Sponsors Link

Cara Menanam Rumput untuk Pakan Domba – Selalu Subur

Cara Menanam Rumput Buat DombaCara Menanam Rumput Buat Domba, topik kali ini masih berbicara seputar rumput yang tentunya sangat menarik untuk dibahas.

Terlebih lagi meskipun dianggap sebagai gulma ternyata rumput sangat bermanfaat terutama bagi pakan hewan ternak salah satunya adalah hewan domba. Dimana hewan ternak yang satu ini merupakan salah satu hewan ternak komoditas unggul serta juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Domba merupakan jenis hewan ternak yang hanya mengkonsumsi rumput dimana jenis rumput yang dikonsumsi juga tidaklah sembarangan. Adapun rumput yang umum dikonsumsi untuk ternak domba adalah rumput odot yang memiliki keunggulan salah satunya adalah mempercepat pembesaran serta juga pertambahan bobot bagi domba.

Nah, untuk meningkatkan produktivitas serta juga meminimalisir pengeluaran maka anda selaku peternak domba atau juga yang memelihara hewan ini maka dapat menanam sendiri rumput ini.

Sehingga tidak perlu lagi susah payah mencari, berikut 3 Cara menanam rumput buat domba dan tips pemanenan yang tepat sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.

Mempersiapkan Lahan Tanam

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mulai menanam rumput untuk domba adalah melakukan persiapan lahan. Dimana hal ini merupakan langkah pertama dan harus segera dilakukan sebab keberadaan lahan tanam menjadi hal yang sangat penting.

Nah adapun cara untuk menyiapkan lahan tanam dapat mengikuti langkah langkah berikut ini :

  • Terlebih dahulu gemburkan Lahan tanam dengan cara melakukan pencangkulan atau dapat dengan menggunakan bantuan alat bajak.
  • Pastikan tanah benar benar gembur sebab struktur akar rumput untuk pakan domba adalah rumbut serabut.
  • Setelah tanah digemburkan selanjutnya adalah melakukan pembentukan bedengan, jika rumput ditanam dalam bedeng maka pemeliharaannya akan lebih mudah serta juga akan memudahkan saat proses pengambilan atau pemanenan.
  • Tahapan selanjutnya adalah mengukur bedengan yang biasanya ukuran ideal yang dipakai adalah 1×5 -10 meter atau juga dapat disesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki.
  • Lebar bedengan dapat dibuat lebih darai dua meter dimana pada setap bedengan dipisahkan dengan jaraj 0.5-1 meter.
  • Tinggi bedengan dibuat 25-30 cm jangan terlampau tinggi sebab dapat mengalami kelongsoran.
  • Buat lubang tanam dengan jarak 5×5 cm antar lubang tanam.
  • Jika memungkinkan dapat ditambahkan atau ditaburkan pupuk kandang sebagai jenis pupuk mengandung nitrogen dapat menggunakan pupuk urea, Mengapa pupuk urea sangat penting untuk pertumbuhan tanaman?
  • Hal ini karena pupuk urea memiliki banyak manfaat penting, agar lahan tanam semakin subur sehingga rumput pakan yang dihasilkan nantinya akan berkualitas serta juga sangat baik untuk dikonsumsi domba.
  • Diamkan lahan tanam selama satu minggu agar pupuk kandang yang diberikan tadi meresap baru selanjutnya dapat dilakukan penanaman.

Menanam rumput untuk pakan domba

Setelah lahan tanam siap maka tahapan selanjutnya adalah melakukan penanaman bibit rumput ke lahan tanam. Jenis bibit yang digunakan dan yang paling praktis adalah memakai bibit anakan ketimbang bibit biji yang waktu pemeliharaannya memakan waktu yang lama.

Oleh sebab itu maka pastinya anakan atau bibit yang dipilih haruslah benar benar sehat dan baik serta memiliki kualitas dan produktivitas hasil tinggi.

Tanamkan rumput dalam setiap lubang tanam yang telah disiapkan. Sebaiknya penanaman dilakukan pada pagi atau sore hari agar nantinya bibit rumput buat domba lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan. Jika pada saat setelah tanaman ada bibit tanaman yang menunjukkan pertumbuhan kurang baik atau bahkan mati maka sebaiknya tanaman harus di sulam agar nantinya pertumbuhan dapat seragam seperti yang dianjurkan pada Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.

Meskipun dapat tubuh dengan baik dalam kondisi cuaca apapun namun untuk mendukung pertumbuhannya agar optimal maka tentu tanaman juga perlu dilakukan penyiraman agar tanaman tidak mengalami kekeringan terutama jika saat musim kemarau tiba. Penyiraman dapat menggunakan bantuan selang atau sprayer sehingga jangkauannya akan lebih luas dan praktis seperti pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.

Selain penyiraman hal lain yang juga harus dilakukan adalah melakukan pemupukan, hal ini akan dapat membantu tanaman dapat tumbuh baik karena unsure hara dan kesuburan tanah terjaga.

Sehingga tentunya tanaman akan dapat tumbuh semakin lebat dan baik. Jenis pupuk yang diberikan dapat berupa pupuk organik dan anorganik namun untuk menjaga kualitas tanah maka sebaiknya gunakan pupuk organik seperti pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan.

Panen rumput yang tepat

Kualitas rumput serta kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh domba akan dapat diperoleh jika panen rumput dilakukan secara tepat. Yang dimaksud tepat disini adalah waktu panen sesuai dengan umur panen yang baik sehingga kemudian rumput akan dapat dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping yang buruk bagi domba. Sebab jika dipanen terlalu muda maka hewan domba yang mengkonsumsinya dapat mengalami gangguan pencernaan salah satunya adalah mengalami mencret.

Nah maka direkomendasikan untuk memanen rumput pakan ini pada saat tanaman rumput berumur 1-2 bulan setelah masa taman. Kriteria panen lain dapat dilihat dari tinggi rumput yang sudah mencapai tinggi sekitar 15 cm dengan warna daun yang berwarna hijau tua.

Cara panen dilakukan dengan memotong rumput 10-20 cm jaraknya dari pangkal batang. Setelah 1-2 bulan lagi maka rumput dapat dipanen kembali jadi tak perlu lagi tanam ulang. Jika ingin mendapatkan rumput yang tak putus maka harus dilakukan pengaturan tanam yang tepat.

Nah, itulah tadi 3 Cara menanam rumput buat domba dan tips pemanenan yang tepat., semoga dapat bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Tanaman