Sponsors Link

Cara Mengatasi Penyakit Bercak Daun pada Tanaman Budidaya

Sponsors Link

Cara Mengatasi penyakit bercak daun pada tanaman budidaya. Penyakit bercak daun menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi para petani. Terutama dalam budidaya tanaman semusim seperti tanaman sayuran dan buah buahan.

ads

Bahkan dmpak dari penyakit bercak daun ini cukup merugikan terutama jika serangan dalam jumlah besar yang dapat mengakibatkan kerugian yang besar hingga berdampak pada  kegagalan panen.

Penyakit bercak daun termasuk kedalam jenis penyakit yang sangt mudah menyebar dan menular terutama saat musim hujan tiba. Kelembaban yang tinggi dari suhu udara menyebabkan jamur lebih cepat menyebar. Oleh sebab itu jika tidak ditanggulangi secara benar maka akan dapat menyebabkan kerugian ekonomis bagi para petani.

Oleh sebab itu pada kesempatan ini penulias akan memaparkan mengenai Cara Mengatasi penyakit bercak daun pada tanaman budidaya – secara efektif dan efisien.

Mengatasi penyakit bercak daun secara terpadu menggunakan metode alami

Salah satu cara penanganan terhadap penyakit bercak daun adalah dengan menggunakan metode alami yakni menggunakan pestisida organik yang berasal dari bahan bahan alami.

Cara ini merupakan bentuk penanggulangan yang biasanya digunakan pada sistem budidaya pertanian organik. Dan hal ini memiliki banyak sekali kelebihan yakni nantinya produk yang dihasilkan akan aman dan juga lebih sehat untuk di konsumsi.

Adapun untuk membuat pestisida ini beberapa bahan yang diperlukan dan cara pembuatannya adalah sebagai berikut ini :

  1. Bahan utamnya adalah dapat memakai minyak atsiri dari tanaman cengkeh dan juga tanaman serai wangi.
  2. Pertaman tama siapkan minyak atsiri cengkeh sebanyak 1000 ml.
  3. 1 kilogram Tanaman serai wangi ditumbuk dan kemudian direndam menggunakan air sebanyak 2 liter selama 1 minggu hingga membusuk, baru setelahnya kemudian di saring dan diambil airnya sebanyak 1 liter.
  4. Setelah itu kemudian campurkan 1000 ml minyak atsiri cengkeh dan 1 liter duk hingga campuran tercampur dengan merata.
  5. Selanjutnya masukkan campuran tadi kedalam wadah dan diamkan selama 1 minggu.
  6. Saat akan dipakai terlebih daru larutan pestisida harus disaing kembali.
  7. Dosis penggunaan yang tepat untuk mengatasi penyakit bercak daun adalah 200-400 ml yang dilrutkan kedalam 1 liter air.

Setelah larutan dibuat maka dapat disemprotkan ke tanaman yang terindikasi terserang serangan penyakit bercak daun. Penyemprotan dilakukan secara rutin setiap satu hari satu kali. Lakukan terus menerus hingga gejala bercak daun terlihat lebih baik seperti pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag

Selain menggunakan pestisida organik, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan dengan memusnakan bagian yang terserang agar tidak  menyebar ketanaman lainnya. Caranya adalah dengan memangkas bagian yang terinfeksi biasanya adalah bagian daun, pucuk,dan tunas kemudian disingkirkan dan bakar.

Cara lain yang juga dapat dilakukan adalah dengan melakukan hal hal seperti menjaga kelembaban lingkungan sekitar tanaman dengan cara mengatur drainase secara baik, serta mengatur jarak tanam dimana jarak tanam harus dibuat longgar agar kelembaban tidak terlalu tinggi terutama saat musim penghujan sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah melakukan pergiliran atau rotasi tanaman. Misalnya jika pada musim ini anda menanam tanaman kacang kacangan maka pada musim tanam selanjutnya anda harus menanan jenis tanaman yang bukan family kacang kacangan. Hal ini dapat memutus mata rantai penyebaran penyakit bercak daun.


Mengatasi penyakit bercak daun secara terpadu menggunakan pestisida kimia

Selain menggunakan cara alami yang ramah lingkungan namun memiliki hasil yang lama dan juga terkesan lebih ribet karena and harus membuat sendiri pestisida nabatinya, anda juga dapat mengatasi penyakit bercak daun memakai pestisida kimia.

Hal ini dianggpa lebih cepat dan praktis serta hasilnya lebih mudah terlihat. Cara ini juga dianggap lenih ampun dan memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggu dibandingkan dengan menggunakan pestisida nabati.

Jenis pestisida yang dipakai adalah fungisida yang merupakan pestisida yang khusu dipakai untuk menanggulangi penyakit yang disebabkan oleh jamur. Sebagaimana kita tahu bahwa penyakit bercak daun sendiri merupakan disebabkan oleh jamur yang menimbulkan bercak atau noda pada bagian tanaman.

Adapun jenis merk fungisisda yang umum dipakai dan telah terbukti dapat mengatasi penyakit ini adalah Antracol 70WP, Daconil 70WP, dan Mazante 82 WP dimana ketinganya merupakan jenis fungisida kontak yang memiliki kemampuan membasami jamur secara langsung dan cepat sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.

Merk lainnya yang juga dapat dipakai antara lain Folicur 25WP, Score 250EC, dan Amistratop 325EC yang termasuk kedalam jenis fungisida sistemik yang memiliki kemampuan membasmi dalam waktu yang rekatif lama namun ampuh dan efisien.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka rekomendasi penggunaan adalah dengan cara disemprotkan kepada tanaman secara bergilir baik jika menggunakan fungisida sistemik atau kontak. Anda juga dapat menggunakan fungisida gabungan keduanya namun pastikan banwa dosis yang dipakai merupakan dosis yang dianjurkan.

Nah, itulah tadi pembahsan singkat mengenai Cara Mengatasi penyakit bercak daun pada tanaman budidaya – secara efektif dan efisien, semoga dapat bemanfaat.

Sponsors Link
, , ,