Sponsors Link

Bunga yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan dan Mudah Perawatannya

Bunga Yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan, topik kita kali ini masih akan berbicara seputar bunga. Sebagaimana kita tahu bahwa bunga merupakan salah satu tanaman yang sangat popular dan disukai oleh hampir semua orang. Hal ini disebabkan karena nilai keindahan yang terkandung didalamnya dan setiap bunga memiliki arti dan makna sendiri.

Setiap jenis bunga memiliki kekhasan tersendiri mulai dari bentuk, warna dan juga keharuman serta tentu juga habitat dan tempat hidupnya. Ada beberapa jenis bunga yang dapat ditanam di saat musim kemarau karena tahan pada udara kering sebaliknya ada juga yang cocok ditanamn saat musim hujan.

Nah, berikut ini penulis telah menyajikan daftar jenis 3 Bunga Yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan beserta cara perawatannya, sebab jika tidak tepat dirawat maka tanaman bunga malah akan dapat mengalami kematian, yuk langsung disimak

Bunga Seroja atau Lotus

Bunga yang Cocok ditanam Saat Musim HujanDi Indonesia bunga ini lebih dikenal dengan nama bunga teratai, yang merupakan jenis tanaman yang hanya dapat hidup di air.

Biasanya mudah ditemukan pada kolam kolam, danau air tawar, bendungan atau wilayah sungai yang tidak mengalir. Mengingat habitat tanaman ini yang berada di air tentu saat kesukaan terhadap air merupakan kebutuhan utamanya maka dari itu pilihan untuk menanamnya saat musim hujan sangatlah tepat.

Bunga seroja atau lotus dikenal atas keindahan dan warna bunganya serta keunikannya yang dapat tetap Nampak indah meskipun hidup didaerah yang berlumpur. Inilah yang kemudian bunga lotus menjadi lambang dan filosofi untuk dapat dicontoh dalam kehidupan manusia sebagaimana dimanapun kita dilahirkan maka kita akan tetap dapat menampilkan keindahan tersendiri.

Tanaman bunga seroja ditopang oleh daun yang berukuran lebar dan berbentuk bulat yang terapung diatas permukaan air. Tangkai akan tumbuh menjulang keatas dengan ketinggian sekitar 5 cm yang kemudian akan memunculkan kelopak bunga. Tanaman ini juga memiliki manfaat yang banyak selain bunga yang indah semua bagian tanaman baik dari akar, batang tangkai , daun hingga bunganya dapat dikonsumsi.

Cara merawat tanaman seroja juga sangatlah mudah, bahkan tidak ada perawatan khusus yang harus dilakukan sebab pada dasarnya tanaman ini dapat tumbuh sendiri dan bertahan hidup di alam.

Namun sangat penting untuk memperhatikan kondisi air serta jangan biarkan tanaman ini kekurangan air karena akan dapat mengakibatkan kematian pada tanaman sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon.

Bunga Mawar

Bunga Yang Cocok Ditanam Saat Musim HujanBunga mawar tentu sudah sangat dikenal sebab bunga yang satu ini merupakan ratunya bunga sebab bunga ini memiliki warna yang beragam, bentuk yang indah dan juga mengandung makna yang mendalam terutama dalam bidang asmara.

Di indonesia sendiri sentra budidaya tanaman mawar berada di wilayah dataran tinggi yang dikenal memiliki curah hujan yang tinggi.

Hal tersebutlah yang tentunya menjadi alasan mengapa bunga ini sangat cocok untuk ditanam saat musim hujan. Alasan lain adalah tanaman mawar relatif membutuhkan air dalam jumlah yang banyak sehingga menanamnya saat musim hujan tentu akan dapat membantu untuk menyediakan air sepanjang waktu.

Meskipun memiliki batang yang berduri namun tentu saja pesona bunga mawar menjadi daya tarik yang membuatnya banyak disukai dan dipilih menjadi bunga favorit. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman bunga yang paling mudah perawatannya sehingga tidak akan sulit menemukannya karena hampir semua orang menanam tanaman mawar.

Selain kondisi air dan media tanam, untuk meningkatkan kualitas bunga dan membuatnya rajin berbunga maka pemupukan sangatlah penting dilakukan.

Anda dapat menambahkan pupuk NPK yang akan merangsang pertumbuhan tunas baru sehingga dari tunas tunas tersebut akan muncul kelopak bunga yang baru sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.

Bunga Eustoma atau Lishianthus

Bunga Yang Cocok Ditanam Saat Musim HujanBunga ini merupakan bunga yang berasal dari dataran Amerika Serikat sedangkan di Indonesia sendiri bunga ini dikenal karena bentuknya yang hampir mirip dengan bunga mawar.

Saking miripnya banyak orang yang terkecoh dan sering menyamakannya dengan bunga mawar. Alhasil kini bunga Eustoma menjadi salah satu pilihan bunga hias yang mulai dibudidayakan secara luas.

Meskipun sangat mirip dengan bunga mawar namun tetap terdapat perbedaan yang menjadikan keduanya berbeda. Dimana kelopak bunag Eustoma relatif lebih kecil ukurannya jika dibandingkan dengan bunga mawar.

Perbedaan lainnya adalah bunga Eustoma memiliki bunga yang berwarna biru yang pastinya tidak akan kita temukan pada jenis bunga mawar anda seperti pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.

Tanaman ini merupakan jenis tanaman bunga yang sangat cocok  ditanam saat musim hujan tiba. Sebab kebutuhan air untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini sangatlah tinggi  tanaman ini juga membutuhkan suhu udara yang sejuk sehingga tentu saja habitat di dataran tinggi merupakan lokasi yang paling tepat untuk budidaya tanaman ini.

Selain itu untuk mempercepat pertumbuhan dan juga membuat tanaman rajin berbunga maka pemupukan harus dilakukan.

Nah, itulah tadi 3 Bunga Yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan beserta cara perawatannya, semoga dapat bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Bunga