Sponsors Link

Jenis Tumbuhan yang Cepat Tumbuh dan Bisa Dipanen dalam Waktu Singkat

Sponsors Link

Jenis tumbuhan yang cepat tumbuh dalam 3 hari, tahukan anda bahwa ternyata ada beberapa jenis tanaman yang dapat tumbuh dalam waktu yang singkat yang tentunya berbeda dengan  cara menanam nangka mini di pot. dan  cara mengolah tanah tandus agar menjadi subur.

ads

Selain itu dapat dipanen dalam waktu yang relatif cepat. Sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin mencoba memulai bercocok tanam dengan hasil yang cepat. Beberapa jenis tanaman yang dapat tumbuh cepat rata rata adalah tanaman sayuran hijau.

Yuk langsung saja kita simak. 10 Jenis tumbuhan yang cepat tumbuh dalam 3 hari berikut ini :

  1. Bayam

Bayam yang merupakan salah satu jenis sayuran hijau sumber zat besi ini merupakan jenis tanaman yang sangat cepat tumbuh. Benih bayam yang disebar akan dapat tumbuh dalam waktu singkat yakni 2-3 hari saja.

Biasanya pada hari ke 5 tanaman sudah mulai mengeluarkan daun sejati. Apalagi jika anda melakukan penutupan pada bagian atas bedengan setelah benih di tebar maka waktu tumbuhnya akan lebih cepat.

Hal ini sesuai dengan umur panen bayam sendiri yang dapat dipanen antara 18-21 hari setelah tanam. Khusus untuk dataran tinggi dengan kualitas tanah dan kesuburan yang tinggi waktu panen dapat lebih cepat lagi sebagaimana  media tanam cemara udang.

  1. Kangkung

Kangkung juga termasuk kedalam salah satu jenis tumbuhan yang cepat tumbuh. Salah satu jenis sayuran hijau yang amat digemari ini dapat tumbuh dalam waktu 3 hari, dan tentunya juga dapat dipanen dalam waktu yang ralatif singkat.

Baik kangkung cabut ataupun kangkung air keduanya merupakan tumbuhan yang sama sama relative cepat dan sangat mudah tumbuh.

  1. Kecambah

Pastinya tumbuhan yang satu ini sudah sangat begitu familiar bagi anda semua. Kecambah merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat cepat tumbuhnya, bahkan hanya membutuhkan waktu satu malam saja.

Cara menumbuhkannya juga relatif cukup mudah yakni cukup dengan merendam biji kacang hijau selama satu malam, esok paginya anda pasti akan menemukan biji kacang hijau sudah tumbuh, bagaimana mudah bukan.

  1. Daun Bawang

Berbeda halnya dengan tanaman sebelumnya yang ditanam menggunakan benih biji, maka tanaman daun bawang ditanam menggunakan batang dan umbinya.

Anda hanya perlu memotong bagian atas daun yang berwarna hijau dan menyisakan bagian bawah tanaman yang berwarna putih berikut akarnya. Lalu tanam ke tanah dan dalam waktu 2 hari tanaman daun bawang anda pasti akan sudah menunjukkan pertumbuhan tunas baru. Dan dalam waktu 2-3 minggu anda sudah bisa panen sendiri tanaman daun bawang yang anda tanam.

  1. Selada

Selada merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang banyak dipakai d=sebagai bahan hiasan makanan atau garnish. Warnanya yang segar dan bentuknya yang cantik menjadi pelengkap berbagai sajian makanan.

Tanaman yang satu ini juga alternatif cepat tumbuh jika ditanam terutama di daerah dingin. Hanya perlu waktu 3 hari hingga biji dapat tumbuh dan selanjutnya dalam waktu tidak sampai 20 harian tanaman sudah dapat dipanen yang tentunya berbeda dengan  cara menanam padi hibrida mapan.


  1. Bit

Bagi anda mungkin tanaman yang satu ini sedikit kurang familiar, yaps benar sekali tanaman bit memang bukan sembarang sayuran yang dapat ditemukan dengan mudah dipasaran.

Penyebabnya adalah sayuran ini harganya relatif mahal dan juga hanya kalangan tertentu yang mengkonsumsinya, namun perlu diketahui bahwa tanaman bit yang merupakan jenis tanaman sayur berumbi yang berwarna ungu ini merupakan jenis tanaman yang cukup cepat tumbuh dan sepat pula dipanennya.

  1. Sawi Hijau

Jika anda penyuka sayuran hijau maka pasti sudah sangat familiar dengan tanaman yang satu ini, yap sawi hijau yang merupakan sayuran hijau yang banyak dipakai dalam sajian mie ayam ini menjadi tumbuhan yang dapat tumbuh dalam waktu 3 hari.

Setelah benih ditebar biasanya akan membutuhkan waktu 3 haru sampai tunas muncul di permukaan tanah. Selanjutnya setelah ditanam selama kurang lebih 21 hari tanaman sawi hijau sudah dapat dipanen.

  1. Arugula

Merupakan salah satu jenis sayuran yang juga dikenal sebagai daun roket sebab bentunya mirip roket. Arugula merupakan primadona bagi olahan makanan sehat, makanya kini sayuran yang satu ini menjadi trend dikalangan masyarakat  penyuka masakan sehat sebagaimana mengapa gulma dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

Arugula merupakan tumbuhan yang cukup cepat tumbuh dan dapat dipanen dalam kurun waktu 3 minggu saja jika didukung dengan kelembaban yang terjaga dan ketersediaan matahari yang cukup ,maka tumbuhan ini akan terus bersemi dan dapat dipanen secara terus menerus. 


  1. Okra

Merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak serat dan glutation. Bagi masyarakat Indonesia okra merupakan tanaman yang asing, namun tidak bagi masyarakat Jepang, Srilanka dan Philipina yang sudah familiar menyantapnya sebagai hidangan masakan.

Okra menjadi sayuran yang jga sangat mudah dan cepat tumbuh serta juga pemanenan juga dapat dilakukan dalam waktu 50 Hari setelah tanam.

  1. Kacang Polong

Selain buah mudanya dipakai sebagai sayuran ternyata buah yang tuanya pun dapat dimanfaatkan sebagai salah satu camilan favorit di saat lebaran.

Kacang polong yang merupakan jenis tanaman kacang kacangan ini relatif mudah tumbuh terutama di daerah dataran tinggi dan dapat dipanen dalam waktu kurang dari 2 bulan saja.

Itukah tadi , 10 Jenis tumbuhan yang cepat tumbuh – dipanen dalam waktu singkat. Semoga dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan