Sponsors Link

Cara Menanam Rumput di Dak Beton dan Perawatannya

Cara Menanam Rumput Di Dak Beton, merupakan salah satu topik yang sedang trend dan hits. Seiring dengan semakin sempit lahan dan padatnya pemukiman konsep menanam rumput di dak atau yang lebih dikenal dengan Roof garden menjadi sangat digandrungi.

Sebab dengan keberadaan rumput atau taman di atas atap maka akan semakin menambah ruang terbuka hijau terutama bagi anda yang tinggal si pemukiman pada penduduk

Menaman rumput di dak beton harus memperhatikan tingkat kekuatan bangunan. Sebab selain menahan rumput dak beton juga harus mampu menahan berat tanaman yang dipakai sebagai media tanam rumput. Serta pastinya teknik menanamnya juga tidak sembarangan. Meskipun dasarnya sama dengan menanam rumput pada umumnya namun ada baiknya ada tetap memperhatikan aspek keamanan.

Nah, pada kesempatan ini penulis akan membagi sedikit informasi yang berkaitan dengan langkah mudah Cara Menanam Rumput Di Dak Beton serta tips merawatnya.

Membuat Konstruksi Dak Beton

Tahap awal yang perlu anda lakukan adalah tentu membuat dak beton. Jika anda tidak memiliki ke ahlian di bidang konstruksi maka sebaiknya anda serahkan kepada ahli konstruksi atau tukang bangunan.

Namun jika anda memiliki kemampuan dasar dibidang pertukangan dan ingin mencoba sendiri maka anda harus memeperhatika hal berikut dengan seksama:

  • Buatlah atap dak beton dengan kemiringan 20-30 derajat.
  • Sebagai penyangga gunakan material cor beton bertulang besi dengan diameter 8 mm.
  • Ukuran untuk setiap kolom beton adalah 20×20 cm.
  • Ketebalan lantai dak adalah 20 cm untuk luasan 50 meter persegi.
  • Buat wadah atau bak yang bentuknya sesuai dengan keinginan anda, nantinya bak ini dapat difungsikan sebagai tempat untuk meletakkan tanaman lain.

Membuat Media Tanam Rumput

Sebelum memulai langkah ini maka sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa dak beton yang anda buat tadi sudah benar benar kering. Biasanya membutuhkan waktu satu minggu jika cuaca benar benar panas, namun jika kondisi cuaca tidak panas maka lebih dari dua minggu.

Jika dak beton belum kering benar maka sebaiknya tunggu benar benar kering karena akan dapat membahayakan dan juga berisiko mengalami ambrol.

Setelah dak beton kering maka anda dapat memulai langkah langka berikut ini:

  • Lapisi dak beton dengan menggunakan material waterproofing. Fungsinya adalah untuk menjaga agar air tidak merembes kebagian bawah dak, sekaligus juga merupakan pelindung bagi tulang besi yang berada di bagian bawah permukaan dak.
  • Buat instalasi air baik air bersih dan air kotor. Air bersih digunakan untuk keperluan menyiram tanaman. Sedangkan instalasi air kotor merupakan instalasi pembuangan air setelah tanaman disiram.
  • Pastikan bahwa instalasi air kotor tadi terhubung dengan talang sehingga air dapat langsung keluar dan posisinya harus lebih rendah sehingga air tidak menggenangi  dak.
  • Pada bagian dasar dak pasangi ijuk atau cocopeat yang fungsinya adalah untuk menyaring air yang merembes dari pasir dan tanam, ketebalan ijuk berkisar antara 10 cm.
  • Lapisan diatas ijuk kemudian diberikan batu kerikil yang fungsinya adalah menahan tanah dan pasir, ketebalannya kurang lebih 5 cm.
  • Selanjutnya pada bagian atas kerikil ditambahkan lapisan tanah atau pasir dengan ketebalan 10 cm.
  • Jenis media yang dipakai dapat disesuaikan dengan jenis rumput yang akan di tanam.

Menanam Rumput Pada Dak Beton

Cara Menanam Rumput Di Dak BetonSetelah media tanam siap maka tahapan selanjutnya adalah melakukan penanaman rumput seperti Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.

Sama seperti pada cara menanam rumput secara umum. Tidak ada cara khusus untuk menanam rumput di dak, yang terpenting adalah tetap mengutamankan dan memperhatikan keselamatan.

Bibit yang dipakai juga beragam dapat menggunakan biji, atau tunas dan anakan. Paling utama adalah pastinya harus memilih bibit yang berkualitas agar nantinya tanaman rumput dapat tumbuh subur dan baik. Tanam rumput dengan rapi, gunakan jarak 2x2cm serta terlebih dahulu buat pola agar hasil tanaman nanti Nampak lebih rapi.

Perawatan Rumput Di Dak Beton

Tanaman rumput yang di tanam di dak juga tentu perlu dirawat agar semakin Nampak keindahannya.

Maka secara umum ada beberapa hal yang tak boleh dilewatkan dalam menanam rumput di dak beton, diantaranya adalah:

Penyiraman

Melakukan penyiraman secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan jika ingin tanaman rumput tumbuh baik. Frekuensi penyiraman yang baik adalah minimal 1 kali dalam sehari.
Namun jika kondisi terik maka frekuensi dapat ditingkatkan. Pastikan bahwa saat anda menyiram tanaman rumput tidak ada air yang mengenang karena akan sangat berbahaya, sebab akar rumput sangat sensitive terhadap air yang mengenang.

Pemupukan

Tanaman rumput juga harus rutin di pupuk menggunakan jenis pupuk mengandung nitrogen atau pupuk anorganik seperti pupuk urea,  Mengapa pupuk urea sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Akan menambahkan unsur nitrogen yang diperlukan rumput.

Jangan Injak Rumput

Satu hal lagi yang menjadi catatan penting adalah, jika ingin rumput anda Nampak hijau, indah dan segar maka pastikan untuk tidak menginjak injak rumput.

Nah, itulah tadi langkah mudah Cara Menanam Rumput Di Dak Beton serta tips merawatnya, semoga dapat bermanfaat. .

, , ,
Oleh :
Kategori : Tanaman