Sponsors Link

Mengapa Bunga Mawar Banyak Dibudidayakan Sebagai Tanaman Hias?

Setiap tahunya secara tidak sadar setidaknya sekali kita mengeluarkan sebagian uang kita untuk membeli bunga. Mulai dari perayaan Valentine, merayakan Hari Ibu, anniversary hubungan, perayaan kelulusan, atau bahkan pada saat mengunjungi makam seorang terkasih. Dan pernahkah anda mengamati setidaknya disetiap toko bunga pasti menjual bunga jenis ini. Mengapa banyak sekali toko bunga yang menjual bunga mawar?

Kenapa bukan tulip atau melati? Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa bunga mawar banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias.

Bunga Yang Paling Populer Dan Sering Dibeli

Alasan pertama mengapa banyak orang yang melakukan budidaya mawar karena mawar adalah bunga yang paling terkenal dan memiliki makna yang berbeda beda di tiap warnanya. Oleh karena banyak pilihan warna, bunga ini menjadi primadona disetiap toko bunga karena sering dicari oleh konsumen. Anda bisa juga belajar tentang Cara Merawat Bunga Hand Bouquet

Banyak sekali pilihan warna seperti merah, biru, ungu, kuning, putih, merah muda, hitam dan setiap warna memiliki artinya masing-masing. Secara umum bunga mawar berbagai warna biasanya dapat diartikan sebagai simbol Cinta, Kehormatan, Iman, Keindahan, Kebijaksanaan, Sensualitas, dan Pengabdian. Berikut ini contoh makna simbolik dari masing-masing warna bunga mawar :

  1. Mawar Merah : Mawar Merah melambangkan cinta dan kasih sayang yang romantis. Biasanya mawar ini dibeli sebagai hadiah untuk pasangan.
  2. Mawar Merah Muda : Mawar warna ini adalah mawar yang serbaguna. Mawar ini banyak digunakan untuk mengirim ucapan terima kasih, menghibur teman yang sedang sakit / sedang patah hati, atau sebagai tanda kasih yang tulus. Untuk mawar merah muda yang agak gelap memiliki arti rasa syukur dan penghargaan.
  3. Mawar Putih : Mawar Putih memperlihatkan cinta yang murni dan banyak digunakan untuk acara-acara seremonial seperti anniversary, wisuda, dan kegiatan keagamaan. Biasanya mawar jenis ini dibeli oleh umat Kristiani dalam pembaptisan.
  4. Mawar Jingga : Mawar yang harum dengan warna seperti api, jeruk, dan sunset. Warna mawar ini menunjukkan arti terima kasih dan persahabatan. Warna ini jarang ditemukan di Indonesia, akan tetapi sebagian orang membeli warna ini sebagai ucapan terimakasih.
  5. Mawar Kuning : Mawar dengan warna ini melambangkan perasaan hangat, persahabatan, dan harpan. Selain itu mawar ini melambangkan kegembiraan, kebijaksanaan, dan kekuatan.

Oleh karena banyaknya warna mawar dan setiap warna memiliki arti yang berbeda bunga ini menjadi pilihan utama bagi orang-orang yang mengunjungi toko bunga. Karena banyak orang yang mencari bunga ini, banyak sekali orang yang melakukan budidaya tanaman ini. Anda bisa juga belajar tentang Cara Membuat Taman Bunga di Kelas Sekolah

Memberikan Keuntungan Yang Lumayan Bagi Penjual

Nilai ekonomis yang dimiliki mawar membuat sebagian orang tergiur untuk melakukan budidaya mawar. Dengan harga per bibit berkisar antara 500 – 1000 dan harga jual yang bisa mencapai 5000 per tangkai tentu banyak orang tergiur dengan keuntungan yang bisa didapatkan dari bunga ini. 

Ditambah lagi saat ini mudah sekali untuk membeli bibit ini secara online. Dengan rasio keuntungan yang tinggi, akses bibit yang mudah, ditambah permintaan pasar yang tinggi, bunga ini menjadi pilihan pertama bagi orang yang memulai bisnis di bidang budidaya bunga. Anda bisa juga belajar tentang Cara Merawat Bunga Mawar Agar Tidak Layu

Bagi sebagian pengusaha kecil menengah yang membudidayakan bunga ini, mereka dapat meraup keuntungan 4-10 juta rupiah per bulanya. Dengan melihat hasil yang fantastis tersebut, tidak heran bunga ini banyak di budidayakan.

Mempercantik Halaman Sebagai Tanaman Hias

Bunga mawar diklasifikasikan sebagai salah satu jenis tanaman hias. Bagi beberapa orang yang menanam bunga ini sebagai tanaman hias, bunga mawar sering ditanam di depan rumah dan menjadikan tampilan rumah memberikan kesan yang asri dan cantik.

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai bunga mawar dikarenakan warna yang mencolok dan indah dilihat. Jika dipadukan dengan tanaman-tanaman hijau di halaman rumah, setiap memasuki halaman rumah anda pasti langsung dapat mengenali bunga ini karena eye-catching dan kontras dengan warna hijau. Anda bisa juga belajar tentang Cara Menanam Bunga Mawar Secara Hidroponik

Dapat Mudah Tumbuh Di Indonesia

Pada dasarnya bunga mawar dapat hidup hampir disemua tempat akan tetapi ada beberapa syarat agar bunga mawar dapat tumbuh dengan optimal. Mawar yang dapat tumbuh di Indonesia dan banyak dibudidayakan adalah mawar tipe Hybrid Tea dan Medium. Mawar ini memiliki variasi warna kelopak bunga yang cukup banyak, mulai putih sampai merah padam.

Tingkat produktivitas bunga jenis ini sangat tinggi 120 – 280 kuntum per meter lahan per tahunnya. Tanah yang diperlukan dalam budidaya Mawar dapat melalui media permanen di kebun atau di dalam pot bunga. Tanaman mawar cocok pada tanah liat berpasir yang subur dan gembur, banyak bahan organik, dengan aerasi dan drainase yang baik, tanah jenis ini sangat mudah didapatkan di Indonesia.

Di Indonesia yang notabene nya adalah beriklim tropis, bunga mawar dapat tumbuh dan produktif berbunga di dataran rendah sampai tinggi (pegunungan) 1500 meter dari permukaan laut. Dan curah hujan Indonesia sangat optimal bagi tumbuh mawar karena mawar membutuhkan curah hujan sekitar 1500 – 3000 mm/tahun sedangkan rata-rata curah hujan Indonesia adalah 2000 mm/tahun. Oleh karena itu bunga mawar banyak dibudidayakan di Indonesia karena cocok dengan kondisi Indonesia. Anda bisa juga belajar tentang Cara Budidaya Bunga Mawar dalam Pot

Dari penjelasan di atas anda dapat mengetahui mengapa bunga mawar banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias sangat populer dikalangan pebisnis. Selain memiliki tingkat ekonomis yang tinggi dan populer dikalangan masyarakat Indonesia, bunga jenis ini cocok untuk dibudidayakan dengan kondisi Indonesia.

,
Oleh :
Kategori : Bunga