Sponsors Link

Jenis Tanaman yang Tidak Terlalu Membutuhkan Sinar Matahari dan Perawatannya Mudah

Jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari, sebagaimana kita tahu bahwa cahaya matahari memiliki fungsi yang penting dalam upaya mendukung pertumbuhan tanaman.

Perannya yang sangat penting terutama dalam proses fotosintesis menjadikan sinar atau cahaya matahari menjadi kebutuhan pokok bagi tanaman. Sebab jika dihubungkan fotosintesis sendiri merupakan proses yang sangat penting bagi tanaman.

Meskipun demikian ternyata ada beberapa tanaman yang tidak memerlukan sinar matahari dalam jumlah besar. Artinya bahwa tanaman tersebut masih dapat tumbuh dengan baik meskipun hanya mendapat sinar matahari yang minim. Justru jika mendapat sinar matahari terlalu banyak malah akan menganggu pertumbuhan tanaman tersebut.

Penasaran jenis apa sajakah tanaman tersebut, umumnya merupakan jenis tanaman hias sebagaimana yang akan dijelaskan dalam 6 Jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari dan cara perawatannya.

Tanaman Hias Palem Chamaedorea

Tanaman Hias Palem ChamaedoreaTanaman palem paleman Dari jenis Chamaedorea termasuk kedalam jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari. Tanaman ini sangat cocok apabila di tanam didalam ruangan.

Tanaman Palem Chamaedorea merupakan jenis tanaman hias yang sangat mudah ditemukan di Indonesia karena sudah secara luas dikenal oleh masyarakat dan biasanya ditemui di dalam ruangan perkantoran atau juga rumah.

Tanaman Palem Chamaedorea tidak membutuhkan sinar matahari yang banyak karenanya dapat diletakkan didalam ruangan yang tertutup namun sesekali harus dikeluarkan agar kualitas daun tetap hijau.

Perawatan tanaman palem mini sendiri cukup dilakukan dengan menyiramnya dengan rajin serta melakukan pemupukan secara rutin agar pertumbuhan dan perkembangannnya optimal.

Pakis Haji

Tanaman Hias Palem ChamaedoreaPakis haji menjadi jenis tanaman hias yang juga tidak membutuhkan cahaya matahari dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu tanaman ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman indoor.

Tanaman pakis haji merupakan jenis tanaman pakis pakisan yang biasanya tumbuh di dalam hutan dimana kondisinya tidak terkena cahaya matahari full sehingga kemudian seiring dengan perkembangnnya mulai dijadikan sebagai tanaman hias yang cocok sebagai penghias dalam ruangan.

 Habitat alami berada di dalam hutan yang lembab menyebabkan tanaman pakis haji ini juga membutuhkan kelembaban yng tinggi.

Sehingga dalam merawatnya anda harus menempatkannya dalam ruangan yang kondisinya lembab seperti area kamar mandi dan juga jangan lupa untuk selalu melakukan penyiraman agar tanaman tidak mengalami dehidrasi sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.

Lidah Mertua

Jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahariTanaman yang satu ini sudah sangat dikenal luas dan bahkan pada awalnya dianggap sebagai gulma karena memiliki pertumbuhan yang sangat cepat.

Lidah mertua juga termasuk kedalam tanaman hias yang tak membutuhkan sinar matahari dalam jumlah banyak karenanya sangat cocok jika ditanam sebagai tanaman indoor.

Terlebih lagi pemeliharaan dan perawatannya juga sangat mudah sehingga menanam tanaman ini tidaklah repot karena tidak ada perawatan khusus yang harus anda lakukan.

Sirih

Tanaman Hias Palem ChamaedoreaTanaman sirih selain dikenal sebagai tanaman obat juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Tanaman yang satu ini juga termasuk kedalam tanaman yang tidak memerlukan sinar matahari dalam jumlah banyak, bahkan jika terlalu banyak terkena cahaya matahari malah daunnya akan mengalami perubahan warna yang juga bentuk dimana ukurannya akan menjadi kecil kecil sehingga nilai estetikanya akan hilang.

Tanaman sirih sangat cocok ditanam di dalam rumah dengan cara ditanam di dalam pot gantung dan digantung diruangan.

Perawatannya juga sangat mudah cukup dengan melakukan penyiraman dan juga pemupukan secara rutin. Serta juga lakukan pemangkasan jika sulur tanaman sirih sudah tumbuh memanjang hal ini untuk mempertahankan nilai estetika dan keindahannya.

Spider Plant

Jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahariTanaman hias yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yakni memiliki warna daun yang berwarna hijau dengan gradasi warna putih pada pinggirannya.

Sangat cocok ditanam didalam ruangan karena pada dasarnya tanaman ini merupakan jenis tanaman hias yang tidak membutuhkan cahaya matahari banyak. Namun tetap memerlukan sinar matahari dalam jumlah kecil sehingga anda dapat meletakannya di teras rumah sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.

Tanaman spider plant sendiri merupakan jenis tanaman yang sangat mudah dibudidayakan. Selain itu perawatan dan pemeliharaannya juga relatif sangat mudah anda hanya perlu menjaga agar tanaman tidak mengalami kekeringan dengan cara penyiraman yang rutin serta juga setiap 2-4 minggu sekali lakukan pemupukan NPK dengan dosis 10-15 gram.

Begonia

Jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahariTanaman hias berbunga yang satu ini ternyata termasuk kedalam jenis tanaman yang tidak terlalu memerlukan sinar matahari yang  banyak sehingga tentunya harus diletakkan didalam ruangan.

Ternyata jika terkena cahaya matahari full maka kualitas warna bunganya akan menurun dimana warna bunga yang dihasilkan tidak akan secerah jika ditanam di dalam ruangan.

Agar tanaman tumbuh baik maka perawatan yang perlu dilakukan adalah selain penyiraman yang rutin juga pemupukan serta perempelan tunas atau bagian tanaman yang mati termasuk juga bagian bunganya.

Gunakan pupuk organik yang dikombinasikan dengan pupuk NPK secara rutin agar tanaman lebih rajin berbunga seperti pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag..

Nah, itulah tadi penjabaran singkat mengenai 6 Jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari dan cara perawatannya. Semoga dapat bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tanaman