Sponsors Link

Cara Merawat Bunga Jemani agar Tetap Subur dan Indah

Sponsors Link

Banyak orang yang mencoba cara budidaya anthurium jemani karena tanaman ini memiliki ciri khas yang unik bagi pecintanya. Bagi anda yang belum mengetahui kenapa anthurium jemani menjadi jenis tanaman yang banyak diminati karena anthurium jemani ini memiliki daun yang indah.

ads

Selain itu cara budidaya anthurium jemani sangat mudah dilakukan. Demikian halnya bagi anda pemula tidak perlu khawatir untuk merawat tanaman ini, caranya tidak jauh berbeda dengan merawat tanaman jenis lain.

Bentuk daun yang indah menjadikan anthurium diminati. Namun tidak hanya daunnya saja yang diminati. Bagian bunga jemani pun diminati oleh pecintanya. Tetapi apakah sama cara merawat bagian daun dan bunga jemani ?. Informasi selengkapnya bisa anda simak berikut ini.

1. Penyiraman Rutin Pagi Dan Sore

Kegiatan ini harus anda lakukan secara rutin karena tanaman yang disiram sesuai dengan waktunya cenderung tumbuh dengan baik daripada tanaman yang tidak disiram sesuai dengan waktunya. Penyiraman bunga anturium jemani bisa anda lakukan sesuai dengan kondisi suhu.

Apabila suhu lingkungan dalam keadaan yang panas, pastikan anda menjaga kondisi media tanam bunga jemani anda agar tetap lembab. Walaupun tanaman disiram secara rutin, ada hal yang perlu anda perhatikan yaitu tanah sebagai tempat anda menanam bunga jemani tidak boleh becek. Hal ini dapat mengakibatkan bunga jemani bisa busuk dan mudah terserang penyakit tanaman.

2. Pemupukan Dengan Alami dan Buatan

Pemupukan tanaman bisa anda dilakukan di awal penanaman dan di akhir penanaman. Selain itu pemukuan tanaman bisa anda lakukan kurang lebih sebulan sekali. Faktor kebutuhan nutrisi tidak hanya didapatkan tanaman dari media tanam dan air saja tetapi membutuhkan nutrisi lebih lewat pemupukan. Jenis pupuk yang bisa digunakan untuk bunga jemani bisa bermacam macam tergantung tujuan anda.

Apabila pemupukan diperuntukkan untuk meningkatkan jumlah bunga jemani, anda bisa membuat pupuk alami dengan cara membuat pupuk kompos vermikompos dan kandang menggunakan bahan bahan organik. Sedangkan pupuk buatan seperti npk bisa anda gunakan. Adapun zat pengatur tumbuh untuk bunga seperti zpt giberelin (GA) dan zpt etilen.

3. Basmi Hama dan Penyakit Bunga Jemani

Harganya yang fantastis tentunya tidak lepas dari yang namanya serangan hama dan penyakit. Bunga jemani jenis anthurium ini biasa diserang oleh ulat, kutu putih, bercak daun, jamur, belalang, cacing, keong dan masih banyak lagi. Beberapa cara yang bisa anda lakukan sangat banyak.

Pertama anda bisa membersihkan permukaan daun dengan lap yang sudah diberi fungisida apabila bunga jemani terserang oleh jamur. Kedua anda bisa membuang cacing dan keong secara manual apabila tingkat penyerangan kedua hewan ini belum terlalu parah.

Ketiga anda bisa menggunakan insektisida sebagai langkah efektif membasmi hama ulat hongkong, kutu putih dan bercak daun. Keempat anda bisa menganti media tanam apabila hama dan penyakit berasal dari media tanam bunga jemani. Penggantian media tanam bisa anda lakukan dengan menjemur medianya terlebih dahulu di bawah sinar matahari supaya tidak ada makhluk mikroskopis yang bisa menyebabkan kerusakan pada bunga jemani anda. 


4. Potong Bagian Tanaman Jemani Yang Rusak

Kategori tanaman bunga jemani yang rusak bisa anda lihat dengan ciri bunga yang mudah layu atau terserang hama sehingga bagian bunga ada yang bolong atau benjol. Penanggulangan yang bisa anda lakukan dengan membasmi hama dan penyakit bunga jemani.

Selain pembasmian hama dan penyakit bunga jemani menggunakan obat alami dan kimia, anda bisa menggunakan dengan cara manual. Cara manual yaitu memotong bagian bunga jemani yang rusak menggunakan alat potong seperti gunting setek atau tangan anda. Pastikan saat anda memotong hanya bagian bunga jemani yang rusak saja.

5. Ganti Tempat Tumbuh Bunga Jemani Secara Berkala

Setiap tanaman tentunya mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Ada beberapa tanaman yang mengalami pertumbuhan ke bagian akar, daun maupun batang tergantung dari jenis tanamannya. Tanaman anthurium yang kita kenal memag jarang sekali dijumpai dalam pertumbuhan yang tinggi karena tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman hias.

Namun tidak menutup kemungkinan bunga jemani yang anda tanam akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Cara yang tepat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bunga jemani menjadi lebih baik dengan mengganti tempat tumbuh bunga jemani secara berkala. Artinya bunga jemani yang anda tanam perlu diganti apabila pertumbuhan dan perkembangan bunga jemani sudah melebihi tempat tanamnya.


Tanda yang cukup terlihat dengan melihat kondisi pot yang anda gunakan. Apabila sudah muncul akar ke luar pot atau bagian pot ada yang pecah karena bagian tanaman bunga jemani, sebaiknya anda mengganti pot bunga jemani anda.

Tidak melulu menggunakan jenis pot plastik atau tanah liat. Anda bisa menggunakan jenis pot dari kaleng, tempat lampu atau ban sebagai penggantinya. Penggunaan jenis pot seperti ini bisa anda coba untuk menanam tanaman lain seperti cara membuat taman bunga dari barang bekas dan cara menanam hidroponik untuk pemula.

6. Pengaturan Sinar Matahari

Tempat yang teduh dan minimnya sinar matahari rupanya menjadi tempat yang cocok untuk bunga jemani ini. Dengan dmikian anda bisa menempatkan tanaman ini di dalam ruangan dan di luar ruangan. Jika anda menempatkannya di dalam ruangan, pastikan bunga jemani anda sesekali terkena sinar matahari supaya tanaman memiliki kecukupan akan kebutuhan sinar matahari.

Bagi anda yang menyimpan bunga jemani di luar ruangan, anda perlu memperhatikan pada jam jam tertentu seperti siang hari, anda bisa memindahkan pot bunga jemani anda ke tempat yang teduh. Jika memang tidak ada tempat yang teduh anda bisa menempatkannya di dekat tanaman yang memiliki ukuran yang lebih tinggi dari bunga jemani atau memaksimalkan kebutuhan air tanaman bunga jemani anda.

Nyatanya merawat anthurium jemani memaang tidak jauh berbeda dengan merawat anthurium jenis lain bukan ?. Oleh karena itu tidak salah jika anda mencoba cara budidaya anthurium jenis gelombang cinta. Sekian informasi yang dapat ilmubudidaya sampaikan kepada anda. Sampai jumpa dipertemuan selanjutnya.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Bunga