Sponsors Link

Cara Merawat Pohon Pachira Agar Subur

Cara Merawat Pohon Pachira Agar SuburPohon uang rupanya memang sesuatu yang benar-benar ada. Namun, pohon uang bukan berarti pohon tersebut memiliki daun berbentuk uang dan bisa menghasilkan uang.

Pohon ini merupakan pohon biasa dengan daun mirip dengan tanaman-tanaman lainnya. Tanaman tersebut merupakan pohon pachira, yang biasa dikenal juga dengan naman pohon uang atau money tree.

Pohon ini memiliki daun biasa berwarna hijau. Bentuk daunnya menjari, sehingga sekilas mirip dengan bentuk daun singkong. Namun, bedanya daun pohon pachira lebih mengkilap dan teksturnya juga lebih tebal dan kaku.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Pachira aquatic  ini memang belum terlalu populer di Indonesia. Tanaman ini dinamakan dengan nama pohon uang karena tanaman ini dipercaya bisa mendatangkan rejeki yang melimpah bagi pemilik tanaman. Mitos ini memang sudah cukup terkenal.

Batang dari pohon pachira juga sangat unik. Batangnya memiliki warna keabu-abuan. Bentuknya berbonggol dan bisa dikepang menjadi 5 hingga 9 batang. Jika pohon pachira memiliki lebih banyak kepangan, maka harga jualnya akan menjadi semakin mahal. Hal ini karena semakin banyak kepangannya, maka pohon pachira dipercaya akan bisa lebih banyak mendatangkan banyak rejeki bagi pemiliknya. Jika tertarik, Anda bisa ikuti tips memulai budidaya tanaman hias.

Selain bisa mendatangkan rejeki, bagi pengantin baru tanaman pachira juga dipercaya bisa menjadi simbol kemakmuran dan kesejahteraan pasangan baru. Jika tertarik, bisa ikuti cara membuat tanaman darat menjadi tanaman air.

Merawat pohon pachira juga bisa dibilang relatif mudah. Anda bisa melakukannya sendiri dengan mudah. Biayanya juga tidak terlalu mahal. Berikut adalah uraian lebih lengkap mengenai cara merawat pohon pachira. Tentu akan berbeda dengan cara merawat bunga melati mini dalam pot agar cepat berbunga.

  • Tanaman pachira sebaiknya ditanam di tanah yang subur dan gembur agar tanaman mendapatkan cukup nutrisi. Hal ini penting agar tanaman bisa tumbuh dengan subur dan baik
  • Tanah yang digunakan untuk menanam pohon pachira bisa dicampur dengan pupuk kompos. Bisa ikuti cara membuat pupuk kompos vermikompos
  • Pemberian pupuk kompos untuk pertumbuhan pohon pachira hanya perlu di awal penanaman saja. Selanjutnya, tanaman tidak perlu diberi pupuk kompos lagi secara rutin
  • Tanaman pachira perlu untuk disiram secara rutin untuk mendapatkan cukup air. Penyiraman bisa dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari dan pada sore hari
  • Jika diperlukan, Anda bisa menyemprotkan cairan anti hama pada tanaman pachira agar bebas dari serangan hama yang merugikan
  • Tanaman pachira sudah bisa dikepang batangnya jika usianya sudah mencapai 3 hingga 5 bulan setelah penanaman atau tinggi tanaman sudah mencapai sekitar 20 cm
  • Tanaman pachira yang akan dikepang sebaiknya ditaruh di dalam ruangan selama sekitar satu minggu agar batangnya menjadi agak lunak dan layu. Batang yang akan dikepang sebaiknya berwarna abu-abu dan tidak kekuningan. Cara mengepangnya mirip dengan cara mengepang rambut.

Dari mitos tersebut, banyak orang yang menjadi tertarik mengembangkan pohon pachira. Tanaman ini juga bisa menjadi tanaman hias yang bisa membuat ruangan atau taman menjadi lebih indah. Biasanya, di toko tanaman ini dijual dalam bentuk yang sudah terkepang maupun yang belum terkepang.

Tanaman yang belum terkepang biasanya harga jualnya masih lebih murah. Tanaman pachira biasanya diletakkan di dalam ruangan tertentu, seperti ruang kerja atau di dalam toko. Pahami dulu mengenai pengertian dan fungsi budidaya tanaman hias.

Demikian penjelasan mengenai cara merawat pohon pachira. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Pohon