Sponsors Link

4 Cara Budidaya Ubi Madu Cilembu di Kebun Kamu

Bagi sebagian besar orang Indonesia pasti taka sing dengan salah satu bahan pangan yang satu ini, banyak sekali orang lansia bahkan anak- anak suka mengkonsumsinya. Ubi merupakan salah satu jenis bahan makanan yang dapat diperoleh dengan mudah di alam.

Selain itu saat ini banyak sekali orang menjual ubi berbeda jika anda melihat Cara Mengatasi Hama Thrips pada Tanaman Cabai, mulai dari ubi mentah hingga ubi yang sudah diolah menjadi beragam jenis makanan. Tidak hanya jenis makanan ringan seperti kripik saja, bahkan beberapa jenis ubi bisa dijadikan sebagai bahan masakan.

Ubi sendiri biasa disebut dengan polo pendem atau buah yang didapatkan dari dalam tanah, memang berbeda dengan jenis buah lainnya ubi merupakan salah satu buah yang bisa didapatkan dari akar tanaman. Ada banyak sekali jneis ubi yang bisa dikonsumsi dan beberapa merupakan ubi beracun. Untuk ubi yang dikonsumsi sendiri jenisnya antara lain seperti ketela pohon, ubi jalar, ubi ungu, dan ada juga ubi madu cilembu dengan rasa manisnya yang khas. Berbeda dengan jenis ubi lainnya, memang ubi madu cilembu ini memiliki ciri khasnya tersendiri tidak hanya secara fisik tetapi juga rasa yang sangat nikmat.

Tak heran jika kebanyakan orang sangat menyukai ubi madu cilembu, dan di pasaran sendiri ubi madu cilembu ini sangat laris. Ubi madu cilembu sendiri ,merupakan jenis ubi lokal asli Indonesia yang awalnya dibudidayakan di daerah Sumedang, Jawa Barat sejak tahun 1990- an. Seiring berjalannya waktu dengan perkembangan teknologi pertanian, maka ubi madu cilembu kini tidak hanya dapat dinikmati orang sumedang bahkan orang Indonesia saja. Sudah banyak sekali petani yang memasarkan ubi cilembu hingga ke luar negeri.

Untuk menghasilkan rasa yang nikmat dari ubi madu cilembu, ubi harus dipanen dan dipilih dari hasil panen yang berkualitas lalu dicuci hingga bersih. Dengan mencucinya berbeda dengan Cara Menanam Jahe di Musim Hujan, anda akan melihat bagaimana tekstur kulit ubi cilembu yang halus dan berwarna coklat terang. Setelah itu ubi harus di angin- anginkan untuk menghilangkan air yang menempel pada permukaan kulitnya. Ubi madu cilembu yang sudah bersih akan di masukkan ke dalam oven dengan suhu yang cukup panas, biasanya untuk pematangan dalam oven memerlukan waktu yang lama terlebih jika oven yang digunakan merupakan oven tradisional.

Cara Budidaya Ubi Madu Cilembu

Ubi madu cilembu yang masih panas dan baru keluar dari oven inilah yang sangat disukai oleh banyak orang, ubi madu cilembu matang jika di iris akan mengeluarkan cairan lengket seperti gula pada madu. inilah yang membuat ubi madu cilembu memiliki cita rasa yang lembut, dan semanis madu. Ubi madu cilembu selain memiliki rasa yang sangat lezat juga sangat mudah untuk di budidayakan.

Bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam, mungkin anda bisa mencoba melakukan cara budidaya ubi madu cilembu. 

  1. Benih Ubi Madu Cilembu

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara budidaya ubi madu cilembu yaitu menyediakan benihnya. Untuk benih sangat mudah didapatkan mengingat anda sedang menanam ubi berbeda dengan Teknik Menanam Rumput Cow Grass, maka anda bisa mendapatkannya secara langsung dari ubinya dan berikut penjelasannya :

  • Perlu anda ketahui bahwa ubi cilembu sendiri merupakan jenis ubi sepanjang tahun dan merupakan jenis sayuran yang mudah disimpan dan dapat tumbuh tiap tahunnya.
  • Siapkan ubi madu cilembu yang sudah tua dan memiliki kualitas yang baik dengan ciri tidak terkena penyakit dan kulitnya tidak kisut.
  • Potong ubi madu cilembu dan tusuk pada bagian ke 4 sisinya menggunakan lidi atau tusuk gigi.
  • Rendam potongan ubi madu cilembu ke dalam air pada wadah gelas atapun botol plastik bekas yang telah dipotong bagian atasnya.
  • Letakkan di tempat yang teduh dan biarkan hingga tumbuh runas pada ubi madu cilembu.
  • Gantilah air pada gelas setiap hari untuk mencegah adanya jamur, setelah tunas tumbuh maka anda bisa melakukan langkah berikutnya yaitu pemilihan tunas atau benih ubi madu cilembu.
  • Setelah bertunas, pilihlah tunas ubi madu cilembu yang memiliki tunas tegak dan berdaun hijau segar.
  • Biarkan tunas hingga tumbuh dengan ketinggian sekitar 2 hingga 5 cm. 
  1. Bibit Ubi Madu Cilembu

Setelah anda memilih benih ubi madu cilembu, langkah selanjutnya dalam cara budidaya ubi madu cilembu yaitu melakukan proses pembibitan. Untuk proses pembibitan sendiri sebelumnya anda bisa membuat media pembibitan, dan berikut lebih jelasnya :

  • Siapkan wadah semai berupa polybag ataupun wadah bekas cat yang tidak terpakai, usahakan bagian bawah wadah terdapat lubang ataupun celah kecil.
  • Hal ini bertujuan untuk menghindarkan bibit dari busuk akar nantinya.
  • Setelah itu siapkan tanah, arang sekam, dan pupuk dengan perbandingan 2 : 1: 1, campur semua bahan hingga menjadi media tanam yang baik. Masukkan tanah campuran tersebut ke dalam polybag lalu buatlah lubang tanam.
  • Potonglah bagian ubi madu cilembu yang tidak bertunas, dan pisahkan tunas yang ada.
  • Masukkan benih ubi madu cilembu ke dalam media pembibitan, lakukan perawatan hingga benih tumbuh menjadi bibit yang layak tanam.
  • Jangan lupa untuk meletakkannya pada ruang dengan suhu sekitar 280c hingga 300c, ini akan membantu proses pertumbuhan bibit lebih cepat.
  1. Media Tanam Ubi Madu Cilembu

Langkah terpenting dalam cara budidaya ubi madu cilembu yaitu membuat media tanam. Ada 2 jenis media tanam yang bisa anda gunakan berbeda dengan Cara Budidaya Pepaya Jingga, anda bisa menanamnya di lahan pekarangan secara langsung atau menanamnya di pot, dan berikut penjelasannya :

  • Sebelumnya, anda bisa memilih lokasi tempat media tanam terlebih dahulu. Untuk lokasi yang baik usahakan dekat dengan sumber air dan jangkauan, sehingga anda bisa mudah mengawasinya nanti.
  • Setelah itu perhatikan juga kondisi lokasi, usahakan lokasi bersih dari asap kendaraan bermotor ataupun dapur dan bebas limbah.
  • Selain itu jika anda ingin menanamnya secara langsung pada lahan tanah pekarangan, maka pastikan tanah dalam keadaan baik dan tidak terlalu kering.
  • Jika anda menanam di lahan luas, pastikan anda melakukan proses penggemburan, dan pemupukan terlebih dahulu agar tanah kaya nutrisi sehingga dapat menghasilkan ubi madu cilembu berkualitas baik.
  • Langkah selanjutnya yaitu buatlah bedengan pada tanah beserta lubang tanam, dan tanam bibit pada media tanam anda.
  • Berbeda jika anda menanam ubi madu cilembu dalam pot, anda hanya perlu menyediakan tanah yang dicampur pupuk dengan perbandingan 2 : 1.
  • Masukkan tanah campuran ke dalam pot berukuran sedang dan buatlah lubang tanam.
  • Tanam bibit ubi madu cilembu pada media pot anda, cara ini terbilang lebih praktis dan hemat karena anda tidak perlu melakukan berbagai macam proses lainnya. 
  1. Perawatan dan Panen Ubi Madu Cilembu

Setelah anda menanam bibit ubi madu cilembu berbeda dengan Cara Menanam Kacang Panjang, langkah berikutnya dalam cara budidaya ubi madu cilembu yaitu melakukan perawatan. Ini merupakan langkah terpenting untuk menghasilkan panen ubi yang berkualitas dan melimpah, berikut penjelasannya :

  • Lakukan proses penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari, untuk air yang disiramkan usahakan tidak terlalu banyak.
  • Penyiraman dilakukan hanya untuk membuat tanah menjadi lembab saja, sehingga ini tidak memicu terjadinya busuk akar.
  • Setelah itu anda bisa melakukan pemupukan lanjutan, pemupukan dapat dilakukan setelah 2 minggu masa tanam.
  • Gunakan pupuk organik seperti pupuk kandang ataupun pupuk kompos agar ubi madu cilembu lebih enak dan baik untuk kesehatan.
  • Lakukan proses penyiangan dan memotong sebagian pucuk tanaman, ini bertujuan untuk menjaga kebersihan serta meregenerasi ubi madu cilembu.
  • Ubi madu cilembu dapat dipanen dalam waktu sekitar 4 hingga 5 bulan setelah masa tanam.
  • Untuk memanennya, anda bisa mencabutnya atau menggali tanah pada media tanam.

Itulah langkah- langkah dalam cara budidaya ubimadu cilembu yang dapat kami sampaikan, lakukan proses perawatan dengan tepat dan cermat agar panen anda sukses. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda, selamat mencoba.

, ,
Oleh :
Kategori : Umbi