Sponsors Link

Tanaman Yang Cocok Untuk Usaha Perkebunan di Dataran Rendah

Sponsors Link

Tanaman Yang Cocok Untuk Usaha Perkebunan Di Dataran Rendah, menjadi topic menarik yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Sebagaimana kita tahu sektor pertanian terutama tanaman perkebunan menjadi salah satu sektor yang produktif dan sangata diandalkan. Hal ini Nampak dari bnyaknya para masyarakat yang mengantungkan diri dan pendapatan serta penghasilan dari perkebunan.

ads

Selain itu juga, dengan dukungan luas wilayah dan juga kesuburan tanah yang tinggi membuat jenis tanaman perkebunana dapat tumbuh dengan subur dan menhasilkan produktofitas hasil yang baik. Namun, dengan bentang alam serta ketinggian tempat yang berbeda maka akan berbeda pula jenis tanaman perkebunan yang dapat dibudidayakan.

Berikut telah penulis rangkum  mengenai Tanaman yang cocok untuk usaha perkebunan di dataran rendah, silahkan disimak

Kelapa

Kelapa atau yang memiliki nama latin Cocus nucifera merupakan anggota yang masih dala satu family dalam suku aren arenan atau Arecaceae. Tanaman kelapa hampir dapat dimanfaatkan semua bagiannya misalnya buahnya dipakai sebagai konsumsi baik saat muda yang disebut dugan dan yang tua dapat dibuat santan daging buahnya. Batangnya dapat dipakai sebagai kayu yang memiliki kualitas baik. Daunnya dapat dipakai sebagai atap bangunan dan juga bungkus ketupat.

Bisa dibilang bahwa tanaman ini sangat kaya dan memiliki beragam manfaat. Sehingga sangat wajar jika kemudian kelapa disebut sebagai tanaman yang serbaguna.

Air kelapa juga sangat baik untuk mengobati dehidrasi karena mengandung elektrolit alami bahkan kini kelapa sangat bermanfaat dalam dunia kosmetik. Yang paling tidak terduga adalah akar pohon kelapa menjadi inspirasi dalam pembuatn cakar ayam berbagai bangunan di dunia.

Perkebunan kelapa akan dapat kita temui dengan mudah didataran rendah terutama diwilayah pesisir pantai. Ini menendakan bahaw tanaman kepala menjadi salah satu tanaman perkebunan yang dapat dibudidayakan didataran rendah.

Hal ini disebabkan oleh ketinggian serta juga kondisi iklim dataran rendah yang rekatif berhawa panas dapar mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman kelapa dengans sngat baik sehingga kualitas buah yang dihasilkan sangatlah baik.

Meskipun demikian tanaman kelapa masih tetap dapat ditanam diwilayah dataran tinggi. Namun tentunya memiliki kekurangan yakni kualitas buahnya tidaklah sebaik sebagaimana yang dihasilkan di daerah dataran rendah. Selain itu juga lama waktu hidupnya relative lebih pendek jika tanaman kepala ditanaman didataran tinggi. Berbeda dengan yang di tanam di dataran rendah relative dapat bertahan hidup hingga puluhan tahun lamanya.

Buah kelapa merupakan bahan utama dalam pembuatan kopra atau minyak kelapa yang sudah dikenal sejak lama memiliki manfaat yang amat besr serta menjadi salah satu jenis minyak berkualitas baik. Sehingga tidak heran jika hampir di semua wilyah dataran rendah akan ditemui perkebunan kelapa dari skala kecil hingga skala besar yang luasanna bis mencapai ratusa rubu hektare. 


Kelapa Sawit

Kelapa sawit menjadi salah satu komoditas unggulan dalam bidang perkebuanan. Kelapa sawit adalah tanaman yang sangat penting dalam industry peghasil minyak maska (baik minyak industry, hingga bakan bakar atau biodiesel).

Perkebunan kelapa sawit sangatlah menguntungkan sebab harga kelapa sawit dipasaran relatif stabit baik di dalam negeri bahkan hingga luar negeri sawit menjadi salah satu komoditaas ekspor unggulan.

Kita patut berbangga sebab indonesai menjadi Negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Inilah yang kemudian menyebabkan kita dpat dengan sangat mudah menemukan perkebunan kelapa sawit hampir diseluruh wilayah indonesis terutama di wilyah yang notabene adalah dataran rendah sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.

Untuk dapat menghasilkan buah berkualitas baik tanaman kelapa sawit harus ditanam pada daerah dengan suhu tinggi atau dataran rendah yang relative panas sert memiliki curah hujan yang rendah. Jika curah hujan tinggi maka akan sangat berdampak pada jumlah dan kualitas buah yang dihasilkan seperti pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag..

Maka dari itu tanaman kelapa sawit merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat ditanam sebagai tanaman perkebunan di wilayah dataran rendah.  Hal ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang berada di dataran rendah yang mencoba membuka dan mengkonversi lahan lahan menjadi perkebunan kelapa sawit. Serta juga banyak perusahaan besar baik pemerintah dan swasta yang memiliki ribun hectare lahan kelapa sawit.


Karet

Karet merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat menghasilkan getah yang mengandung polimer hidrokarbon yang jika diolah nantinya kan menjadi bahan dasar dalam pembutan dan serta beberapa jenis produk karet lainnya.

Tanaman karet hanya dapat ditanamn di dataran rendah sebab tanaman ini sangat rentan terhadap cuaca dingin dan curah hujan tinggi sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.

Jika curah hujan tinggi maka tanaman tidak akan mampu menghasilkan getah karet yang nantinya akan diproses dan diolah. Perkebunan karet hampir dapat ditemukan pada semua wilayah di daerah dataran rendah. Baik perkebunan karet rakyat hingga perkebunan karet milik swasta dan pemerintah yang luasnya bisa mencpak ribuan hectare.

Nah, itulah tadi 3 Tanaman yang cocok untuk usaha perkebunan di dataran rendah, semoga dpat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Tanaman