Sponsors Link

Mengapa Hama Tanaman Harus Dibasmi Secara Teratur?

Sponsors Link

Hama di sawah memang sebuah masalah yang sangat berkesinambungan dan selalu mengancam tanaman yang diatanam oleh para petani. Tanaman yang sering diserang oleh sebuah hama adalah Padi dan keberadaan padi di sawah selalu menjadi perhatian dari para petani yang tidak ingin mengalami kegagalan panen.

ads

Perkembangan padi sangat menjadi perhatian bagi pemerintah, karena bila banyaknya serta suksesnya para petani dalam menanam padi akan membuat stabilitas keberadaan padi di Indonesia menjadi banyak stok dan tidak mengalami kekurangan padi. Pemerintah mencoba membantu para para petani dengan menyiapkan berbagai fasilitas untuk mendorong panen para petani menjadi lebih baik dengan cara menerjunkan para penyuluh yang menampung berbagai aspirasi dari para petani.

Ada beberapa hal yang dijalankan pemerintah sampai saat ini dan salah satunya adalah dengan mengadakan pembuatan kartu anggota tani guna menadapatkan potongan harga saat membeli pupuk pertanian dan fasilitas ini diberikan kepada kelompok tani yang ada di berbagai wilayah di Indonesia.

Tak hanya itu kartu tani juga dapat digunakan untuk kredit usaha para petani yang bisa saja digunakan untuk menambah modal pertanian dan menambah berbagai fasilitas kerja para petani. Pemerintah juga terus memberikan bantuan terhadap para kelompok tani yang mengajukan proposal sesuai kebutuhan seperti pengadaan traktor, alat semprotan, mesin rumput, mesin panen padi, mesin untuk menanam padi serta peralatan petani lainnya. Tak hanya peralatan pemerintah juga siap memberikan bantuan kepada para kelompok tani yang menginginkan adanya sebuah lumbung yang nantinya berguna sebagai tempat penyimpanan padi kelompok. Anda wajib  juga membaca tentang Cara Mengatasi Hama Boleng pada Ubi Jalar

Para penyuluh juga memberikan banyak solusi untuk teknik-teknik menanam padi dan memberikan berbagai jenis padi pilihan terbaik untuk ditanam agar kualitas padi yang dihasilkan para petani di berbagai daerah memiliki kualitas yang sama tidak timpang.

Namun keberadaan hama di sawa terkadang menjadi hambatan bagi para petani, karena tipe-tipe hama di berbagai tempat tentunya berbeda-beda tergantung pada jenis tanah dan ekosistem yang ada dalam tanahnya. Ada beberapa solusi yang diberikan para penyuluh untuk memberantas banyaknya hama tanaman dan para penyuluh juga sering memberikan seminar kepada oara petani untuk memberikab berbagai solusi terbaik guna pengendalian hama tanaman yang baik dan benar.

Tikus adalah salah satu hama tanaman yang sangat berbahaya untuk berbagai jenis tanaman dan salah satu tanaman yang sering diserang tikus adalah tanaman padi. Serangan yang dilakukan oleh tikus memang sangat berbahaya karena sering menyerang di pesemaian, pada saat masa panen dan masa penyimpanan hasil panen. Anda wajib  juga membaca tentang Cara Mencegah Serangan Hama dengan Tanaman Refugia

Hama tikus memang sangatlah menjijikan dan sangat sulit untuk memberantasnya sampai habis, karena sifat perkembangbiakannya yang sangat cepat dan sering bersembunyi pada area sawah yang memiliki banyak semak-semak. Tikus biasanya membuat lubang sendiri untuk bersarang dan terhindar dari pemangsanya. salah satu cara memberantas hama tikus adalah dengan cara memberantas sarang tikus dan membongkar lubang-lubang tempat bersembunyi berbagai jenis tikus.

Di berbagai wilayah banyak petani yang menangkap ular sawah guna disimpan di lahan sawahnya yang bertujuan untuk memberantas hama tikus, karena ular sawah sangat menyukai tikus dan sering menjadikan tikus sebagai makanannya. Dengan banyaknya tikus yang ada di sawah tentu akan membuat ulah sawah betah berada di sawah.

Hama lain yang berbahaya bagi tanaman padi adalah hama wereng, hama ini sangat menyebalkan bagi para petani, karena keberadaan hama ini dapat membuat tanaman padi menjadi berlubang yang besar kemungkinan akan menjadi kering dan pada akhirnya akan mati. Untuk menghindarkan tanaman padi dari bahaya hama wereng adalah dengan cara melakukan pola tanam yang baik, karena semakin rapat penanaman benih padi akan semakin banyak pula hama wereng yang akan mengganggu dan semakin baik pola tanam akan semakin membuat hama wereng menjadi hilang dan menjauh dari dari padi. Anda wajib  juga membaca tentang Cara Mengatasi Hama Oteng-Oteng di Tanaman

Tak heran harusnya dilakukan penyemprotan pertisida untuk menjauhkan hama wereng dari berbagai tumbuhan yang sering banyak hidup di padi. Laba-laba adalah salah satu hewan yang menjadi musuh terbesar hama wereng, maka tak heran di berbagai wilayah banyak petani yang mengumpulkan berbagai jenis Laba-laba untuk ditanam di wilayah lahan pertaniannya. 

Sponsors Link

Mengapa hama tanaman harus dibasmi secara teratur?

Hama tanaman haruslah diberantas dengan cara rutin, karena setiap hama tidak akan pergi dengan satu kali usir. Perkembang biakannya yang cepat membuat hama akan sangat sulit untuk diberantas dan dengan melakukan penyemprotan pestisida secara rutin akan membuat setiap bibit hama yang akan tumbuh menjadi mati, jadi bila tanaman padi ingin berkembang secara baik dan memperoleh hasil panen yang berlimpah lakukanlah pembasmian hama secara rutin dan berkesinambungan.  Anda wajib  juga membaca tentang Cara Membasmi Hama Wawung

Berbagai solusi yang selalu dilakukan pemerintah untuk mengendalikan berbagai jenis hama tentunya harus diikuti dengan baik oleh para petani, agar perkembangan di bidang pertanian semakin pesat dan dapat membantu kebangkitan perekonomian rakyat yang berprofesi sebagai petani. Sampai saat ini masih banyak sekali para petani yang tidak bisa mengikuti arahan program yang dilakukan oleh pemerintah dan keterbatasn pengetahuan membuat para petani cenderung lebih banyak melakukan cara lamanya dari pada mengikuti berbgai solusi yang diberikan oleh pemerintah.  Anda wajib  juga membaca tentang Cara Mengatasi Hama Garangan

Itulah ulasan lengkap mengenai berbagai alasan mengapa hama tanaman harus dibasmi secara teratur. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi terbaik dan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber pengetahuan untuk mencari ilmu mengenai berbagai cara pengendalian hama.

Sponsors Link
,
Oleh :
Kategori : Tanaman