Sponsors Link

3 Cara Stek Bunga Mawar Agar Cepat Tumbuh

Sponsors Link

Bagi sebagian besar orang terutama wanita pasti menggemari bunga entah itu berupa karangan ataupun tanaman pada umumnya. Ada banyak sekali jenis bunga yang bisa and jumpai di pasaran ataupun toko.

ads

Mulai dari jenis bunga kecir seperti baby breath hingga bunga berukuran besar seperti bunga matahari. Selain itu ada salah satu jenis bunga yang sangat populer dan menjadi salah satu bunga yang paling laris di pasaran. Bunga mawar merupakan jenis bunga yang saat ini telah banyak dibudidayakan dan di tanam.

Berbeda dengan jenis bunga lainnya selain memiliki aroma yang harum berbeda jika anda melihat Cara Mengatasi Penyakit Bulai (Gemini) pada Cabe, bunga mawar memiliki banyak sekali jenis dan ukuran. Selain itu bentuknya yang sangat artistik dapat memikat banyak orang. Secara ilmiah mawar merupakan salah satu jenis tanaman semak dari genus rosa dan sudah dapat ditemui di berbagai daerah di belahan bumi termasuk Indonesia. Ada lebih dari 100 jenis bunga mawar di alam liar, hal ini tentunya dibedakan dari warna, ukuran, dan bentuk pada tumbuhan serta bunga mawar itu sendiri.

Di alam liar sendiri dapat ditemui bunga mawar dengan ketinggian sekitar 2 hingga 5 meter, selain itu ada banyak sekali jenis mawar yang saat ini dapat anda temui di pasaran. Mulai dari mawar putih, merah, ungu, pink, biru, kuning, hingga mawar dengan warna hitam.

Dengan warna serta bentuk yang menarik, tentu saja mawar memiliki banyak sekali manfaat di bidang seni dan dekorasi. Kebanyakan orang menggunakan mawar sebagai bahan dekorasi ruang ataupun tempat berbeda dengan Cara Mengatasi Penyakit Embun Tepung pada Melon, tidak hanya itu mawar juga memiliki manfaat di bidang kesehatan dan kecantikan.

Hal ini tentu saja terkait dengan kandungan nutrisi pada bunga mawar yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Ada banyak sekali orang memanfaatkan mawar sebagai salah satu bahan dasar produk kecantikan ataupun kesehatan.

Dengan banyaknya manfaat dari bunga mawar serta keindahannya tentunya bunga ini bisa dijadikan sebagai salah saatu pilihan alternatif bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam. Ada banyak sekali cara untuk menanam ataupun membudidayakan bunga mawar. Salah satunya yaitu dengan stek batang, dan berikut kami sampaikan bagaimana cara stek bunga mawar yang benar dan praktis.

Cara Stek Bunga Mawar yang Benar

  1. Batang Bunga Mawar

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara stek bunga mawar yang benar yaitu seperti jika anda melakukan stek pada umumnya, anda harus menyiapkan indukan bunga mawar. Hal ini tentunya terkait dengan batang bunga mawar yang ingin anda stek berbeda dengan Cara Mengatasi Penyakit Kolera pada Unggas, dan berikut penjelasannya :

  • Pertama anda bisa memilih jenis bunga mawar yang anda inginkan, pastikan bunga mawar tidak terlalu sulit untuk proses perawatannya nanti.
  • Setelah itu anda bisa memilih indukan yang berkualitas baik dengan ciri, tanaman memiliki bentuk dan struktur yang baik, tidak cacat, rusak ataupun terjangkit hama dan penyakit.
  • Anda bisa mendapatkannya di toko bunga secara langsung ataupun online, untuk mengetahui bagaimana kualitas dari tanaman maka anda bisa melihat review ataupun bertanya pada pemilik toko.
  • Langkah selanjutnya setelah anda memperoleh indukan yang anda inginkan, pilih batang pada tanaman yang sudah tua.
    Sponsors Link

  • Anda bisa memilih bagian batang yang dekat dengan akar atau anda bisa memilih batang dengan duri berukuran lebih besar disbanding dengan bagian batang lainnya.
  • Potonglah sekitar 7 hingga 10 cm dengan pisau atau gunting yang taja, agar tidak merusak jaringan kambium dan serat pada batang bunga mawar.
  1. Pembibitan

Langkah selanjutnya dalam cara stek bunga mawar yang benar yaitu melakukan pembibitan berbeda dengan Cara Menanam Melon dengan Sistem Lesehan, pembibitan yang dimaksud yaitu memulai stek batang pada batang bunga mawar yang sudah anda siapkan sebelumnya. Berikut merupakan penjelasan mengenai cara stek batang bunga mawar dengan tepat :

  • Pertama, andaharus membuat media pembibitan atau biasa juga dikenal dengan media semai. Caranya sangat mudah dan praktis, anda hanya perlu menyediakan tanah, sekam, dan pasir.
  • Langkah selanjutnya sediakan beberapa polybag sebagai tempat media pembibitan. Sebenarnya untuk pembibitan anda bisa menggunakan cairan nutrisi dan cairan hormon untuk mempercepat proses pertumbuhan akar.
  • Namun akan lebih praktis jika anda memanfaatkan apa yang ada. Campurkan tanah yang sudah digemburkan terlebih dahulu, sekam dan pasir dengan perbandingan 2: 1: 1.
  • Untuk pembibitan anda tidak perlu menambahkan pupuk karena pupuk dapat menghambat proses pertumbuhan akar. Letakkan tanah campuran pada polybag dan sisakan ruang kosong di bagian atas agar ketika anda memindahkan media tanam tidak tumpah.
  • Buatlah beberapa lubang di bagian bawah untuk mencegah pembusukan pada akar nantinya dan buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 5 hingga 10 cm atau anda bisa langsung menancapkan batang bunga mawar dengan kedalaman setengah tinggi dari media tanam.
ads
  • Siram media tanam dengan air untuk melembabkan tanah. Untuk menyiram jangan terlalu berlebihan karena dapat memicu busuk akar.
  • Pindahkan media tanam di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Akan lebih baik jika anda menempatkannya di ruang yang gelap untuk mempercepat pertumbuhan akar pada tanaman.
  • Lakukan proses perawatan pada bibit hingga muncuk 3 atau 4 helai daun, ini merupakan tanda bahwa bibit sudah siap untuk dipindahkan.
  1. Media Tanam

Setelah bibit sudah siap dipindahkan berbeda dengan Cara Menanam Jahe dengan Media Karung, langkah selanjutnya dalam cara stek bunga mawar yang benar yaitu membuat media tanam. Untuk membuat media tanam tentunya berbeda dengan cara membuat media semai, berikut penjelasannya :

  • Pertama anda bisa memilih media tanam berupa pot ataupun di tanah secara langsung.
  • Untuk pemilihan media tanam di dalam pot, ada banyak sekali jenis pot yang bisa anda pilih. Mulai dari jenis pot biasa, pot poselain, hingga pot gantung.
  • Sedangkan jika anda memilih menanamnya di tanah secara langsung, anda bisa memilih berbagai jenis lahan dengan kriteria bersih dari limbah dan bebas dari asap dapur ataupun kendaraan bermotor. Dan yang paling penting yaitu memiliki tekstur tanah yang gembur dan subur.
  • Setelah itu campurkan tanah, pasir dan pupuk dengan perbandingan 2: 1: 1. Dan masukkan ke dalam pot dan buatlah lubang tanam.
  • Pisahkan media semai dan bibit secara perlahan agar teksturnya tidak rusak, dan tanam pada pot yang telah anda sediakan.
  • Jika anda ingin menanam di lahan tanam secara langsung, anda bisa melakukan pemupukan dan penggemburan terlebih dahulu baru bisa menanamnya.
  • Setelah anda menanam, pastikan anda melakukan perawatan pada tanaman bunga mawar anda untuk menjaga keindahan dan kesehatannya.
  • Anda bisa melakukan proses penyiraman, pemangkasan, pencegahan dan mengatasi hama pada bunga mawar anda.
  • Proses pemangkasan wajib dilakukan untuk meregenerasi sel dan menjaga pertumbuhan serta perkembangan pada tumbuhan agar berbunga lebih banyak dan subur.

Berikut ini adalah video cara stek bunga mawar yang baik dan benar.

Itulah langkah- langkah dalam cara stek bunga mawar yang dapat kami sampaikan. Lakukan dengan baik dan tepat agar bunga mawar anda selalu indah dan menarik. Semoga informaasi di atas dapat bemanfaat dan menambah wawasan anda. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Stek