Sponsors Link

Cara Menanam Tanaman Hias Brokoli Kuning dan Perawatannya

Kali ini, kita akan membahas cara menanam tanaman hias brokoli kuning. Seperti halnya Cara Stek Pohon Melinjo , kita memerlukan tata cara yang tepat agar berhasil. Seperti namanya, ini merupakan salah satu jenis dari tanaman hias.

Brokoli kuning sendiri bukanlah jenis sayuran seperti brokoli hijau yang mungkin sudah banyak dikenal oleh orang-orang. Sebenarnya, cara menanam tanaman hias brokoli kuning ini tidak sulit, berikut tata caranya.

1. Persiapan lahan

Ini sangat penting disiapkan sebelum melakukan penanaman bibit. Dimana kebanyakan orang lebih suka melakukan cara menanam tanaman hias brokoli kuning ini langsung ditanah.

Seperti halnya penjelasan Jenis Tanaman yang Bisa Dikembangkan Secara Generatif, kita memerlukan lahan yang bersih dan bebas hama agar bisa menanam bibit brokoli kuning ini.

2. Pemilihan Bibit

Agar bisa menghasilkan tumbuhan brokoli kuning yang berkualitas, maka kita perlu jenis bibit yang tepat. jadi,anda terlebih dahulu memilih bagaimana proses pembibitan akan dilakukan.

Seperti Cara Menanam Cabe Giant Aconcagua, berikut beberapa jenis proses pembibitan yang bisa dilakukan dalam cara menanam tanaman hias brokoli kuning ini:

  • Pembibitan menggunakan stek batang yang bisa dilakukan dengan mudah jika kita menggunakan cara-cara yang tepat.
  • Pembibitan menggunakan anakan yang tumbuh didekat indukan yang sudah dewasa.

Jenis pembibitan yang akan digunakan tergantung dari yang ingin membudidayakan tanaman brokoli kuning ini. Kedua jenis pembibitan di atas sama-sama efektif dan bisa dicoba bahkan untuk para pemula.

3. Penyemaian Bibit

Jika telah memilih jenis pembibitan yang pas, maka hal selanjutnya adalah melakukan penyemaian bibit. Berikut tata cara yang dianjurkan:

  • Pilihlah jenis pembibitan yang akan digunakan untuk mendapatkan bibit dari tanaman hias brokoli kuning ini.
  • Jika memilih cara stek batang, maka harus menyiapkan peralatan untuk melakukan stek seperti pisau tajam dan bersih.
  • Potonglah bagian cabang tanaman hias brokoli kuning yang diameternya sudah mencapai 3 cm, sepanjang 5-10 cm.
  • Rendam menggunakan larutan zat peransang tumbuhnya akar selama 1 jam. Kemudian siapakan polybag dan media tanam.
  • Sebaiknya menggunakan media tanam dari campuran humus dan kompos. Gemburkan media tanam dan mesukkan hingga 3/4 polybag.
  • Buatlah lubang tanam sedalam 3 cm dan masukkan cabang tanaman hias brokoli kuning yang telah dipotong sebelumnya.
  • Kemudian masukkan lagi media tanam hingga memenuhi permukaan polybag. Sirami dan letakkan ditempat yang terlindung dari teriknya sinar matahari dan genangan hujan.
  • Jika menggunakan anakan yang tumbuh dipohon indukan, maka hanya tinggal menunggu  anakan dan cabut dengan hati-hati.
  • Kemudian masukkan media tanam ke dalam polybag seperti langkah sebelumnya, masukkan hingga mencapai 3/4 polybag.
  • Kemudian buat lubang tanam dan tanam anakan tersebut. Padatkan kembali dengan media tanam hingga mencapai batas atas polybag.
  • Amankan dari jangkauan bahaya, teriknya matahari, genangan air selama 2 minggu kedepan.

4. Penanaman Bibit

Seperti halnya Cara Menanam Cabe Flash 750, anda sudah bisa menanam bibit tanaman hias brokoli kuning ini ke tempat yang lebih baik, di dalam pot yang lebih besar atau didalam tanah.

Jika saja bibit tersebut sudah terlihat membentuk akar baru, lebih subur dan sudah ada tunas baru yang muncul.

Pastikan anda tidak merusak akar baru yang telah tumbuh ketika hendak memindahkan bibit ketempat yang lebih besar. Untuk memudahkan pemindahan bibit, maka lakukan saja penggemburan dengan cara memukul-mukul tepian polybag.

Ini akan menggamburkan media tanam di dalam dan membuat kita lebih mudah memindahkan bibit tanpa melukai akarnya.

5. Perawatan

Perawatan untuk tanaman hias brokoli kuning ini tergolong mudah. Anda hanya perlu memastikan kondisi sekitar untuk penanaman bibit adalah yang terbaik. jauh dari tempat yang selalu terkapungi air dan tidak terlalu kering.

Anda bisa memotong cabang tanaman hias ini jika dianggap sudah terlalu tinggi dan membentuk semak-semak. Karena tanaman hias yang satu ini bisa meninggi mencapai 55 cm. Jadi, lebih baik untuk memangkasnya secara berkala.

Demikianlah penjelasan terkait cara menanam tanaman hias brokoli kuning, semoga informasi ini bermanfaat.

, , , , ,