Sponsors Link

Inilah Cara Budidaya Burung Prenjak Lumut Bagi Pemula

Bagi anda dengan hobi memelihara ataupun mengoleksi berbagai jenis burung pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis burung ini. Prenjak lumut merupakan salah satu jenis burung prenjak dengan banyak sekali penggemar hingga kini.

Prenjak lumut merupakan salah satu jenis burung prenjak dan secara legal diperjualbelikan di pasar hewan maupun toko hewan peliharaan. Berbeda dengan jenis prenjak lainnya anda juga bisa melihat Cara Agar Bunga dalam Vas Awet dan Tetap Segar, prenjak lumut memiliki ukuran lebih kecil dengan warna hijau di sekitar kepala dan sayapnya.

Prenjak lumut sendiri mulai banyak dibudidayakan dan dipelihara pada awal tahun 2000 an dimana pada tahun ini marak sekali orang memelihara burung kicau.

Tidak seperti burung hias tentunya prenjak lumut memiliki suara lebih indah, inilah salah satu alasan mengapa prenjak lumut dipelihara. Namun mendapatkan prenjak lumut tidaklah mudah apalagi burung ini juga terkenal mudah sekali mengalami stress dan jika terlalu sering dipegang cepat mati.

Prenjak lumut sendiri memiliki suara sangat lantang, kicaunya yang terdengar merdu dank eras seringkali dijadikan sebuah ajang perlombaan burung kicau khusus prenjak lumut. Semakin lantang dan nyaring bunyi kicaunya maka semakin indah pula kicaunya.

Dilihat dari fisiknya banyak sekali orang kebingungan untuk membedakan prenjak lumut dan prenjak kepala merah karena keduanya hampir mirip.

Namun anda bisa membedakannya dengan cara mengamati fisiknya dengan cermat dan melihat Cara Agar Bunga Asoka Cepat Berbunga dan Selalu Subur, untuk prenjak lumut memiliki warna lebih hijau di bagian tubuhnya terlebih pada bagian kepala dan sayap sedangkan untuk prenjak kepala merah hanya memiliki warna hijau terang kemerahan di bagian kepalanya saja. Rupanya harga prenjak lumut kini semakin meningkat terlebih sangat sulit untuk mendapatkannya.

Tentunya ini bisa anda jadikan sebagai salah satu peluang bisnis dengan melakukan cara budidaya burung prenjak lumut. Tentu cara berikut ini sangat sederhana bagi pemula, dan tidak perlu banyak- banyak menghabiskan biasa.

Untuk lebih memudahkan anda mendapatkan kesuksesan dalam melakukan cara budidaya burung prenjak lumut, anda harus melakukan tips- tips cara budidaya burung prenjak lumut seperti berikut ini.

Tips- Tips Cara Budidaya Burung Prenjak Lumut

  • Pastikan anda memilih indukan prenjak Lumut dengan benar.
  • Untuk mendapatkan indukan maupun bibit, pastikan anda melakukan uji kelayakan dan memperhatikan fisiknya.
  • Akan lebih baik anda mendapatkan indukan maupun bibit dari pedagang.
  • Hindari menggunakan indukan dengan cara ditangkap di hutan.
  • Pastikan selalu kebersihan kandang terjaga.

Itulah tips- tips dari cara budidaya burung prenjak lumut yang dapat kami sampaikan dan anda juga bisa melihat Inilah Cara Agar Bunga Potong Awet dan Tetap Segar Berhari-Hari, setelah anda mengetahui apa saja tips untuk mendapatkan kesuksesan instan dari cara budidaya burung prenjak lumut maka berikutnya anda sudah bisa melakukan cara budidaya burung prenjak lumut.

Berikut ini merupakan langkah- langkah dari cara budidaya burung prenjak lumut beserta sedikit penjelasan singkatnya.

Cara Budidaya Burung Prenjak Lumut

  1. Lokasi Budidaya Burung Prenjak Lumut

Langkah awal yang harus anda lakukan terlebih dahulu dalam cara budidaya burung prenjak lumut yaitu memilih dan memastikan lokasi tepat bagi burung prenjak lumut seperti berikut ini :

  • Pastikan lokasi tidak bising dan jauh dari wilayah industri.
  • Lokasi harus mudah dijangkau dan dekat dengan sumber air untuk mempermudah anda dalam melakukan perawatan nantinya.
  • Lokasi harus terhindar dari berbagai macam limbah dan polusi.
  • Lakukan pembersihan lahan di lokasi pilihan anda dan pastikan lokasi tidak terlalu banyak ditumbuhi pohon besar.
  • Lokasi harus terlindung dari hujan namun mendapatkan pencahayaan penuh pada pagi hari.
  1. Media Budidaya Burung Prenjak Lumut

Langkah berikutnya dalam cara budidaya burung prenjak lumut setelah anda mendapatkan lokasi yaitu membuat media budidaya seperti berikut :

  • Untuk media berupa kandang terbuat dari besi maupun kayu dengan atap tertutup berukuran 60 cm x 90 cm x 90 cm.
  • Selain itu anda juga perlu menanam tumbuhan semak di dalam kandang, anda bisa menambahkan rumput gajah ataupun tumbuhan serai di dalam kandang.
  • Pastikan kandang memiliki sanitasi yang baik dan memiliki suhu berkisar 250c – 270
  • Berilah sarang- sarangan di setiap pojok kandang dan jangan lupa untuk memberi wadah air, wadah makan, dan angkringan di setiap sudutnya.
  1. Indukan Budidaya Burung Prenjak Lumut

Jika kandang sudah  siap dan tertata rapi berbeda dengan Cara Agar Rangkaian Bunga Tidak Cepat Layu dan Tetap Segar Berhari-Hari, langkah selanjutnya yaitu memilih indukan burung prenjak lumut berkualitas dan layak budidaya seperti berikut :

  • Indukan budidaya bisa anda dapatkan melalui penjual burung.
  • Pastikan indukan merupakan burung prenjak lumut yang sudah lama berada di dalam sangkar minimal selama 3 hingga 5 hari, semakin lama semakin baik.
  • Pastikan indukan jantan memiliki suara nyaring dan sangat sering berkicau untuk menghasilkan anakan dengan hasil kicauan lebih nyaring.
  • Pastikan indukan sudah memasuki usia produktif, sehat, tidak cacat dan lincah. 
  1. Pengawinan Indukan Prenjak Lumut

Dalam cara budidaya burung prenjak lumut berikutnya yaitu mengawinkan atau menjodohkan indukan jantan dan betina seperti berikut ini :

  • Setelah anda mendapatkan indukan berkualitas dan layak budidaya, anda bisa mulai mengawinkannya.
  • Masukkan 3- 7 ekor indukan betina dan jantan dalam jumlah perbandingan yang sama yaitu 1: 1.
  • Perhatikan setiap hari dan biarkan prenjak jantan dan betina saling berdekatan.
  • Pastikan semua burung mendapatkan pasangan masing- masing, sebenarnya akan lebih mudah jika anda sudah membeli indukan sepasang demi sepasang.
  • Jika indukan jantan dan betina sudah saling berdekatan tandanya perjodohan berhasil dan anda bisa melakukan perawatan hingga ada telur pada tiap sarang.
  1. Perawatan Indukan Burung Prenjak Lumut

Untuk merawat indukan yang baru saja dikawinkan tentu harus sangat berhati- hati karena anda tidak bisa melakukan perawatan sembarangan, dan berikut caranya:

  • Lakukan pengecekan tiap hari untuk memeriksa kesehatan burung prenjak lumut, apabila ada yang sakit maka segera pisahkan dengan yang lain dan dengan ini maka indukan tersebut belum bisa melakukan produksi telur.
  • Lakukan pembersihan dan penyemprotan kandang setiap pagi atau sore.
  • Pakan yang baik yaitu berupa voer diberikan setiap pagi.
  1. Penetasan Telur dan Panen Burung Prenjak Lumut

Beberapa minggu bahkan beberapa hari setelah kawin berbeda dengan Cara Agar Bunga Rambutan Tidak Rontok, anda bisa melihat telur- telur prenjak lumut yang mulai dierami induknya. Pada fase ini pastikan mulai dari semak, pakan, hingga kebersihan kandang harus selalu terjaga.

Telur akan menetas pada hari ke 11, selama 2 hingga 3 minggu biarkan anakan burung prenjak lumut di dalam kandang. Anda bisa memindahkan dan memanen anakan prenjak lumut setelah burung berumur 1 hingga 2 bulan.

Itulah langkah- langkah sederhana dan mudah dalam cara budidaya burung prenjak lumut yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

, ,




Oleh :
Kategori : Unggas