Sponsors Link

6 Cara Menanam Bunga Mawar Secara Hidroponik Bagi Pemula

Sponsors Link

Bunga mawar merupakan salah satu jenis bunga yang paling dikenal oleh masyarakat luas. Mawar diistilahkan sebagai ratunya bunga, karena selain keindahannya bunga ini juga menjadi favorit banyak kalangan seperti cara menanam bunga zinnia.

ads

Mawar memiliki esensi sebagai lambang cinta dan kasih sayang. Sehingga tidak heran, mengapa banyak pasangan kekasih menggunakan bunga yang satu ini untuk mengungkapkan rasa cinta terhadap pasangan.

Karena memiliki daya tarik tersendiri, sudah umum jika permintaan bunga potong yang satu ini tidak pernah menurun. Apalagi menjelang perayaan hari istimewa seperti hari kasih sayang, mawar menjadi pilihan utama sebagai bunga yang akan di berikan kepada orang terkasih seperti juga cara menanam bunga garlic vine.

Sehingga sudah tidak heran lagi jika banyak orang ingin bisa menanamnya sendiri di rumah. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dalam dunia pertanian, mawar sebagai tanaman hias ternyata juga dapat di budidayakan secara hidroponik.

Hidroponik merupakan salah satu solusi pertanian pada lahan sempit. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini jumlah lahan pertanian semakin terbatas seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan pembangunan. Karenanya untk menyiasati hal tersebut dikembangkanlah sistem hidroponik dimana anda akan tetap dapat bercocok tanam di lahan sempit seperti pada cara menanam venus fly trap. Berikut 6 cara menanam bunga mawar secara hidroponik. Simak selengkapnya.

1. Menyiapkan Peralatan 

Meskipun tidak membutuhkan media tanam tanah, dalam menanam bunga mawar secara hidponik anda haruslah menyiapkan peralatan dan kelengkapan seperti pada cara menanam rumput jepang ,  :

  • Siapkan wadah tanam, anda dapat menggunakan wadah pot tanam yang biasa dipakai untuk menanam tanaman hias.
  • Pilih wadah yang ringan dan mudah di dapatkan di pasaran.
  • Persiapkan larutan nutrisi untuk tanaman hias.
  • Anda bisa membelinya di toko pertanian atau memesannya melalui toko online.
  • Siapkan lokasi dimana anda akan meletakkan tanaman, sebaiknya pilih lokasi yang teduh.
  • Setelah semuanya siap, maka tahap selanjutnya adalah memyiapkan media tanam yang akan di uraikan pada poin di bawah ini.

2. Menyiapkan Media Tanam

Media tanam yang cocok di gunakan untuk menanam bunga mawar hidroponik adalah media arang sekam seperti juga pada cara menanam sunflower velvet queen . Untuk mendapatkan media yang baik maka anda harus memberikan treathment kepada arang sekam sebagai berikut :

  • Rebus arang sekam atau gunakan air panas untuk lebih mensterilkannya.
  • Kemudian cuci bersih media tanam dan kering anginkan.
  • Setelah media agak kering anda bisa memasukannya.kedalam pot tanam.
  • Direkomendasikan untuk menambahkan potongan genting atau batu bata pada bagian dasar pot.

3. Memilih Bibit Tanaman

Setelah media tanam siap maka anda dapat menyiapkan bibit tanam seperti juga cara menanam bunga seruni . Anda bisa menggunakan bibit melalui stek batang dengan cara seperti di bawah ini :

  • Ambil stek batang dari tanaman mawar yang sehat.
  • Pilih batang yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda dan memiliki mata tunas.
  • Bisanya batang menunjukkan warna yang hijau gelap.
  • Potong baatang dengan ukuran 10-15 cm.
  • Sisakan 3-4 helai daun pada stek yang akan ditanam.
  • Kemudian celupkan batang ke hormon perangsang pembentukan akar.
  • Setelahnya anda bisa langsung menanmnya kedalam media, atau anda bisa menumbuhkan akarnya dengan cara merendamnya dalam air.
  • Jangan lupa berikan larutan nutrisi pada media air tersebut.
  • Setelah akar tumbuh dan iikuti dengan pertumbuhan tunas baru, maka anda dapat memindahkannya ke media tanam.
    Sponsors Link

4. Pemberian Air dan Nutrisi

Pada budidaya bunga mawar secara hidoponik, hal yang paling penting adalah ketersedian air dan larutan nutrisi. Karena media tanam yang di gunakan merupakan jenis media tanam yang tidak mengandung unsur hara. Sehingga tentunya pemberian larutan nutrisi harus dilakukan secara rutin seperti pada cara menanam bunga pucuk merah, minimal setiap 2 hari sekali.

Untuk penyiraman sebaiknya lakukan setiap dua kali dalam sehari terutama saat awal masa tanam. Jika cuaca lembab anda bisa mengurangi intensitas penyiraman dan sebaliknya jika ciaca kering, maka tingkatkan intensitas penyiraman terutama pada media tanam.

5. Pemeliharaan dan Perawatan Bunga Mawar

Pemeliharaan dan perawatan tentu juga harus dilakukan. Hal ini dilakukan dalam upaya membuat pertumbuhan tanaman menjadi optimal seperti pada cara menanam anggrek dengan sabut kelapa . Selain itu, hal ini juga akan membuat tanaman berbunga dengan tepat waktu. Berikut pemeliharaan dan perawatan yang tidak boleh anda lewatkan .

  • Pemangkasan Cabang

Pemangkasan cabang dilakukan untuk membentuk tanaman. Seperti yang kita tahu bahwa terkadang tanaman mawar dapat tumbuh sangat lebat dengan cabang yang sangat banyak. Karenanya jika tidak dipangkas maka pertumbuhan cabang akan tak terkendali dan membuat kuantitas bunga berkurang. Jumlah cabang yang terlalu banyak akan membuat jumlah bunga yang dihasilkan menjadi sedikit.

  • Penjarangan Bunga

Penjaranagang bunga perlu dilakukan untuk mendaoatkan bunga dengan kualitas yang maksimal. Seperti bunga dengan warna yang mencolok cerah dan memiliki kelopak besar. Meskipun pada awalnya anda akan sayang membuang beberapa kelopak bunga. Namun, percayalah bahwa dengan melakukan penjarangan bunga ini anda akan dapat memperoleh bunga mawar yang memiliki kualitas sebagai bunga potong terbaik. Buang kuncup bunga yang berukuran lebih kecil dari lainnya dan sisakan 4-5 bunga pertamanam.

Sponsors Link

  • Pemupukan Tanaman

Selain pemberian nutrisi pada tanaman dan media tanam. Pemupukan juga membantu tanaman akan lebih tumbuh optimal. Pemberian pupuk NPK dan KCL dapat di berikan dengan cara di kocorkan ke media tanam. Lakukan pemupukan minimal setiap satu bulan sekali. NPK di berikan pada masa setelah tanam hingga tanaman berumur 6 bulan setelah tanam. Sedangkan KCL diberikan minimal 1-2 bulan sebelum bunga muncul atau saat kuncup bunga mulai muncul.

  • Penanggulangan Hama dan Penyakit 

Sebagai bentuk pencegahan dalam menanggulagi hama dan penyakit tanaman anda bisa menyemprotkan pestisida setiap 3-4 bulan sekali. Selain itu, jangan lupa semprotkan fungisida setelah pemanfkasan dilakukan. Fungisida akan membuat luka bekas pangkasan tidak akan di tumbuhi jamur. Pastikan juga bahwa sanitasi lingkungan terjaga dengan baik. Lingkungan tanaman tidak terlalu lembab sehingga tanaman dapat tumbuh dengan optimal.

6. Bunga Mawar Akan Mulai Berbunga

Tanaman akan mulai berbunga pada umur 8-12 bulan setelah tanam. Jumlah bunga yang dihasilkan biasanya akan berkisar antara 5-8 kuntum seperti juga pada cara budidaya bunga anyelir . Namun pada masa berbunga selanjutnya jumlah kuntum bunga yang dihasilkan bisa lebih banyak. Hal ini juga tergantung pada perawatan dan pemeliharaan yang dilakukan. Tanaman dapat bertahan 3-4 tahun lebih jika pemeliharaan dilakukan dengan intensif.

Anda bisa menikmati keindahan bunganya dengan cara membiarkannya tetap dalam pot atau anda bisa memotongnya dan menggunakannya sebagai bunga potong . Jika demikian maka, sebaiknya potong kuntum bunga berserta tangkainya saat bunga belum mekar sempurna.  Kemudian anda dapat meletakkan tanaman dalam vas bunga yang berisi air serta menambahkan pengawet dan menggunakannya sebagai penghias meja tamu.

6 cara menanam bunga mawar secara hidroponik. Menjadi solusi bagi anda yang ingin memiliki tanaman hias yang satu ini, namun tidak memiliki luas lahan yang mencukupi. Karenanya cara ini sangat cocok  bagi anda yang tinggal diperkotaan dengan ruang terbuka yang terbatas. Sangat layak untuk dicoba sekaligus akan  semakin memperindah tampilan rumah anda tentunya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Bunga