Sponsors Link

Cara Menanam Tanaman Hias Sri Rejeki dan Perawatannya

Sponsors Link

Seperti namanya, ini merupakan salah satu tanaman hias yang diyakini akan memberikan rezeki kepada pemiliknya.

ads

Sepintas, tanaman hias sri rezeki ini mirip dengan tanaman aloe vera alias lidah buaya. Walaupun bukan tanaman hias yang berbunga, namun keindahan daun yang dimilikinya sangat mempesona.

Alasan inilah mengapa banyak yang menginginkan cara menanam tanman hias sri rejeki tersebut. Dan seperti halnya Cara Menanam Cabe Giant Aconcagua, kita kali ini juga akan membahas hal tersebut. Berikut beberapa hal dan persiapan dalam cara menanam tanman sri rejeki.

1. Pembibitan 

Untuk mendapatkan bibit dari tanaman sri rejeki ini, maka ada beberapa metode yang bisa digunakan. Berikut beberapa metode tersebut:

  • Jika melakukan pembibitan menggunakan biji, maka pastikan anda mendapatkan biji dari tanman indukan yang sudah berumur atau dewasa.
  • Lakukan terlebih dahulu perendaman terhadap biji selama 3 jam yang nantinya akan memudahkan proses penyemaian biji.
  • Anda juga bisa melakukan pembibitan menggunakan stek daun. Ini merupakan cara yang juga banyak digunakan oleh yang lainnya. Dimana anda hanya tinggal memotong bagian tunas yang sehat.
  • Pastikan untuk memotong menggunakan alat pemotong yang bersih, tajam dan bebas karat. Kemudian siapkan media dan wadah tanam dan masukkan calon bibit tersebut kedalamnya.
  • Anda juga bisa melakukan pembibitan menggunakan metode pencangkokan. Dimana ini nantinya harus dilakukan dengan teliti.
  • Karena, batang tanaman sri rejeki tidak terlalu kuat dan lembek. Jika tidak dilakukan dengan baik, maka akan mudah membusuk.
  • Untuk jenis indukan yang akan dilakukan pencangkokan, maka pastikan batang yang digunakan sudah cukup umur, sehat dan bewarna kecoklatan.
  • Sayat bagian batang tersebut dan tutup menggunakan media tanam, tunggu hingga akar muncul dan potong sebelum memisahkannya ke dalam wadah tanam.
  • Anda juga bisa menggunakan pembibitan dengan cara pemisahan anakan. Ini adalah proses pembibitan yang sangat mudah namun membutuhkan waktu yang lama.
  • Karena nantinya anda harus menunggu indukan memiliki anakan baru yang akan tumbuh di sela-sela tanaman induk.
  • namun, berhati-hati saat memisahkan tanaman induk dengan anakannya. jangan sampai melikai akar tanman tersebut yang akan menggalkan proses pembibitan.

2. Persiapan Wadah dan Media Tanam

hal lainnya yang harus dilakukan dalam tata cara menanam tanaman hias sri rejeki ini adalah persiapan wadah dan media tanam.

Seperti Cara Menanam Cabe Flash 750, anda memerlukan wadah dan media tanam yang tepat agar bibit berkembang dengan baik. Berikut beberapa jenis media tanam yang sering digunakan, yaitu:

  • Sekam bakar : Ini adalah jenis media tanam yang sudah emngalami proses sterilisasi. Namun, ini adalah media tanam yang kurang baik dalam penyerapan air. jadi, cobalah untuk melakukan pencampuran dengan media tanam lainnya jika ingin menggunakan media tanam ini.
  • Pakis : Ini merupakan jenis media tanam yang memiliki daya serap air yang bagus, sistem drainase air yang juga bagus dan bagus untuk sistem perkembangan akar.
  • Pasir Malang : Ini merupakan jenis media tanam yang memiliki sifat porositas yang baik. Jadi, tidak akan ada masalah air yang menggenang.
  • Cocopeat : Ini merupakan media tanam yang biasa digunakan untuk tanaman bunga hias. Dimana mudah menahan air namun tidak menyebabkan busuk akar.

3. Penyiraman Tanaman 

Penyiraman tanam hias yang satu ini akan disesuaikan dengan kondisi lingkungan. Jangan terlalu sering menyiram jika sedang mengalami musim hujan, apalagi jika meletakkan tanaman tersebut di luar ruangan yang mudah tergenang air hujan.

Tentu saja air yang digunakan harus yang bebas dari kaporit dan air yang bersih. Untuk menetukan jumlah air yang diperlukan, seperti Cara Stek Pucuk Tanaman Hias, cobalah untuk memeriksa media tanam yang digunakan. jika terasa sangat kering, maka lakukan penyiraman dan sebaliknya.

4. Pemupukan

Untuk bisa mendapatkan bibit tanaman yang berkembang dengan baik, maka harus dilakukan pemupukan.

Setidaknya lakukan pemupukan selama 2 minggu setelah 2 bulan penanaman. Pupuk ini nantinya kan menjadi unsur hara yang bisa menyuburkan tanaman hias sri rejeki tersebut.

5. Penyakit dan Hama

Penyakit dan hama ini nantinya akan menganggu pertumbuhan dari tanaman tersebut.

Jadi, usahakan untuk memisahkan atau memotong bagian tanaman yang terlihat sakit atau terkena serangan hama. Ini akan membatasi perkembangan penyakit dan meminimalisir perkemabangan hama tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik