Sponsors Link

Jenis Penyakit Pada Tanaman Hias dan Cara Mengatasinya

Penyakit Pada Tanaman Hias Dan Cara Mengatasinya, tanaman hias merupakan jenis tanaman yang dikenal memiliki tampilan yang cantik dan dapat memperindah suasana lingkungan atau rumah.

Salah satu jenis gangguan yang paling mengganggu dan dapat memberikan dampak kerugian yang besar dalam budidaya tanaman hias adalah timbulnya penyakit. Jika tidak diatasi dengan benar maka akan dapat menyebabkan kematian sehingga tentunya akan sangat merugikan dn berbahaya.

Pada tanaman hias serangan yang disebabkan oleh penyakit penanggulangngannya relatif lebih sulit dibandingkan serangan hama.

Terdapat setidaknya tiga penyebab utama yang dapat menimbulkan penyakit pada tanaman hias, ketiga penyebab tersebut adalah jamur, bakteri dan virus. Tentu saja cara mengatasi penyakit yang disebabkan oleh ketiganya juga berbeda beda sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.

Berikut akan penulis uraikan mengenai Penyakit Pada Tanaman Hias Dan Cara Mengatasinya – panduan lengkap.

Cara mengatasi penyakit bercak daun

Penyakit bercak daun menjadi jenis penyakit pertama yang paling banyak menyerang tanaman hias.

Gejalanya ditunjukkan dengan timbulnya bercak cokelat pada permukaan daun, makin lama jika dibiarkan bercak akan semakin melebar. Sehingga hal ini akan sangat mengganggu tampilan terutama jika menyerang jenis tanaman hias daun.

Penyebab utama penyakit ini disebabkan oleh serangan jamur yang terjadi karena kelembaban sekitar terlalu tinggi. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara memotong atau memangkas bagian yang terserang lalu kemudian membuangnya jauh jauh. Serta juga menjaga kelembaban sekitar tanaman dengan rajin melakukan pemangkasan pada daun daun tua.

Jika intensitas serangan sudah parah maka sebaiknya tanaman yang terserang segera dibuang dan dijauhkan. Sebab jika tidak maka dikhawatirkan akan menular dengan cepat apalagi jika musim penghujan tiba. Dapat juga dikendalikan dengan penyemprotan fungisida seperti merk Dithane atau Antracol seperti pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.

Cara mengatasi penyakit bercak hitam (black spot)

Penyakit ini juga disebabkan oleh serangan jamur karena kelembaban yang terlampau tinggi. Gejalanya akan Nampak pada daun tanaman yang tua dan mengalami kerontokan dimana terdapat bercak hitam yang lama kelamaan akan menjalar ke bagian pucuk tanaman.

Penyakit black spot ini akan menyerang tanaman terutama pada jenis tanaman hias yang berada dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang jelek.

Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan cara pertama dengan menjaga kelembaban dan sirkulasi udara sekitar tanaman dan lingkungan.

Kemudian buang bagian tanaman yang terserang agar tidak menular kebagian lainnya, jika intensitas serangan sudah sangat para maka dapat diatasi dengan menyemprotkan larutan fungisida dengan merk Dithane, Benlate atau Vondozeb.

Cara mengatasi penyakit layu Fusarium

Penyakit layu fusarium disebabkan karena juga merupakan jenis penyakit yng disebabkan oleh serangan jamur Fusarium, sp. Gejalanya akan nampak pada tanaman hias yang diawali dengan terjadinya pembusukan pada akar lalu kemudian tanaman akan layu seperti dehidrasi atau kekurangan air, daun menguning dan keriput sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.

Jika tidak ditanggulangi maka akan dapat menyebabkan kematian pada tanaman hias serta juga penyakit ini relatif sangat mudah menyebar dan menular.

Karenanya dapat diatasi dengan cara memotong bagian akar tanaman yang terinfeksi lalu kemudian diolesi fungisida yang memiliki bahan aktif bonomyl atau juga dapat dilakukan penyemprotan memakai fungisida merk Benlate.

Cara mengatasi penyakit Busuk Basah (Soft rot)

Penyakit busuk basah yang dapat menyerang tanaman hias disebabkan oleh serangan bakteri Erwinia. Sp. Penyakit ini akan muncul pada saat musim penghujan tiba karena kelembaban yang terlalu tinggi.

Gejalanya diawali dengan daun tanaman yang melunak dan kemudian ikut berubah warna, lalu kemudian lama kelamaan akan mengalami pembusukan dan juga mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Jika intensitas kelembaban tetap tinggi maka penyakit ini akan dengan sangat mudah menyebar. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan pengendalian kelembaban dengan cara menjaga drainase tetap baik sehingga tidak ada air yang menggenang.

Atau dapat juga dengan cara menyuntikkan cairan yang mengandung streptomycin, atau tetracylin pada bagian batang jika serangan secara individu. Jika serangan sudah meluas maka dapat dilakukan penyemprotan memakai Cupcrocide dan agrimycin.

Cara mengatasi penyakit Virus Mosaik

Penyakit ini biasa dikenal dengan istilah penyakit keriting dimana gejalanya ditunjukkan dengan timbulnya bercak bercak pada seluruh permukaan daun sehingga warnanya tidak merata.

Ini akan menimbulkan daun memiliki tampilan yang tidak menarik karena warna daunnya menjadi belang belang dan daun melengkung. Pertumbuhan tanaman juga akan tidak optimal dan bunga tidak tumbuh secara sempurna.

Penyakit ini dapat menular dengan mudah melalui peralatan atau tangan yang terkontaminasi, dapat juga menular melalui serangga. Cara mengatasi serangan penyakit karena virus ini adalah dengan cara segera memisahkan tanaman yang terserang dan yang sehat dan juga tanaman yang terserang segera dibakar. Untuk obatnya sendiri hingga saat ini belum ditemukan.

Nah, itulah tadi penjelasan dan uraian singkat mengenai Penyakit Pada Tanaman Hias Dan Cara Mengatasinya – panduan lengkap. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tanaman Hias