Sponsors Link

Bagaimana Cara Pemeliharaan Tanaman Agar Tumbuh Subur? Ini Trik Mudahnya!

Memiliki kebun yang asri dan segar tentu menjadi impian banyak orang. Akan tetapi semua tentu membutuhkan usaha dan pengetahuan mengenai bagaimana cara pemeliharaan tanaman agar tumbuh subur. Kebun dan taman yang terpelihara serta nampak segar bisa menjadi pemandangan terbaik untuk melepaskan kepenatan kita setelah lelah seharian.

Cara merawat tanaman agar tumbuh dengan subur sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah, bahkan kita bisa mempraktekkannya sendiri tanpa bantuan jasa gardener. Beberapa ilmu seputar dunia tanaman juga dapat kita peroleh dengan instan lewat internet, seperti situs ini yang selalu terpercaya dalam menghadirkan informasi mengenai budidaya tanaman dan hewan.

Langsung saja di bawah ini kami akan menunjukkan beberapa tips tentang perawatan tanaman agar tumbuh dengan subur.

Baca pula: cara membuat tanaman cabe tinggi 2 meter dan subur

Bagaimana Cara Perawatan Tanaman Agar Tumbuh Subur

Untuk menghasilkan tanaman yang subur, tentu ada faktor-faktor yang harus kita perhatikan dalam merawatnya. Faktor tersebut adalah ketersediaan air, nutrisi, pencahayaan, serta banyak lagi yang lainnya. Untuk lebih mengetahui peran faktor-faktor tersebut bagi kesuburan tanaman, silahkan disimak penuturan berikut ini.

1. Penyiraman

Air adalah kebutuhan pokok setiap tanaman, karena itulah faktor penyiraman yang baik sangat penting untuk mendapatkan tanaman yang bertumbuh baik serta subur. Berikan penyiraman secara rutin minimal 1 kali dalam sehari saat agi atau sore. Intensitas penyiraman dapat ditambahkan menjadi 2 – 3 kali sehari jika cuaca sedang menyengat atau terjadi kekeringan pada lahan, sesuaikan saja dengan kebutuhan tanaman.

Namun pada tanaman tertentu seperti tanaman sukulen atau kaktus tentu penyiraman tidak perlu sesering jenis tanaman yang lain. Mengenai teknik perawatan tanaman sukulen dapat Anda pelajari di cara merawat tanaman sukulen, sementara untuk penanganan kaktus bisa dilihat di cara merawat tanaman kaktus dan jenisnya

2. Pemberian nutrisi 

Nutrisi dibutuhkan tanaman agar dapat bertumbuh dengan sempurna serta menghasilkan bunga atau buah yang lebat. Nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tanaman Nitrogen, Phospor, Kalium, serta beberapa mineral penting lainnya. Namun sayangnya tidak semua tanah atau media tanam memiliki ketersediaan unsur kimia yang melimpah, oleh karena itu pemberian pupuk adalah pilihan terbaik guna melengkapi ketersediaan unsur kimia dalam tanah. Jenis pupuk yang biasa dipakai adalah pupuk kompos, pupuk kandang, juga pupuk NPK.

Pupuk-pupuk tersebut dapat Anda peroleh dengan mudah di toko-toko pertanian, namun ada alternatif lain agar tanaman bisa mendapatkan nutrisi tanpa harus membeli pupuk. Manfaatkan saja bahan-bahan organik di sekitar Anda untuk dijadikan pupuk. Kami punya beberapa referensi yang bisa dipakai agar Anda dapat menghasilkan pupuk sendiri, diantaranya, cara membuat pupuk ajaib ala Haji Eng, dan cara membuat pupuk fermentasi dari kotoran kambing

Sementara untuk tanaman buah seperti kelengkeng, Anda dapat membuat pupuk booster agar pohon tersebut cepat berbuah dan menghasilkan panen melimpah. Pelajari teknik pembuatan pupuk booster dalam cara membuat pupuk booster lengkeng sangat mudah

3. Sesuaikan lokasi tanam

Secara umum, tanaman menyukai pH tanah yang normal (6,5 – 7,5) untuk dapat tumbuh dengan subur. Namun ada pula jenis tanaman yang menghendaki tanah yang sedikit asam atau sedikit basa agar dapat tumbuh dengan baik. Karena itulah sangat penting untuk mengenal karakter tanaman terlebih dahulu agar kita tidak salah dalam menempatkan tanaman.

Selain faktor jenis tanah, faktor pencahayaan juga sangat penting. Beberapa tanaman hias menyukai sinar matahari yang berlimpah, beberapa justeru akan tumbuh dengan baik jika ditempatkan pada lokasi yang teduh. Maka letakkan tanaman pada lokasi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman tersebut. 

4. Rajin melakukan penyiangan

Penyiangan sangat diperlukan untuk membasmi gulma-gulma yang mengganggu. Sebab kehadiran gulma tersebut dapat menjadi tempat bersarang beberapa hama dan penyakit. Selain itu, nutrisi yang harusnya diserap oleh tanaman inti malah dipakai oleh gulma.

5. Pangkas ranting yang tidak produktif

Pemangkasan ranting yang tidak produktif dapat merangsang tanaman untuk tumbuh lebih subur. Dengan dipangkasnya beberapa ranting, maka tanaman bisa berfokus pada proses pembentukan cabang utama, serta lebih cepat menghasilkan bunga atau buah. Hasilnya tentu tanaman jauh lebih subur dari sebelumnya.

6. Hindarkan dari hama dan penyakit

Hama dan penyakit adalah musuh utama setiap tanaman, sebab kehadiran hama dan penyakit dapat merusak tanaman bahkan sampai membuat tanaman tersebut mati. Penanggulangan hama yang cepat serta praktis dapat dilakukan dengan menggunakan pestisida kimia. Namun tentu saja akan meninggalkan resiko residu yang ditinggalkan pada produk tanaman tersebut.

Sebaiknya penggunaan pestisida kimia dikurangi dan diganti dengan pestisida alami atau cara-cara lain yang lebih ramah lingkungan. Tidak kalah dari pestisida kimia, menghalau hama dengan cara lebih alami juga dapat membantu melestarikan lingkungan.

Ada banyak cara untuk mengusir hama secara alami, salah satunya dapat dipelajari pada cara mengatasi hama tanaman dengan pestisida alami

7. Pemberian multivitamin pada tanaman

Tidak hanya manusia, tanaman juga memerlukan tambahan multivitamin untuk menjadikannya tetap subur. Selain itu, manfaat dari multivitamin ini juga dapat memberikan agar tanaman dapat lebih kebal terhadap serangan berbagai hama serta penyakit. Tanaman yang dihasilkan pun akan lebih subur dan segar terawat.

Baca pula: cara menanam hidroponik untuk pemula

Merawat tanaman memang suatu hobi yang sangat menyenangkan, terlebih jika tanaman tersebut menghasilkan daun-daun yang hijau, bunga-bunga bermekaran, atau buah yang ranum. Tentu hal tersebut merupakan kebanggan tersendiri bagi kita pemiliknya. Usaha yang selam ini dikerjakan tampak tidak ada apa-apanya dibanding dengan pemandangan segar yang kita dapatkan.

Jika sudah memahami sepenuhnya mengenai perawatan tanaman, tentu hobi ini bisa kita kembangkan menjadi sesuatu yang menghasilkan dengan cara memasarkan tanaman yang berhasil kita budidayakan tersebut, sangat menarik, bukan?

Itulah bagaimana cara pemeliharaan tanaman agar tumbuh subur. Semoga artikel dari kami ini bermanfaat serta dapat menjadi inspirasi bercocok tanam bagi Anda. Temukan artikel-artikel menarik lainnya seputar ilmu budidaya pada halaman lain di website ini. Selamat bercocok tanam, jaga bumi tetap hijau dan lestari.

Baca pula: cara menanam pepaya california

, ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trik