Sponsors Link

Cara Efektif Menanam Pohon Kapuk Randu dan Perawatannya

Sponsors Link

Berawal dari sebuah biji berserat kecil yang tidak berdaya menghadapi dunia hingga berakhir dalam bentuk sebuah pohon kokoh dengan hasil panen berupa kapuk yang melimpah merupakan jalan hidup yang tipikal bagi pohon kapuk randu atau yang bernama Ceiba pentandra Gaertn.

ads

Tidak sedikit pula anggota masyarakat yang masih menggunakan kapuk sebagai pengisi kasur dan bantal meskipun seiring dengan perkembangan jaman, secara perlahan tapi pasti, kapuk mulai tergeser oleh kehadiran bulu, busa dan per.

Apakah keunggulan pohon tinggi besar ini hanya terletak pada kapuk atau serat-nya sebagai pengisi bantal ataupun kasur? Tidak adakah manfaat atau keunggulan lain yang bisa dirasakan dengan menanam pohon kapuk randu? Pada kenyataannya peran pohon kapuk randu tidak hanya sebagai penghasil isi bantal ataupun kasur serta guling, namun perannya dalam kehidupan manusia jauh lebih banyak dan besar daripada yang selama ini distigmakan pada tanaman kokoh ini.

Banjir beserta dengan tanah longsor yang sering melanda wilayah-wilayah di negara Indonesia telah menjadi bencana alam yang telah merugikan masyarakat selama berpuluh-puluh tahun. Keprihatinan tersebut menyebabkan pemerintah dan masyarakat untuk saling bergotong royong berusaha mengatasi ataupun mencegah akibat mematikan dari kedua bencana alam tersebut.

Namun tidaklah perlu mereka mencari terlalu jauh sebab salah satu keunggulan pohon randu bagi para umat manusia adalah mencegah banjir dan tanah longsong. Hal tersebut memungkinkan untuk terjadi karena pohon randu merupakan sebuah pohon yang kokoh dan kuat sehingga dapat menahan tanah yang akan jatuh atau mengalami erosi yang dapat mengakibatkan kedua bencana alam tersebut.

Selain serat atau kapuk, akar dan daun – daun dari pohon kapuk randu yang sebenarnya berasal dari Amerika ini dapat dimanfaatkan sebagai obat manjur dengan cara meminum air rebusannya sementara daun muda dan buahnya dapat dikonsumsi sebagai lalapan dan lauk yang nikmat dan sedap. Mengonsumsi daun pohon kapuk randu telah terbukti meningkatkan kadar kalsium pada tulang yang tentunya membantu ketahanan dan kekokohan tulang agar tidak mudah keropos.

Apakah anda tertarik untuk mencoba menanam pohon kapuk randu ini? Selain manfaatnya yang banyak dan berguna bagi manusia, cara menanam tanaman yang satu ini pun tidaklah sulit dan modalnya pun tidak terlalu mahal! Berikut ini adalah cara dan langkah-langkah efektif untuk menanam pohon kapuk randu yang mudah sehingga bahkan pemula pun dapat berhasil menerapkannya,

1. Tahap Pembibitan

Layaknya awal dari cara menanam pohon kelapa ataupun cara menanam pohon cendana, cara menanam pohon randu pun dimulai dengan tahap pembibitan. Tahap ini dapat secara langsung menggunakan bibit kapuk randu ataupun menggunakan stek. Apabila anda lebih memilih menggunakan biji kapuk untuk tahap pembibitan ini, maka bibit kapuk yang baik dan ideal untuk dipilih merupakan bibit kapuk yang berumur tua dan telah melewati proses semai. 

Sponsors Link

Apabila biji tersebut telah disemai dan siap untuk tumbuh dalam media tanam secara bendengan, maka waktunya anda mulai menyiapkan media tanam tersebut dengan tanah subur yang telah dicampur dengan pupuk. Pupuk tersebut dapat dibeli di toko ataupun dibuat sendiri di rumah dengan cara membuat pupuk organik cari dari susu basi ataupun cara dan langkah lain yang benar untuk memastikan efek dan keampuhan dari pupuk tersebut.

Bendengan harus dibuat sedemikian rupa sehingga air dapat mengalir secara sempurna dan pembuangan air terkait tidak mengalami penyumbatan. Penyumbatan akan menyebabkan terbentuknya genangan air atau terkumpulnya air di satu tempat yang dapat berakibat fatal pada bibit pohon randu yang baru akan tumbuh tersebut.

2. Tahap Penanaman

Meskipun pohon kapuk randu merupakan pohon yang cukup kuat dan tahan menghadapi segala cuaca, tetap saja pohon besar ini tidak termasuk salah satu jenis tanaman yang cocok ditanam di musim kemarau melainkan waktu ideal untuk melakukan penanamannya adalah pada saat awal musim hujan dimana curah hujan cukup untuk kebutuhannya bertahan hidup. Oleh karena pertumbuhannya yang cepat dan pesat, tidaklah bijak untuk menanam beberapa pohon randu dengan jarak yang berdekatan.

Cabang-cabang akar beserta dengan batangnya akan bertabrakan satu sama lain serta perebutan nutrisi tanah antara satu pohon randu dengan yang lain tidak akan menghasilkan hasil yang baik ataupun bagus. Cabang yang saling menutupi satu sama lain menyebabkan panen yang tertunda serta tidak maksimal dengan kualitas serta kuantitas yang seringkali mengecewakan pada kasus-kasus penanaman terlalu dekat tersebut. Media tanam pun harus berupa tanah yang subur yang telah dicampur dengan pupuk seperti pada tahap pembibitan. 

Sponsors Link

3. Tahap Pemeliharaan

Bagaimana cara pemeliharaan tanaman agar tumbuh subur merupakan pertanyaan yang kerap kali dilontarkan oleh mereka yang mencintai dan menyayangi tanaman budidaya ataupun tanaman kesayangan yang bersangkutan, anda yang ingin menanam pohon randu pun akan merasakan hal yang sama. Kebingungan dan kegalauan tersebut tidak hilang seiring pohon randu tersebut bertumbuh namun malah bertambah dan pertanyaan tersebut terlontar kesana kemari mencari satu solusi yang tepat.

Sesungguhnya untuk memastikan objek tanam anda tumbuh subur dan siap panen, modal awal seorang pencocok tanam merupakan disiplin dan kegigihan. Sebagai contoh, untuk dapat memanen pohon randu yang telah berbuah dengan cara memukul batang, maka sangat dianjurkan bagi anda yang sedang dalam tahap ini untuk membersihkan tanah di sekitar tanaman tersebut.

Pemberian pupuk secara rutin pun juga merupakan salah satu langkah pemeliharaan yang penting yang seringkali terlupakan sebab hanya dilakukan sebanyak dua kali setiap tahunnya yang terbagi pada awal dan akhir musim hujan setiap tahunnya. Besar dosis pupuk pun harus secara cermat diperhatikan sebab dapat justru berakibat fatal pada pohon anda apabila pada akhirnya secara tidak sengaja tanaman anda kekurangan asupan pupuk.

Sekian ulasan singkat cara dan langkah efektif mudah dalam menanam pohon kapuk randu. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pohon