Sponsors Link

Cara Menanam Glodokan Tiang dan Perawatannya

Sponsors Link

Tanaman glodokan tiang merupakan tanaman yang cukup populer dan banyak dikembangkan di Indonesia. Nama ilmiah dari tanaman ini yaitu Polyalthia longifolia.

ads

Tanaman ini disebut juga dengan pohon evergreen karena bisa tumbuh dengan baik dengan kondisi alam dan cuaca apapun. Pohon ini juga dapat menghalau polusi suara. Tanaman ini disebut sebagai tanaman glodokan tiang di Indonesia karena batangnya yang sangat tinggi. Tinggi tanaman ini bahkan mampu mencapai 10 hingga 15 meter.

Polyalthia dalam bahasa Yunani diartikan sebagai “banyak menyembuhkan”. Tanaman ini memang telah lama dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Beberapa diantara khasiat tanaman glodokan tiang yaitu dapat menghambat polusi, menghambat pertumbuhan sel kanker, menurunkan tekanan darah yang tinggi, mengatasi demam, diabetes, hingga menangkal racun. Cara budidaya daun sirih juga bisa Anda ikuti.

Dengan banyaknya kegunaan tanaman ini, banyak orang yang tertarik mengembangkannya, termasuk di Indonesia. Berikut adalah cara menanam glodokan tiang.

Cara menanam glodokan tiang

Berikut adalah tata cara untuk menanam tanaman glodokan tiang. Cara ini akan berbeda dengan cara menanam bunga alamanda:

  • Siapkan bibit tanaman glodokan tiang. Pastikan bibit yang digunakan sudah kering dan sudah didiamkan sekitar tiga minggu
  • Siapkan media tanam campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 1:1. Anda bisa menggunakan polybag untuk menanam benihnya. Pengertian pupuk tunggal dan pupuk majemuk sebaiknya diketahui.
  • Semaikan bibit hingga tunas tanaman tumbuh sekitar 15 cm, lalu pindahkan ke media tanam lain yang diinginkan. Jangan lupa tata posisi tanaman dengan baik dan rapi agar saat tumbuh juga tanaman ini bisa terlihat indah dan berguna
  • Pada masa-masa awal, penyiraman saat penting. Pastikan tanaman mendapatkan penyiraman yang cukup setiap harinya

Cara merawat tanaman glodokan tiang

Setelah bibit ditanam, berikut adalah cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk merawat tanaman glodokan tiang:

  • Gunakan tanah yang subur untuk menanam bibit tanaman. Beri tanaman pupuk kompos setiap sekitar satu bulan sekali
  • Tanaman memerlukan penyiraman yang baik, terutama pada masa awal pertumbuhan tanaman. Pastikan tanaman glodokan tiang mendapatkan penyiraman yang baik, yaitu sekitar dua kali sehari terutama pada musim kemarau
  • Tanaman memerlukan sinar matahari untuk berfotosintesis dan membuat cadangan makanannya sendiri. Pastikan tanaman glodokan tiang Anda mendapatkan penyinaran dari matahari yang cukup.
  • Jauhkan tanaman dari hama dan tumbuhan yang mengganggu pertumbuhan tanaman, terutama pada masa-masa awal pertumbuhan.

     

Tips menanam glodokan tiang

Berikut adalah tips menanam glodokan tiang yang bisa Anda terapkan:

  • Pastikan posisi benih tanaman rapi agar saat tumbuh tanaman berada di tempat yang Anda kehendaki. Jika tempat terbatas, ikuti cara berkebun di halaman rumah yang sempit.
  • Anda juga bisa pangkas dahan atau daun tanaman yang tidak rapi dan mengganggu
  • Tanaman ini merupakan tanaman evergreen sehingga Anda tidak perlu banyak kuatir. Jika tanaman sudah bisa melewati masa awal pertumbuhan, maka kemungkinan besar tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan sangat baik
  • Gunakan tanah yang subur untuk menanam bibit tanaman glodokan tiang
  • Pastikan tanaman mendapatkan pengairan dan sinar matahari yang baik

Demikian penjelasan mengenai cara menanam glodokan tiang. Cara agar bunga asoka cepat berbunga juga akan menjadi info yang cukup penting bagi Anda. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pohon