Sponsors Link

Inilah Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman Bawang Merah

Sponsors Link

Air cucian beras bukanlah sekedar air kotor biasa hanya karena air ini merupakan bekas dari air untuk mencuci beras saja.

ads

Di dalamnya mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan suatu tanaman, salah satunya adalah tanaman bawang merah.

Bawang merah sendiri merupakan salah satu tanaman terpenting berbeda dengan Cara Menyemai Biji Jeruk Nipis, dari umbinya yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu paling wajib di hampir seluruh menu masakan sehari- hari hingga daunnya juga dimanfaatkan sebagai salah satu penyedap makanan.

Di Indonesia sendiri rupanya bawang merah sudah dijadikan sebagai salah satu tanaman berpengaruh di pasar. Banyak sekali orang menjadi petani hingga penjual bawang merah karena harga bawang merah yang mahal sedang untuk memanennya rupanya terbilang mudah.

Berikut ini merupakan manfaat dari air cucian beras untuk tanaman bawang merah.

Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman

Berikut adalah beberapa manfaat air cucian beras untuk tanaman bawang merah dan anda juga bisa melihat  Tanaman Cabai Tiba-Tiba Layu dan Cara Menanganinya, diantaranya adalah:

  1. Menghasilkan Bakteri Baik

Ternyata, di dalam air cucian berasa terdapat bakteri baik yang bisa melawan bakteri jahat atau patogen dalam tanaman.

  1. Menginvasi Sel Telur Hama

Selain itu, air ini juga dapat menginvasi sel telur hama kutu-kutuan untuk pecah sebelum waktunya.

  1. Menyuburkan Daun pada Tumbuhan Bawang Merah

Daun yang diberikan dengan air cucian beras ini cenderung lebih sehat dan subur.

  1. Menghasilkan Bakteri pseudomonas fluorescens

Bakteri pseudomonas fluorescens adalah mikroba atau mikroorganisme yang beradaptasi dengan baik dengan sistem perakaran. Selain itu berbeda dengan Cara Gampang Pembibitan Tanaman, bakteri ini juga berfungsi untuk mensintesis metabolit guna menghambat pergerakan patogen dalam tumbuhan.

  1. Menghasilkan Bakteri pektolitik pektin

Bakteri pektolitik pektin adalah sejenis mikroba yang mensintesis karbohidrat dan asam amino sehingga hormon tumbuh atau ZPT dapat tumbuh dalam tumbuhan.

  1. Menghasilkan Bakteri xanthomonas maltophilia

Bakteri xanthomonas maltophilia berguna untuk memberikan infeksi pada sel hama embun tepung saat berkembang biak pesat diatas suhu 33 derajat celcius.

  1. Merangsang Pertumbuhan Tanaman Bawang Merah

Fungsi air cucian beras pada tanaman  selanjutnya adalah merangsang pertumbuhan tanaman  menjadi lebih cepat dan segar.

  1. Menutrisi Tanaman Bawang Merah

Kandungan dalam air beras selain karbohidrat berbeda dengan Cara Memperbanyak Tumbuhan Tanpa Menanam Biji, juga mengandung vitamin, mineral dan protein.

  1. Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Bawang Merah

80% protein gluten yang terdapat dalam air cucian beras yang berupa zat lisin dapat membentuk hormon tumbuh berupa auksin, gibberellin dan alanin yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan. 


  1. Memberi Kandungan Pati Lebih pada Bawang Merah

Kandungan yang baik pada air cucian beras adalah zat pati. Kandungan zat pati ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik guna menyuburkan tanaman.

  1. Memaksimalkan Pertumbuhan Umbi Bawang Merah

Selain itu, zat pati mengandung 90% karbohidrat yang merangsang pertumbuhan tanaman dengan maksimal.

  1. Sebagai Pupuk Organik Tumbuhan Bawang Merah

Bahkan sudah sejak lama, karena adanya kandungan ini, air cucian beras ditetapkan sebagai POC (Pupuk Organik Cair) di Indonesia.

  1. Memperbaiki Fotosintesis Bawang Merah

Karbohidrat yang tinggi pada air cucian beras ini bertugas sebagai pemasok energi yang nantinya akan diserap oleh tanaman bawang merah  dengan bantuan sinar matahari lewat fotosintesis. Fotosintesis yang terbentuk karena kandungan karbohidrat tinggi membuat prosesnya lebih maksimal.

  1. Tanaman Bawang Merah Lebih Segar

Zat-zat yang terkandung dalam air beras berperan penting dalam pembangunan struktur seluler pada tumbuhan sehingga bawang merah akan lebih segar dan dapat tahan lama.

  1. Menguatkan Akar Bawang Merah

Pada sel tumbuhan akan ditumbuhi selulosa dan karbohidrat berfungsi melepaskan bahan kimia yang dapat menguatkan struktur tumbuhan termasuk akar pada bawang merah.

  1. Akar Cepat Tumbuh

Vitamin B1 yang terkandung dalam air cucian beras berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan akar. 


  1. Mengurangi Syok Transplantasi Tanaman Bawang Merah

Selain itu, vitamin ini juga berguna untuk mengurangi syok transplantasi pada tanaman . Dengan begitu anda juga bisa melihat Cara Membuat Pot Bunga Gantung dari Barang Bekas,  menjadi lebih kuat, subur dan penyerapan unsur hara menjadi lebih baik.

  1. Meningkatkan metabolisme tanaman

Banyaknya vitamin dan mineral yang terkandung dalam air cucian beras juga dapat meningkatkan metabolisme pada tanaman.

  1. Meningkatkan Kualitas Panen Bawang Merah

Metabolismeyang kuat pada tanaman bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hasil panen.

  1. Meningkatkan Kuantitas Panen Bawang Merah

Hasil panen yang dihasilkan dapat bertambah banyak baik jumlah ataupun ukurannya daripada hasil sebelumnya.

  1. Membuat Umbi Bawang Merah Lebih Berisi

Kandungan karbohidrat pada air cucian beras akan membuat umbi bawang merah memiliki kandungan amilum tinggi sehingga umbi lebih berisi.

  1. Membuat Umbi Bawang Merah Lebih Gurih

Ketika anda mengolah bawang merah, karena umbi memiliki lebih banyak nutrisi maka rasanya akan lebih gurih.

  1. Menurunkan Tingkat Kematian pada Tanaman Bawang Merah

Karena lebih subur dan kebal terhadap hama maupun penyakit sehingga tanaman bawang merah anda yang disiram dengan air cucian beras tidak akan mengalami gagal panen sehingga angka kematian tanaman pun semakin menurun hingga nol.

Itulah berbagai manfaat dari air cucian beras untuk tanaman bawang merah yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda dan pastikan anda tidak membuang air cucian beras begitu saja karena manfaatnya.

 

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik