap biji yang ditanam.
  • Tanam biji dengan suhu hangat, lembab tetapi tidak basah.
  • Pertahankan suhu ideal 16-21 derajat celcius.
  • Setelah tanaman tumbuh ketakkan pada lokasi yang terkena sinar matahari. Tanaman bunga mawar hitam dapat tumbuh dengan baik dengan 6 jam penyinaran setiap hari.
  • Tanaman yang tumbuh akan ditunjukkan dengan munculnya 2 lembar daun yang disebut dengan kotiledon.
  • Setelah kurang lebih 1 bulan maka akan tumbuh daun sejati yang merupakan bentuk daun mawar hitam pada umumnya.
  • Pada saat ini, tanaman diniai cukup siap untuk diindahkan ke pot tanam.

4. Transpalanting Tanaman Kedalam Pot

Saat tanaman siap untuk dipindahkankan ke pot. Langkah awal yang harus dilakukan menyiapkan media dan pot tanam seperti cara menanam bunga jam sembilan . Untuk lebih memudahkan ikuti langkah berikut :

  • Pada fase ini anda bisa menggunakan media tanam berupa tanah.
  • Namun, pastikan memilih tanah yang halus dan gembur.
  • Buat lubang tanam sedalam bagian perakaran tanaman mawar hitam.
  • Lakukan pindah tanam pada saat cuaca redup, dingin atau di sore hari.
  • Kemudian tanam kedalam media tanam dalam pot yang telah disiapkan.
  • Tinggi permukaan media diasesuaikan dengan tinggi media sebelumnya. Jangan menutup bagian batang yang sebelumnya ada di permukaan media.
  • Setelah itu anda bisa melakukan penyiraman pada media tanam.

5. Pemeliharaan Tanaman Bunga Mawar

Pemeliharaan tanaman bunga mawar hitam pada umumnya sama seperti pada tanaman hias lainnya seperti cara menanam bunga casabkanca.

Yaitu melakukan penyiraman secara rutin serta pemberian pupuk tambahan NPK slow release yang diberikan pada tajuk tanaman. Sesekali anda juga dapat menggemburkan permukaan pada media tanam.

Agar akar tanaman lebih mudah dalam menyerap air dan hara.

6. Bunga Mawar Hitam Siap Berbunga

Tanaman bunga mawar hitam akan mulai berbunga pertama minimal 1 tahun setelah tanam. Dan tanaman dapat bertahan hidup hingga usia 3 tahun bahkan lebih. Selama kurun waktu setelah bunga pertama muncul. Tanaman mawar hitam akan bisa menghasilkam bunga dengan rajin saat perawatan dan pemeiharaan dilakukan dengan rutin seperti juga cara menanam bunga chrysanthemum .

 6 cara menanam mawar hitam dari biji paling mudah dan pasti berhasil, menjadi panduan untuk biasa menanam tanaman ini sendiri. Meskipun kemampuan dalam budidaya tanaman hias anda masih relatif kurang. Namun, jika anda memperhatikan petunjuk di atas secara seksama. Maka dipastikan anda akan berhasil dalam menanam bunga mawar hitam. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat membantu. 

, , ,
Oleh :
Kategori : Bunga