Sponsors Link

3 Cara Menanam Durian Bawor dengan Mudah

Sponsors Link

Ada berbagai macam jenis buah yang bisa anda jumpai di swalayan hingga pasar tradisional. Salah satu jenis buah yang hingga saat ini memiliki penggemar paling banyak yaitu buah durian. Berbeda dengan jenis buah lainnya, buah durian memiliki kulit keras yang berduri, inilah yang membuat anda harus menggunakan alat seperti pisau untuk memakan buahnya.

ads

Untuk durian sendiri ada berbagai jenisnya, ada durian merah, durian monthong hingga satu jenis buah durian yang saat ini menjadi bahan perbincangan banyak orang yaitu durian bawor.

Durian bawor berbeda dengan durian pada umumnya jika durian memiliki pohon yang tinggi dan besar berbeda jika anda melihat Cara Menanam Karet Kebo,  durian bawor merupakan jenis durian berpohon pendek dan berbuah banyak. Durian bawor sendiri merupakan salah satu jenis durian yang memiliki kualitas baik dan merupakan jenis durian unggulan. Durian bawor sendiri merupakan hibrida, yaitu perpaduan antara durian kuning dan durian montong. Untuk batang atas pohon durian merupakan jenis durian montong orange yang memiliki rasa manis legit dengan sedikit rasa pahit.

Untuk daging buah durian bawor hampir mirip dengan durian montong yang tebal bertekstur lembut dengan warna kuning atau orange. Adapun keunggulan dari durian bawor disbanding dengan durian lainnya selain dari rasa durian yang lezat dan pohon buahnya yang cenderung pendek. Pohon durian bawor mudah dan cepat sekali tumbu, ukuran buah durian bawor sangat besar dapat mencapai sekitar 12 kg. Pohonnya juga sangat kokoh walaupun ada banyak sekali buah durian di pohonnya, ini karena akar pohon durian yang sangat banyak.

Selain itu jika anda menanam durian bawor, anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan karena pohon durian bawor sangat tahan terhadap berbagai macam cuaca. Pohon juga lebih tahan dengan cuaca panas yang kering sehingga anda tidak perlu khawatir akan kondisi cuaca. Dan dengan ini pula menanam durian bawor sangat mudah dan murah, bagi anda yang berminat untuk menanam durian bawor yang berbeda dengan Cara Menanam Cabe Dengan Media Pampers Bekas , berikut kami sampaikan cara menanam durian bawor yang praktis dan mudah.

Cara Menanam Durian Bawor

  1. Bibit Durian Bawor

Langkah pertama yang harus anda perhatikan dalam cara menanam durian bawor yaitu memilih bibit yang berkualitas dan layak tanam. Untuk mendapatkan bibi durian bawor ada dua cara sebenarnya dan berikut penjelasannya :

  • Untuk durian bawor karena pohon merupakan jenis hibrida maka anda akan lebih mudah jika anda mendapatkan bibitnya dari toko ataupun petani durian bawor.
  • Bibit durian bawor di pasaran biasanya sudah berbentuk stek dan siap tanam, sehingga sangat praktis dan anda juga tidak perlu bersusah payah menyiapkan bibitnya.
  • Namun bila anda ingin menanamnya dari biji juga bisa berbeda dengan Cara Menanam Bunga Panca Warna, namun sedikit agak sulit karena hanya beberapa biji saja yang dapat bertunas.
  • Anda bisa mendapatkan biji durian bawor secara langsung dari buahnya, pilihlah biji berukuran lebih besar dari biji lainnya dan tidak terlalu kempes.
  • Lalu sediakan wadah seperti baskom ataupun gelas plastik yang berisi air dan letakkanlah biji durian yang telah siap ke dalam gelas atau baskom yang telah diisi air.
  • Perhatikanlah banyaknya air dalam wadah, biji durian yang direndam harus benar benar terendam sepenuhnya, jika airnya kurang maka proses pembenihan akan gagal. Anda bisa menambahkan air hingga penuh ke dalam wadah tersebut.
  • Pastikanlah biji durian tidak mengapung, apabila biji durian terlihat terapung maka buanglah. Biji durian mengapung tandanya biji tersebut merupakan biji yang tidak layak tanam, rendamlah biji durian hingga akar dan tunasnya muncul.
  1. Media Tanam Durian Bawor

Untuk menanam durian bawor, anda perlu sebuah lahan tanam yang luas seperti pekarangan rumah anda.

Sponsors Link

Walaupun durian bawor memiliki pohon pendek, pohon durian bawor memiliki daun yang rindang dengan banyak cabang yang menompang buahnya sehingga tidak disaranka untuk menanamnya di pot.

Selain ukuran pohon yang cenderung berdaun dan berbuah lebat, pohon durian bawor juga memikiki akar yang dapat menjalar. Jadi pemilihan lokasi lahan yang baik sebaiknya tidak terlalu dekat dengan rumah, karena akarnya dapat merusak podasi rumah nantinya. Setelah anda mendapatkan lokasi yang tepat, berikut merupakan langkah tepat menyiapkan media tanam dalam cara menanam durian bawor :

  • Gemburkan tanah lahan tanam terlebih dahulu menggunakan sekop ataupun cangkul, disarankn menggunakan cangkul. Setelah tanah gembur anda bisa mencampurkan pupuk dan sekam pada tanah lahan tanam dengan perbandingan 2:1.
  • Sebaiknya pupuk yang anda gunakan adalah pupuk organik seperti pupuk kompos atau pupuk kandang, penggunaan pupuk organik tidak akan menyebabkan perubahan tekstur ataupun kandungan tanah.
  • Anda juga harus memperhatikan kelembaban tanah terlebih dahulu, jika dirasa tanah terlalu kering maka siramlah terlebih dahulu hingga dirasa tanah cukup lembab.
  • Mulailah mempersiapkan lahan selama 2 minggu sebelum anda siap untuk menanam dan lakukanlah penyiraman secara rutin yaitu sebanyak 2 kali sehari serta pemupukan lahan setiap seminggu sekali.
  • Sebelumnya periksa kembali lahan tanam yang sudah anda siapkan, tanahnya harus sudah subur dan terpupuki dengan baik. Pastikan juga tidak ada rumput ataupun gulma yang tumbuh di sekitar lahan tanam. Jika masih ada, maka anda harus membersihkannya terlebih dahulu.
  • Adanya gulma seperti rumput dapat menganggu proses pertumbuhan serta penyerapan nutrisi tumbuhan nantinya. Setelah lahan tanam benar- benar siap selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Buatlah lubang tanam pada tanah menggunakan sekop kecil.
  • Ukurlah lubang tanam dengan tepat sebesar dan seluas ukuran akar pada bibit yang mulai tumbuh kira- kira sedalam 10 hingga 20 cm. Untuk menanam durian bawor berbeda dengan Cara Menanam Cangkokan Anggur, anda tidak boleh menanam batangnya karena dapat memicu adanya busuk akar.
    Sponsors Link

  • Setelah itu timbunlah dengan tanah campuran pupuk dan tutupi dengan sekam yang sudah dicampur pupuk kandang ataupun kompos sebelumnya. Padatkan tanahnya agar durian bawor dapat tumbuh dengan baik. Setelah proses tanam selesai, siramlah tanah dengan air hingga lembab.
  1. Perawatan dan Panen Durian Bawor

Adapun cara merawat tanaman durian bawor yang sudah anda tanam dalam cara menanam durian bawor. Karena pohon durian bawor mampu bertahan dalam cuaca dan kondisi apapun, perawatannya lebih mudah dan hemat. Berikut penjelasannya :

  • Perhatikan selalu tanah pada media tanam pohon durian bawor, anda hanya bisa menyiramnya jika tanah sudah mengering.
  • Untuk menyiram usahakan secukupnya dan secara rutin, jika anda menyiram jangan sampai air menggenang pada tanah karena ini akan memicu terjadinya busuk akar.
  • Lakukan pemupukan lanjutan setiap 2 hingga 3 minggu sekali secara rutin berbeda dengan Cara Menanam Edamame, ini akan membantu pohon durian jadi lebih ternutrisi.
  • Lakukan penyiangan dan pemangkasan untuk menjaga kebersihan pohon durian agar tidak mudah terkena hama dan virus.
  • Lakukan perawatan hingga durian siap panen, biasanya durian bawor memiliki masa panen yang lebih cepat setelah berbunga. Biasanya sekitar 2 hingga 4 bulan, untuk memanennya anda tidak memerlukan tangga atauoun tali raffia untuk mengikat buah durian.
  • Anda bisa memanennya secara langsung dengan memetiknya menggunakan pisau.

Itulah cara menanam durian bawor dengan mudah dan sederhana. Aplikasikanlah dengan benar untuk mendapatkan hasil panen durian yang berkualitas dengan rasa yang lezat serta melimpah. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan