Sponsors Link

3 Alasan Pupuk Kimia Memicu Pemanasan Global dan Cara Mencegahnya

Sponsors Link

Pemanasan global atau Global Warming adalah salah satu hal yang sangat di hindari di Bumi kita ini. Pemanasan global sendiri merupakan peningkatan suhu rata – rata di seluruh permukaan bumi, tepatnya sendiri pada atmosfer hingga lautan. Semua aspek di dunia ini akan memiliki suhu yang sangat tinggi. Dari hasil penelusuran dan survei, menunjukan bahwa dalam 100 tahun terakhir bumi kita ini mengalami peningkatan suhu.

ads

Banyak alasan pemicu Global Warming sendiri. Salah satunya adalah pemanfaatan pupuk kimia dalam setiap tumbuhan yang ada. Walaupun terdengar aneh, tidak ada hubungan dari pemanasan global dan pupuk. Namun, anda akan mengetahui hubungan dari keduanya pada artikel ini.

Pada artikel kali ini, kita akan sedikit banyak membahas mengenai Alasan Pupuk Kimia Memicu Pemanasan Global. Walaupun di dalam beberapa artikel cara menanam pisang ambon, Cara membesarkan buah semangka , cara membasmi hama lalat buah, cara menanam pepaya california, bahkan di ajarkan cara membuat pupuk npk yang bisa dilakukan di rumah yang merupakan pupuk kimia itu baik digunakan untuk tumbuhan.

Namun percayalah, pupuk kimia sangat tidka baik untuk bumi kita tercinta ini. Berikut merupakan beberapa alasan dan penjelasan,

3 Alasan Pupuk Kimia Memicu Pemanasan Global :

  • Zat Nitrogen Oksida yang Berlebihan

Di setiap lapisan atmosfer bumi memiliki ciri kas tersendiri dan berupa gas gas yang berfungsi untuk menjaga kestabulan suhu di permukaan bumi, agar lebih hangat. Gas tersebtu antara lain Karbon Dioksida, Metana, Nitrogen oksida, dan Hidrofluorokarbon.

Setiap lapisan bumi pastinya membuat bumi ini terjaga dengan baik bukan?

Lalu, di dalam pupuk kimia, terdapat banyak sekali kandungan kimia yang ada. Misalnya saja Nitrogen Oksida. Memang ini sangat menguntungkan bagi petani sekalian untuk mengambil hasil tani dengan cepat dengan keuntungan yang besar pastinya. Namun anda perlu mengetahui, Zat tersebut diperlukan untuk bumi untuk menghangatkan lapisan bumi.

Jika ada penggunaan zat Nitrogen Oksida ini secara terus menerus dan berlebihan pastinya, itu pastinya membuat suhu di bumi semakin lama semakin naik. Seperti arti dari pemanasan Global, kenaikan suhu pada bumi itu terjadi. Inilah salah satu alasan mengapa pupuk kimia dapat memicu Pemanasan Global.

Contohnya saja salah satu pupuk yang sekarang sedang Booming digunakan, pupuk Kimia NPK. Dari nama sendiri sudah ketahui bahwa pupuk yang satu ini mengandung Nitrogen di dalamnya. 


  • Zat yang Mudah Terbakar

Salah satu ciri – ciri dari zat kimia adalah mudah terbakar. Mungkin kebanyakan dari kita akan bertanya – tanya, bagaimana terbakar? Kan sudah di buat menjadi pupuk, jadi resiko untuk pembakarannya akan turun.

Memang resiko terbakar akan turun, namun jangan lupa namanya terbakar juga akan tetap terbakar walaupun dalam jumlah kecil. Misalnya saja beberapa zat yang mudah terbakar di bawah sinar matahari. Untuk pemakaian pupuk sendiri dengan cara menggunakan tanah untuk menanam dan tumbuhan, pastinya lokasi penanaman pasti di ruang terbuka. Mengingat juga tumbuhan membutuhkan ber fotosintesis yang salah satu unsur yang di perlukan adalah matahari.

Coba anda bayangkan, jika zat kimia yang terdapat pada pupuk tersebut terkena langsung sinar matahari. Walaupun tidak terlihat api secara kasat mata, namun kerusakan tanah karena suhu lebih panas juga faktor dari pemanasan global bukan?

Tanah yang terbakar dan panas secara otomatis akan menaikan suhu bumi, sehingga ini bisa juga disebut sebagai Global Warming. 


  • Kerusakan Tanah

Pernahkah kita berada di bawah pohon yang rindang siang panas yang terik? Bagaimana rasanya berada di bawah pohon tersebut? Sejuk bukan? Nuansa sejuk yang ada berasal dari setiap tanaman dan tumbuhan di sekitar kita. Salah satunya adalah pohon rindang tempat kita berteduh tersebut.

Seperti yang kita ketahui pupuk kimia juga dapat merusak tanah, alasan pupuk kimia dapat merusak tanah adalah termasuk keterangan di atas. Dengan sangat jelas, pupuk kimia dapat merusak tanah. Lalu, apa hubungannya pupuk kimia, kerusakan tanah dengan global warming?

Sangat jelas bukan? Setiap pupuk kimia yang dipakai secara terus menerus apalagi dalam jumlah yang besar dapat merusak tanah yang sebenarnya adalah subur, hanya untuk mempercepat pertumbuhan setiap hasil tanaman dalam pertanian. Jika setiap tanaman di Indonesia ini memakai pupuk kimia tersebut dengan jumlah yang tidak karuan bahkan. Tentunya negara dengan tanah yang subur ini lama kelamaan akan mengering dan rusak.

Jika keadaan tanah kita kering dan rusak karena pemakaian pupuk kimia secara berlebihan, maka tanah tersebut sudah tidak bisa kita gunakan untuk menanam tanaman. Entah itu tanaman berupa padi ataupun tanaman seperti pohon mangga, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, setiap kerusakan tanah, maka kita menghentikan penanaman di suatu tempat tersebut. Jika ini terus menerus di lakukan di setiap bagian wilayah. Maka dalam beberapa waktu mendatang tidak akan ada lagi banyak pohon yang rindang yang dapat mengurangi suhu di Bumi. Itu berarti suhu di Bumi semakin lama akan semakin meningkat. Dengan demikian pemanasan Global telah terjadi.

Demikian merupakan 3 alasan mengapa pupuk kimia dapat memacu Global Warming atau pemanasan Global di Bumi. Mulai kurangi pemakaian pupuk kimia demi kehidupan yang lebih baik.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Tips dan Trik