Sponsors Link

Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik Agar Selalu Segar

Bunga lipstik adalah jenis tanaman yang bunganya sangat mirip dengan lipstik. Asalnya dari daerah tropis dan lembab sekitar Semenanjung Melayu hingga selatan Jawa.

Kararteristik Bunga Lipstik 

Bunga lipstik bisa tumbuh hingga satu setengah meter. Bunga lipstik berdaun hijau kasar yang panjangnya minimal empat centimeter hingga delapan centimeter.

Bentuknya bulat telur. Bunganya bisa tumbuh minimal lima centimeter hingga tujuh setengah centimeter. Biasanya berwarna merah dan bagian bawahnya berwarna kuning.

Tapi selain merah, ditemukan warna lain seperti koral, orange dan kuning. Beberapa jenisnya bernama red lipstick planat, black pagoda lipstick plant, curly lipstick plant, mona lisa lipstick plant dan rasta lipstick plant.

Nama umumnya dikenal bunga lipstik yang berasal dari Aeschynantuhus. Tanaman bunga lipstik ini terkenal karena baunya yang menyengat bahkan mampu membuat burung madu dan burung kolibri. Sifatnya yaitu epifit yang berarti menempel ke tanaman lain jika hidup di lingkungan alami.

Tumbuhan ini relatif mudah tumbuh dan rimbun. Tumbuhan seperti bunga lipstik ini perlu media tanam yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman hias agar subur. Selain itu juga perlu memperhatikan jenis penyakit pada tanaman hias dan cara mengatasinya.

Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik: Pencahayaan Terhadap Tanaman

Selain air dan karbon dioksida, semua tanaman tentulah membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Tapi beberapa jenis tanaman ada yang perlu mendapatkan sinar matahari sebanyak-banyaknya, ada yang cukup dan ada pula yang hanya sedikit.

Bunga lipstik ini tergolong tanaman yang membutuhkan sinar matahari berukuran sedang. Jadi letakkan bunga ini di tempat yang mendapat sinar matahari yang sedang pula. Jika daun atau ujungnya mulai berubah kecoklatan, biasanya terjadi karena kekeringan.

Kekeringan terjadi karena dua hal. Kelebihan sinar matahari atau kekurangan air. Solusinya adalah memindahkan ke tempat yang lebih teduh atau memberi pasokan air tambahan.

Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik: Serangan Jamur

Selain dari faktor cahaya, kita harus memperhatikan faktor lain yaitu serangan jamur.

Tanda-tanda tanaman bunga lipstik kita diserang jamuar adalah adanya pola yang mirip dengan jaring laba-laba di daunnya. Solusinya adalah membeli fungisida untuk membasmi jamurnya. Untuk pemilihan fungisida, anda memerlukan pengetahuan dari ahlinya.

Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik: Tidak Bisa Mekar

Seharusnya bunga memiliki waktu mekarnya masing-masing. Tapi akan repot jadinya jika beberapa bunga yang sudah ditunggu lama tapi entah kenapa tidak segera mekar.

Ini terjadi karena tanaman kekurangan cahaya matahari. Solusinya adalah letakkan bunga di tempat yang sekiranya bisa mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Solusi ini juga berlaku jika kondisi daunnya berwarna kekuningan atau mulai rontok. Berikan pula air secukupnya asalkan tempatnya tetap lembab.

Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik: Bunga yang Tumbuh Sedikit

Anda merasa bunga lipstik yang tumbuh sedikit. Solusinya sebenarnya anda perlu melakukan teknik pemangkasan yang baik agar tanaman bisa menghasilkan lebih banyak bunga. Teknik meliputi waktu dan cara pemotongan.

Pangkas bunga lipstik secepat mungkin setelah tanaman berhenti berbunga. Biasanya, bunga lipstik mulai mekar di ujung batang yang baru. Pemangkasan tanaman bunga lipstik yang terlalu lama bisa mengakibatkan pertumbuhan bunga yang terlalu lama pula.

Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, pemangkasan yang terbaik dilakukan secepat mungkin karena mampu menstimulasi tanaman agar bisa menghasilkan lebih banyak bunga.

Caranya yaitu keluarkan hingga sepertiga di tiap jalarannya jika anda menilai tanaman cukup panjang. Jika tanaman bunga lipstik terlalu rimbun, anda bisa memulai potong di batang terpanjang hingga beberapa inci di atas media tanam. Tapi tetap sisakan bagian yang paling padat di bagian tengah tanaman.

Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik: Menanam Bunga Lipstik yang Baru

Jika anda sudah sangat menyukai atau berniat membudidayakan bunga lipstik, anda bisa menanam bunga lipstik yang baru. Tapi tetap saja perlu perawatan dan tata cara yang benar.

Anda bisa menanamnya dari cabang yang baru dan tempatkan di lokasi yang bisa mendapatkan cukup sinar matahari. Jangan sampai terekspos langsung. Suhu optimal agar bunga lipstik bisa tumbuh dengan baik adalah 21 derajat Celsius.

Cara Merawat Bunga Gantung Lipstik: Serangan Hama

Cukup sering terjadi tanaman yang kita rawat dengan penuh perhatian tapi malah jadi sasaran empuk hama. Seperti serangga, siput dan sebagainya. Jika memang tanaman anda diserang hama, maka anda perlu membeli pestisida yang cocok.

Banyak orang menanam bunga ini karena keunggulannya sebagai tanaman hias dan cocok untuk ditempatkan di pot gantung. Tumbuhan ini juga tidak beracun. Sehingga aman untuk anak-anak, anjing, kucing dan hewan peliharaan lainnya.

Bunga lipstik butuh banyak cahaya, tetapi tidak harus bersentuhan langsung dengan sinar matahari. Selain cahaya, Kelembaban juga harus dipikirkan.

Atur juga tata letak tanaman dengan baik. Dengan perawatan yang tepat, bunga bisa sering mekar bergantian. Potensinya besar jika dimanfaatkan menjadi tanaman hias gantung dalam vertikal gantung. Berikut adalah cara merawat bunga gantung lipstik.

Demikian cara merawat bunga gantung lipstik. Cara merawat bunga gantung lipstik ini perlu anda ketahui agar bisa mempertahankan hidup bunga lipstik sehingga keindahan teras rumah anda tetap terjaga.

Selain cara merawat bunga gantung lipstick, masih dibahas lagi beberapa jenis tanaman hias. Contohnya seperti cara budidaya tanaman hias philodendron dan cara perawatannya, cara menanam tanaman hias brokoli kuning dan perawatannya dan cara menanam tanaman hias sri rejeki.

, , , , ,