Sponsors Link

Inilah Cara Agar Petani Indonesia Lebih Sejahtera dan Makmur

cara agar petani Indonesia lebih sejahteraPada kesempatan sebelumnya kita telah membahas mengenai penyebab banyaknya petani Indonesia yang hidupnya masih kurang sejahtera, padahal Indonesia tergolong negara yang tanahnya subur. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab paling utama kurang sejahteranya para petani adalah karena rendahnya pengetahuan manejemen pertanian yang baik. Tentunya hal ini mencakup secara keseluruhan.

Hal ini seharusnya menjadi alasan bagi kita generasi muda untuk memperjuangkan pertanian Indonesia dengan turut berkiprah dalam pertanian. Selama ini petani hanya identik dengan orang kampung yang usianya sudah tua atau pakaian lusuh sehingga mungkin kurang menarik minat pemuda untuk menekuni profesi petani. Padahal kita juga sama merasakan susahnya mencari pekerjaan jika harus melamar kerja kesana kemari dengan jumlah saingan yang banyak. Sekalinya dapat ujung-ujungnya hanya kontrak. Kenapa tidak mencoba bertani saja dimana kita sudah berstatus wirausahawan.

Para pemuda seharusnya tak perlu takut akan kotor atau berat. Sekarang ini sudah tersedia banyak sarana dan perlengkapan pertanian yang memudahkan kinerja petani dalam menggarap lahan. Nah, sebagai salah satu bentuk dukungan kami terhadap pertanian Indonesia, berikut akan kami paparkan beberapa cara agar petani Indonesia lebih sejahtera kehidupannya. Cara Menanam Pepaya California

1. Meningkatkan Kualitas SDM dengan Edukasi yang Sering

Selama ini anda mungkin mendengar tentang penyuluhan pertanian yang dilakukan insinyur di pedesaan. Namun pada kenyataannya jika anda menilik langsung ke pedesaan maka anda hampir sangat jarang didatangi penyuluh dalam setahun bahkan mungkin tidak pernah sama sekali. Akibatnya para petani yang kebanyakan didominasi kaum tua ini kekurangan informasi yang benar tentang dasar teori pertanian.

Banyak informasi yang mereka terima hanyalah berdasarkan kabar dari mulut ke mulut saja. Padahal kabar seperti itu belum tentu sesuai dengan dasar teori yang benar sehingga menghasilkan pemahaman yang salah karena analisa yang salah. Untuk itu dibutuhkan edukasi yang nyata dan sering. Sayang sekali petani yang rata-rata sudah tua itu kurang mengerti fungsi internet untuk mencari informasi sehingga  mereka tidak perlu menunggu datangnya penyuluh pertanian lagi. Cara Menanam Timun Hibrida

Kalau sudah seperti ini sudah saatnya pemerintah bertindak mungkin dengan menyebar pamflet atau poster dan spanduk yang berisi informasi dasar pertanian agar lebih mudah dibaca dan diketahui petani. Dengan petani yang lebih cerdas diharapkan akan mendapatkan hasil panen yang lebih berkualitas.

2. Melibatkan Generasi Muda Untuk Berkontribusi sebagai Penerus

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwa sangat penting untuk melibatkan generasi muda dalam pertanian karena selain sebagai penerus, pemuda memiliki semangat dan ambisi yang lebih besar untuk berkembang dan maju. Mereka masih memiliki energi dan ide yang besar untuk dioptimalkan guna memajukan pertanian Indonesia.

Anak-anak muda bisa mengambil sekolah pertanian lalu mau terjun kelapangan untuk berinovasi memanfaatkan ilmu yang mereka miliki bukan untuk sekedar melamar pekerjaan ke perusahaan tetapi untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang menjanjikan yaitu dibidang pangan. Mulai ajarkan anak-anak anda untuk cinta menanam sedini mungkin dan tanamkan sugesti positif tentang petani bahwa masa depan pertanian Indonesia akan dilanjutkan oleh mereka. Cara Menanam Kentang

3. Petani Harus Mampu Memotong Pasar

Selama ini keuntungan yang diperoleh petani belumlah maksimal dikarenakan mereka masih menjual pada tengkulak. Petani tidak mengetahui harga asli komoditas di pasar. Banyak mereka bahkan masih terjebak sistem jual ijon.

Yang diperlukan petani jaman sekarang adalah kemampuan memasarkan sendiri produk mereka. Dijaman ini akses jalan sudah bagus, kendaraan pengangkut juga bisa dibeli sendiri atau sewa.

Mungkin ada yang berpikir terkendala pada komunikasi. Inilah salahnya petani yang masih skeptis terhadp internet. Bahkan sebagian besar malah justru anti internet. Padahal dengan internet kita bisa berkomunikasi dengan orang lain lebih cepat dan luas cakupannya. Manfaatkan pasar online, mesia sosial dan sebagainya untuk promosi hasil panen sendiri. Syukur-syukur bisa masuk pasar internasional. Cara Menanam Cabe Rawit Organik

Jika kita tak mau berusaha mulai sekarang untuk melepaskan diri dari jeratan tengkulak, maka sampai kapanpun mungkin akan sulit untuk memperoleh keuntungan maksimal. Padahal meski panen kurang bagus namun dengan pemasaran yang baik maka petani masih bisa memperoleh keuntungan. Apalagi jika hasil panennya bagus. 

4. Membentuk Koperasi (Kelompok)

Berjuang sendiri memang rasanya sangat sulit untuk mewujudkan impian. Kita punya kapasitas terbatas untuk mengoptimalkan berbagai hal sekaligus. Jika kita ingin lebih mudah dan lebih kuat, kita harus mau bekerjasama dengan orang lain.

Namun perlu kami sampaikan agar tidak melakuakan kerjasama dengan sembarangan orang. Pilihlah orang yang memang memiliki niat besar untuk memajukan kehidupannya. Orang yang memiliki kesadaran dan visi yang sama untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Asal memasukkan orang justru berakibat buruknya kerjasama dan tak ada bahu membahu.

Pilihlah juga orang yang memang berkompeten untuk ditempatkan disuatu posisi. Mana yang akan dijadikan ketua, bendahara, pemasaran, sekertaris dan pengampu. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja dari masing-masing pihak. Koperasi adalah salah satu bentuk badan usaha yang bisa memajukan kehiupan petani. Cara Menanam Ubi Jalar dalam Karung

Dari beberapa poin diatas kita bisa ambil kesimpulan bahwa petani perlu membangun mental dan pengetahuan yang baik. Visi yang besar harus diimbangi dengan kapasitas yang besar pula. Wujudkan visi dengan perencanaan yang baik pula. Ingatlah, bersama kita bisa. Jangan takut untuk berusaha. Semoga petani Indonesia bisa menjadi lebih sejahtera dari sebelumnya. Cara Mengatasi Hama Ulat pada Tanaman

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknik