Sponsors Link

Cara Merawat Bunga Putri Salju Agar Selalu Indah dan Subur

Untuk memperindah halaman rumah anda, banyak hal yang bisa anda lakukan dan tidak haru mengeluarkan biaya berlebihan. Apalagi bila anda menginginkan sebuah halaman yang tampak segar dan natural, maka dengan menanami berbagai macam tumbuhan bisa membuat suasana halaman anda terlihat lebih indah.

Hal ini tentunya bisa dilakukan oleh anda dalam berbagai metode atau cara yang relatif mudah dilakukan, terlebih banyak tanaman alternatif yang bisa dijadikan penghias halaman rumah anda.

Salah satu tanaman hias yang bisa membuat halaman rumah anda akan terlihat eksotis adalah dengan menanam tanaman putri salju. Mungkin bagi sebagian orang tanaman ini belum begitu dikenal, akan tetapi dengan bentuknya yang unik maka bisa jadi membuat halaman rumah anda lebih sedap dipandang.

Akan sebuah keindahan yang bisa di hadirkan oleh tanaman putri salju anda bisa memulai untuk menanamnya karena tanaman ini tergolong tanaman yang sangat tangguh.

Baca juga : Cara Membuat Pupuk dari Limbah Ikan

Karakteristik Tanaman Putri Salju

Tanaman putri salju merupakan sebuah tanaman yang sangat indah dan bagian tanaman yang paling menonjol adalah daunnya, akan tetapi banyak orang yang beranggapan bahwa tanaman putri salju merupakan tanaman jenis bunga. Apabila anda mencermati tanaman putri salju secara fisik maka tidaklah heran bila daun dari tanaman ini sangatlah menonjol, namun tentunya di sebagian varietas yang lainnya putri salju mampu menghadirkan tunas bunga.

Meskipun menghadirkan bunga akal tetapi lagi-lagi daun nyalah yang menjadi daya pikat tanaman putri salju dan menjadikannya mudah dikenali karakteristiknya. Tanaman putri malu dikenal di negara lain dengan sebutan Dusty miller, dan meskipun bunganya tidak berkesan akan tetapi daya pikat dari daun nyalah yang menjadikan tanaman putri malu sering diburu oleh pecinta tanaman hias.

Baca juga : Cara Menggunakan Pupuk Mutiara Pada Tanaman Cabe

Salah Satu Tempat Untuk Mendapatkan Putri Salju

Tanaman putri salju atau dusty miller memiliki sebuah nama ilmiah dengan sebutan senecio cineraria yang mana merupakan jenis tanaman yang dikategorikan tumbuhan parenial. Hal ini mengindikasikan bahwa tanaman putri salju bisa tumbuh hingga puluhan tahun, ini artinya kekuatan dan daya tahan dari tanaman ini sangat bagus dan tentunya cocok ditanam di halaman anda. Dengan menghadirkan keindahan dan juga tahan lama anda pastinya bisa merasakan keindahan dan kenyamanan setiap saat.

Apabila anda mencoba untuk mendapatkan berbagai jenis varietas dari tanaman putri salju anda bisa menemukannya di daerah Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Bandung Barat. Untuk lebih tepatnya anda bisa menuju langsung ke wisata bunga yang ada di Cihideung Kecamatan Parongpong maka anda bisa menemukan banyak diantaranya tanaman putri salju.

Baca Juga : Jenis Pupuk Hantu dan Kegunaannya

Perawatan Putri Salju

Apabila anda telah mendapatkan salah satu jenis dari tanaman putri salju, ada beberapa hal penting yang perlu anda lakukan untuk bisa membuat tanaman putri salju bisa tumbuh dengan sempurna.

Meskipun bisa bertahan hingga berpuluh-puluh tahun, ada baiknya anda memperhatikan mengenai kebiasaan dari putri malu dan juga media tanam yang cocok untuk bisa ditanami. Akan pentingnya hal tersebut, berikut adalah beberapa keadaan yang harus diperhatikan untuk membuat tanaman Putri salju bisa tumbuh dengan baik, diantaranya adalah :

  1. Memperhatikan Intensitas cahaya matahari

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk dari Kaldu Ikan

Perlu untuk diketahui bahwa tanaman putri salju sangat cocok dengan tempat yang sejuk dan juga teduh. Untuk intensitas cahaya yang diperlukan agar tumbuh maksimal, maka anda harus menempatkannya pada tempat yang tidak terkena sinar matahari yang secara menerus atau langsung sepanjang hari.

Pastikan juga anda selalu menempatkan dengan kira-kira intensitas cahaya sekitar 35 sampai dengan 50 % apabila meletakkannya ada sebuah media pot. Namun apabila anda menanamnya pada sebuah area yang luas tentunya perawatannya sedikit berbeda yakni intensitas matahari diantara 45 sampai dengan 60 persen. 

  1. Memperhatikan Media Tanam Putri Salju

Dalam menempatkan tanaman putri salju anda harus memperhatikan sebuah media tanam yang hendak digunakan.

Dari karakteristik yang diketahui akan tanaman putri salju maka dipastikan tanaman ini sangatlah cocok dengan media tanam yang tidak bantat. Hal ini tentunya mengindikasikan bahwa tanaman ini memerlukan area yang leluasa dalam penanamannya.

Baca juga : Cara Membuat Pupuk dari Limbah Ikan 

  1. Memperhatikan Penyiraman Pada Putri Salju

Agar tanaman putri salju bisa tumbuh dengan sempurna, salah satu langkah penting yang harus diperhatikan adalah dengan selalu memperhatikan penyiramannya. Apabila anda menggunakan pot yang memiliki ukuran sekitar 25 x 35, maka lakukan saja penyiraman dengan sekurang- kurangnya sebanyak 1 kali dalam sehari.

Pastikan juga selalu memperhatikan jumlah airnya yakni sekitar setengah literan air untuk satu pot  dengan ukuran tersebut. Apabila dilakukan secara rutin maka tanaman putri salju bisa tumbuh dengan semestinya dan tanpa gangguan.

Ada beberapa hal lain yang mesti anda perhatikan dalam perawatan putri salju seperti halnya dengan media tanam yang akan dipilih. Pada dasarnya berbagai media tanam bisa dijadikan tempat yang baik asalkan intensitasnya disesuaikan. Karena bila terlalu sering di jemur di panas yang sangat terik, maka pastinya menyebabkan daun dari tanaman putri salju bisa rontok, hal ini tentu saja bisa membuat tanaman mati dengan seketika.

Baca Juga : Pupuk Jimmy Hantu Untuk Cabe

,
Oleh :
Kategori : Bunga