Sponsors Link

Cara Budidaya Ikan Palmas – Tips Sampai Panen Berhasil

Cara Budidaya Ikan Palmas, bagi anda mungkin masih awam dengan nama ikan yang satu ini. Namun tidak bagi kalangan pecinta ikan hias yang sudah sangat familiar dengan ikan palmas. Ikan ini memiliki bentuk yang sangat unik karena menyerupai naga yang pastinya memiliki nilai seni dan artistik. Maka tidak heran jika kemudian ikan yang satu ini banyak dicari dan juga dipelihara oleh para hobiis ikan hias.

Seiring dengan popularitasnya yang mulai naik seiring itu pula permintaan akan ketersediaan ikan palmas ini semakin tinggi. Hal itulah yang kemudian menjadikan banyak sekali para pembudidaya ikan palmas dadakan. Apalagi secara ekonomis harga ikan palmas ini relatif cukup mahal.

Tentu saja peluang ini harus juga dimanfaatkan oleh anda , ditunjang dengan pengetahuan dasar dalam budidaya ikan hias ditambah dengan ketelatenan dan kesabaran bukan tidak mungkin anda dapat mengubah peluang ini menjadi keuntungan atau bagi pemula bisa coba cara budidaya ikan bethok bagi pemula.

Yuk, langsung saja disimak Cara budidaya ikan palmas hingga siap jual berikut ini.

Pemilihan Indukan

Tahap pertama dalam budidaya ikan palmas ini adalah memilih indukan yang akan dibudidayakan sebagaimana Cara budidaya ikan aquaponik.

Dalam hal ini terdapat kriteria dan perbedaan antara indukan jantan dan betina yang wajib anda ketahui sehingga anda nanti tidak tertipu oleh ulah penjual nakal.

Berikut ini kriteria indukan yang baik dan juga cara membedakan indukan jantan dan betina:

  • Kedua indukan yang dipilih harus berusia minimal 1 tahun dengan kondisi sehat dan tidak terkena penyakit.
  • Memiliki warna dan corak tubuh yang mulus dan juga menarik.
  • Indukan jantan dicirikan dengan memiliki sirip anal yang lebar dan juga ukuran tubuhnya proporsional.
  • Sedangkan indukan betina memiliki ciri sirip anak yang berukuran kecil serta ukuran tubuh yang agak gemuk dan besar.
  • Kedau indukan memiliki gerakan yang aktif sebagaimana yang juga dilakukan pada  cara budidaya pembesaran ikan nila.

Pemijahan Indukan Ikan Palmas

Tahapan selanjutnya adalah melakukan pemijahan yang dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini :

  • Siapkan wadah baskom atau juga akuarium, tambahkan substrat dapat menggunakan serabur kelapa atau ijuk untuk nantinya tempat meletakkan telur ikan.
  • Masukkan indukan kedalam wadah, pemijahan dapat dilakukan secara sendiri sendiri yakni 2 indukan jantan dan betina dalam satu wadah, serta dapat juga dilakukan secara massal yakni memasukkan 2 indukan jantan dan 3 indukan betina.
  • Jika dilakukan secara masaal maka sebaiknya wadah yang digunakan juga berukuran besar, namun jika dilakukan sendiri maka gunakan wadah kecil saja.
  • Didalam wadah ditambahkan aerator agar oksigen selalu tersedia di dalam air.
  • 2-3 hari setelah proses pemijahan maka biasanya telur sudah Nampak menempel pada substrat, namun jika belum ada telur yang menempel dalam di cek keesokan harinya lagi.
  • Jika telur sudah menempel di dalam substrat maka sebaiknya pindahkan ke wadah penetasan untuk selanjiutnya agar telur dapat menetas yang tentu akan berbeda dengan cara budidaya ikan gurame soang.

Pemeliharaan Anakan Ikan Palmas

Setelah 2-3 hari telur ikan akan  mulai menetas  dan berubah menjadi burayak. Burayak adalah anakan ikan yang masih memiliki tonjolan pada bagian perutnya atau sumber makanan seperti juga yang dilakukan pada cara budidaya ikan air tawar kolam terpal.

Maka dalam hal ini kita tidak perlu memberikan pakan pada  anakan ikan. Setelah tonjolan hilang maka dapat langsung diberikan pakan ikan khusus anakan.

Setelah ukuran anakan bertambah besar maka dapat dipindahkan kedalam wadah yang lebih besar agar pertumbuhan ikan dapat optimal. Wadah yang digunakan sebagai pembesaran dapat memakai akuarium atau juga kolam terpal. Namun pastikan bahwa benar-benar ideal dan mampu mendukung pertumbuhan ikan palmas.

Cek pH air yang harus berada pada kisaran angka 5-8 paling idealnya adalah 7. Sedangkan suhu air harus mencapai 26-28 derajat celcius. Tambahkan aerator di dalam kolam agar ketersediaan oksigen selalu ada dan ikan tidak kekurangan oksigen. Tambahkan juga tanaman hijau seperti rumput-rumputan agar ikan dapat berteduh dan agar nampak lebih sesuai dengan habitat aslinya.

Tips Budidaya

Budidaya ikan palmas termasuk jenis budidaya yang memiliki persaingan yang ketat. Maka dari itu anda harus benar-benar berhati-hati terlebih lagi investasi untuk usaha ini juga relatif tidak murah. Maka untuk dapat mencapai keberhasilan sebaiknya anda wajib memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Pemberian Pakan

Pakan diberikan secara rutin dengan porsi yang sesuai kebutuhan ikan, jenis pakan yang diberikan dapat berupa pellet yang mengandung protein tinggi, atau juga jenis pakan lain seperti cacing sutera, daphia atau udang kecil.
Waktu pemberian pakan dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari yakni pada pagi, sore dan malam hari. Berikan pakan secara sedikit-demi sedikit agar sisa pakan tidak mengotori kolam atau akuarium.

Penanggulangan Penyakit

Dalam budidaya ikan hias penyakit merupakan musuh utama yang dapat menggagalkan proses budidaya. Oleh sebab itu maka dari itu penanggulangan penyakit harus dilakukan secara intensif dengan cara dan metode preventif salah satunya adalah menjaga kebersihan dan sanitasi disekitar kolam.

Nah, itulah tadi Cara budidaya ikan palmas hingga siap jual, semoga dapat bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Ikan