Sponsors Link

Cara Stek Pohon Apel India dan Perawatannya Agar Subur

Apel india yang dikenal dengan nama Ziziphus muritania alias Putsa ini merupakan salah satu jenis tanaman tropis. Apel india sendiri termasuk kedalam kelompok rhamnaceae.

Biasanya, buah apel india yang terbentuk akan bewarna hijau dengan ketinggian pohon bisa mencapai 12 meter.

Diameter dari buah apel india ini sendiri mencapai 3 – 5 cm. Walaupun kulitnya bewarna kehijau-hijauan, namun rasa daging buah yang dihasilkan tetap manis. Untuk itu banyak yang mencoba membudidayakannya, salah satunya adalah dengan cara stek pohon apel india berikut ini.

Persiapan Cara Stek Pohon Apel India

Seperti halnya Cara Stek Pohon Melinjo, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar cara stek pohon apel india ini berhasil. Hal-hal tersebut nantinya akan menjadi faktor penunjang yang akan memudahkan pertumbuhan calon bibit agar bisa ditanam.

Kita harus terlebih tahu apa saja yang menunjang pertumbuhan bibit setelah melakukan cara stek pohon apel india tersebut. Tujuannya untuk menunjang kualitas hidup. Berikut ini beberapa tingkatan dalam cara stek pohon apel india, yaitu:

1. Persiapan Indukan

Tentunya, anda memerlukan pohon indukan sebelum memulai langkah stek. Ini tidak jauh berbeda dengan Cara Stek Tanaman Sirih Gading. Dimana pohon indukan yang akan digunakan untuk perbanyak pembibitan haruslah pohon yang dewasa, tidak memiliki penyakit dan unggulan.

Karena, nantinya hasil dari stek ini akan lebih banyak membawa sifat asli dari indukan daripada harus mengembangkannya dengan cara menanam biji. Jadi, pilihlah pohon indukan yang tidak mengalami gangguan seperti yang dijelaskan di atas. Usahakan memilih pohon indukan yang terbaik.

2. Alat dan Bahan

Tentu saja ini tidak akan jauh berbeda dengan Cara Stek Pucuk Tanaman Hias. anda harus menyiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan stek tanaman ini, yaitu:

  • Persiapan pisau yang tajam untuk memotong ujung ranting tanaman yang akan distek. Pastikan pisau ini tidak berkarat agar cabang tanaman yang akan distek tidak terkena infeksi penyakit.
  • Zat perangsang tumbuhnya akar agar lebih mudah mendapatkan akar baru pada tanaman hasil stek.
  • Polybag atau pot agar bisa menampung media tanam dan hasil pemotongan stek batang yang akan dijadikan sebagai tempat tumbuh.
  • Media tanam berupa tanah humus, kompos yang dicampur agar bisa memberikan unsur hara yang pas untuk calon bobot pohon apel india.

3. Pemilihan Batang

Ya, yang akan distek nantinya adalah batang pohon indukan yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Sama halnya dengan pemilihan di dalam Cara Stek Pohon Langsat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan kamu emmilih cabang yang terlihat sehat dan tidak terkena infeksi apapun.
  • Siapkan pisau tajam yang bersih untuk memotong cabang yang berada di dekat bagian pangkal.
  • Potong secara melintang dan pastikan tidak terlalu melukai bagian dalam batang tersebut.
  • Potong bagian pangkal cabang sebanyak mungkin untuk bisa memperbanyak bibit pohon india.
  • Rendam hasil potongan cabang menggunakan larutan untuk meransang pertumbuhan akar.

4. Penanaman Calon Bibit

Setelah dilakukan perendaman dengan zat perangsang akar maka hal berikutnya adalah penanaman di dalam polybag atau pot. Siapkan terebih dahulu media tanam dan polybag tersebut. Kemudian masukkan dan tanamkan calon bibit yang telah dipotong dari pohon indukan.

Setelah calon bibit pohon apel india ditanam, maka letakkan di tempat yang teduh. Jangan langsung tempatkan diarea terbuka yang mendapatkan sinar matahari langsung dan mendapatkan air hujan. Kontrol kebutuhan air, agar tidak membusuk.

Pastikan temapat tersebut cukup hangat, tidak terlalu lemabab. Karena akan memudahkan tumbuhnya jamur. Pastikan juga media tanam tidak terlalu banyak tersiram air. Tunggu hingga muncul tunas baru.

5. Perawatan Bibit

Setelah semuanya terjadi dengan baik dan tunas baru sudah muncul, maka hal berikutnya adalah perawatan bibit. Pastikan tidak terlalu menyiram berlebihan. Silahkan menanam ketanah jika sudah ingin menanamnya dan pastikan memangkas pucuk jika terlalu lebat.

Demikianlah cara stek pohon india yang bisa kami sampaiakan di artikel kali ini. Semoga memebrikan indormasi yang bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Stek