Sponsors Link

Cara Stek Pucuk Tanaman Hias yang Paling Mudah dan Perawatannya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaiamana cara stek pucuk tanaman hias yang bisa menajdi salah satu alternatif untuk pembibitan tanaman hias. Seperti halnya Cara Stek Pohon Langsat, ada banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa dibudidayakan menggunakan metode stek pucuk tanaman hias ini.

Bahkan, dilansir bahwasanya, pengemabngbiakan tanaman hias jika menggunakan stek pucuk tanaman hias akan lebih mudah dan menguntungkan juga.

Dimana potongan tunas-tunas yang berkembang dan muncul dari pucuk daun tanaman hias tersebut bisa berjumlah lebih banyak. Ini bahkan akan lebih banyak jika kita bandingkan dengan metode perkembang biakan yang lainnya.

Perkembangan dan Pembibitan Tanaman Hias

Walaupun ada banyak sekali cara yang bisa digunakan selain cara stek pucuk tanaman hias, seperti dengan stek batang, ataupun dengan penanaman biji, namun cara ini tergolong mudah dan digemari.

Seperti halnya Cara Stek Lidah Mertua, maka pembibitan melalui biji akan lebih sedikit untuk mendapatkan sifat indukan yang mungkin diinginkan.

Dan, penggunaan stek batang tanaman hias cuma menyediakan beberapa tunas baru saja, hanya mungkin 3 – 5 tunas baru. Dengan menggunakan cara stek pucuk tanaman hias, maka tunas baru yang muncul akan jauh lebih banyak. Apalagi, jika pembibitan ini dilakukan dan dijaga dengan baik.

Tentunya, hasil yang melimpah ini banyak diminati oleh para pengusaha bibit tanaman hias, berikut cara stek pucuk tanaman hias:

1. Menyiapkan Bahan Stek

Seperti halnya Cara Stek Bunga Seribu Bintang, maka bahan atau indukan yang akan distek sebaiknya yang sudah tua dan sudah bisa untuk dikembangkan.

Pilihlah bagian pucuk yang masih segar namun sudah cukup tua. Biasanya, bagian pucuk ini akan ditemukan di daerah pangkal batang tanaman hias tersebut.

2. Persiapan Alat dan Bahan Lainnya

Untuk memudahkan cara stek pucuk tanaman hias, maka diperlukan beragam alat yang potensial dalam cara ini.

Misalnya saja pisau yang tajam, tanpa bekas karatan dan lebih tipis. Dibutuhkan juga alat untuk menggemburkan media tanam nantinya.

3. Cara Pembibitan

Berikut akan kita jabarkan bagaimana cara stek pucuk tanaman hias seperti Cara Stek Bunga Kertas 2 Warna dalam Satu Batang dan Perawatannya, yaitu:

  • Letakkan pucuk yang akan dipotong dalam keadaaan terbalik di sebuah alas seperti sebuah papan yang bersih.
  • Buang bagian tepi pucuk yang mungkin tidak baik, bergerigi ataupun busuk. Bagian tepi ini akan membusuk dan mengering jika tidak dibuang dengan baik dan benar.
  • Jika bagian pucuk tergolong cukup lebar maka potong hingga menjadi beberapa bagian kecil, seperti 6 bagian.
  • Lakukan pengirisan bagian pucuk dengan metode pemutaran ketengah sehingga nantinya akan terbentuk hasil akhir berupa gambar segitiga.
  • Pastikan setiap pucuk mengandung tulang daun yang lebar, karena nantinya bakal tunas akan muncul di bagian tersebut.
  • Pastikan untuk segera menyiapkan media tanam agar nantinya cara stek pucuk tanaman hias ini berhasil dengan baik. Karena, jika tidak langsung ditanam maka akan segera mengering dan mudah gagal atau layu dan tidak berkembang.

4. Media Tanam

Agar cara stek pucuk tanaman hias ini berhasil selayaknya Cara Stek Daun Bunga Gloxinia, maka berikut hal yang harus diperhatikan mengenai media tanamnya, yaitu :

  • Gunakan media tanam campuran untuk perkembangan bibit hasil stek yang lebih baik.
  • Media campuran ini berupa campuran pasir, kompos dan tanah, perbandingan yang diperlukan adalah 1 : 2 : 1.
  • Gunakan pot yang bertakaran atau polybag untuk media penyemaian setelah melakukan stek pucuk tanaman hias ini. Ini akan lebih mudah, ekonomis dan lebih tinggi tingkat keberhasilannya.
  • Cuci wadah penyemaian terlebih dahulu. Dan, jika anda menggunakan pot bertakaran, maka bagian bawah pot celupkan ke dalam air.
  • Bahkan untuk meminimalisir serangan hama dan penyakit, tidak ada salahnya media tanam dikukus terlebih dahulu sebelum digunakan untuk pembibitan.

5. Penanaman dan pemeliharaan

Agar bisa mendapatkan hasil terbaik dari cara stek pucuk tanaman hias, maka harus diketahui terlebih dahulu bagaimana cara pemeliharaan dan penanaman dari bibit tersebut nantinya :

  • Gunakan ludi ataupun jenis benda tumpul lainnya yang bisa digunakan untuk melubangi media tanam dan ini juga digunakan untuk pengontrolan jika ada benda asing yang bisa mempengaruhi pertumbuhan akar.
  • Sebaiknya periksalah secara teliti terlebih dahulu media tanam tersebut sebelum menanam hasil cara stek pucuk tanaman hias ini agar terhindah dari hal yang tidak diinginkan.
  • Agar tidak layu, maka letakkan hasil stek ini ditempat yang lembab dan perhatikan juga intensitas penyiraman.
  • Tapi juga perhatikan bagaimana sirkulasi udara agar tidak membusuk karena tidak tersirkulasi dengan baik.

Demikianlah cara memperbanyak dengan cara stek pucuk tanaman hias dan perawatannya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stek