Sponsors Link

Kenapa Daun Anggrek Bulan Layu? Inilah Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Tanaman anggrek bulan merupakan jenis bunga anggrek yang banyak dikenal, terutama oleh pecinta bunga anggrek. Tanaman ini bisa hidup dengan cara menempel pada tanaman lain yang memiliki batang lebih kokoh.

ads

Jika sudah mekar, tanaman anggrek bulan akan memiliki bunga yang sangat cantik. Agar tanaman anggrek bulan bisa berbunga dan sehat, tentu tanaman ini harus dirawat dengan benar.

Sebenarnya, cara menanam anggrek bulan tidak terlalu sulit. Caranya akan berbeda dengan cara merawat bunga anggrek gantung. Tanaman ini bisa tumbuh di berbagai iklim, termasuk di negara beriklim tropis seperti di Indonesia. Banyak tanaman ini yang bisa tumbuh dengan subur di Indonesia.

Namun, beberapa orang terkadang menemukan masalah saat merawat tanaman anggrek bulan. Daun anggrek bulan yang ditanam terkadang bisa layu. Untuk bisa mengetahui kenapa daun anggrek bulan layu, simak uraian berikut. Anda juga akan menemukan cara mengatasinya dan tips merawat daun anggrek bulan yang sudah terlanjur layu.

Penyebab Daun Anggrek Bulan Layu

Jika tanaman anggrek bulan daunnya bisa layu, maka bisa jadi ada kesalahan perawatan yang Anda lakukan. Berbeda dengan kenapa bunga matahari layu. Berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin saat daun anggrek bulan Anda layu:

  • Anda menyiram tanaman anggrek bulan terlalu banyak. Tanaman memang membutuhkan air, namun dalam kondisi air yang terlalu banyak juga bisa merugikan tanaman, salah satunya dapat menyebabkan daunnya layu. Kondisi ini banyak terjadi terutama di musim hujan. Oleh karena itu, di musim hujan Anda sebaiknya memperhatikan lokasi penempatan tanaman anggrek bulan. Jangan sampai tanaman terkena terlalu banyak air hujan.
  • Terlalu banyak mendapat sinar matahari. Tanaman anggrek bulan tidak terlalu membutuhkan banyak sinar matahari. Tanaman ini biasanya menempel pada tanaman lain. Sehingga, Anda bisa menempatkannya di bawah tanaman lain yang teduh agar lebih terlindung dari sinar matahari.
  • Pemberian pupuk pada tanaman yang berlebihan. Pemberian pupuk memang bertujuan agar tumbuhan mendapatkan zat-zat yang diperlukan. Namun, pemberian pupuk yang berlebihan ternyata justru bisa membuat daun tanaman anggrek bulan layu. 

Cara Mengatasi Daun Anggrek Bulan yang Layu

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi daun anggrek bulan yang layu:

  • Rutin menyiram tanaman anggrek bulan, namun tidak terlalu banyak karena tanaman anggrek bulan tidak tahan terhadap terlalu banyak air
  • Pindahkan tanaman ke tempat yang lebih teduh dan bersih agar tidak terlalu banyak terkena sinar matahari
  • Berikan pupuk pada tanaman secukupnya. Pemberian pupuk yang terlalu banyak bisa merusak tanaman anggrek bulan. Perhatikan cara menggunakan pupuk daun
  • Letakkan tanaman di tempat yang sejuk dan mendapatkan sirkulasi udara yang baik

     

Tips Merawat Daun Anggrek Bulan yang Layu

Jika daun anggrek bulan Anda layu, maka Anda harus segera merawat tanaman tersebut dengan baik agar bisa tumbuh segar lagi dan menghasilkan bunga yang indah.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merawat daun anggrek bulan yang layu:

  • Bagian tanaman yang terserang penyakit atau layu terlalu parah dibuang agar tidak mempengaruhi bagian tanaman yang lainnya
  • Pindahkan tanaman anggrek bulan ke media tanam yang baru dan lebih bersih. Usahakan tanaman mendapatkan sinar matahari, pupuk, dan air secukupnya, dan juga tidak terlalu banyak
  • Anda bisa membaca manfaat air cucian beras untuk bunga anggrek
  • Cari tahu kesalahan apa yang Anda lakukan agar tidak terulang kembali. Misalnya, jika tanaman anggrek bulan sebelumnya mendapatkan terlalu banyak air, maka selanjutnya penyiraman tanaman bisa dikurangi dan tanaman dipindah dari tempat yang terlalu banyak tersiram air hujan

Demikian uraian mengenai kenapa daun anggrek bulan layu. Semoga penjelasan tersebut bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah daun anggrek bulan Anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Bunga